Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun  - Berbagirpp.com  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  2 /1
Tema                            :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                     :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke            :  1
Alokasi waktu                :  1 Hari

A.    TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
  2. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
  3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
  4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
  5. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
  6. Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit

Ayo Mengamati
Ø  Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru. 
Ø  Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada teks bacaan.
Ø  Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan.
Ø  Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah buah tangan dan buah hati.
Ø  Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)
Ø  Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai arti ungkapan yang terdapat pada teks.
Ø  Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita.
Ayo Berlatih
Ø  Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.
Ø  Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat tersebut.
Ø  Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.
Ø  Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya.
(Creatiivity and Innovation)
Ayo Bermain Peran
Ø  Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya, bergantian dengan teman sebangkunya. Guru dapat mengamati kemampuan siswa dalam menyebutkan ungkapan. (Rubrik Penilaian 1 untuk KD Bahasa Indonesia 3.1 dan 4.1). Selain pemahaman mengenai ungkapan, guru juga dapat mengamati sikap percaya diri siswa dalam melakukan percakapan dengan temannya.
(Creativity and Innovation)
Ayo Berlatih
Ø  Siswa mengamati gambar rak buku yang ada di Buku Siswa. Guru mengajak siswa berpikir bagaimana cara yang mudah untuk menghitung buku yang banyaknya ratusan.
Ø  Siswa dimulai pemahamannya dengan mengamati pengelompokan buku, setiap kelompok banyaknya 10 dan ada 7 buku di bagian lain. Dengan cara seperti itu, siswa dapat diarahkan untuk menyatakan bahwa 5 puluhan sama dengan 50 ditambah dengan 7, banyaknya 57 buku.

Ayo Mengamati
Ø  Kemudian siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus dan kelompok 100 kubus.
Ø   Siswa mengamati kelompok 1 ratusan kubus, tiga puluhan kubus, 8 delapan kubus.
Ø  Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.

Ayo Berlatih
Ø  Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.
Ø  Siswa mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga angka. Guru dapat menambahkan soal latihan.

Ø  Siswa  membaca bilangan cacah sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti. Hasil pengamatan sikap dituliskan di dalam jurnal.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Bernyanyi
Ø  Siswa menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan Sopan. Siswa diminta ikut merasakan kapan nada lagu dinyanyikan  panjang dan kapan dinyanyikan pendek.
     

Ayo Berlatih
Ø  Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama-sama dengan guru. Siswa merasakan panjang dan pendeknya nada.
Ø  Siswa berlatih menandai bagian-bagian lagu yang dinyanyikan panjang dan yang dinyanyikan pendek.
Ø  Siswa dibimbing guru untuk memahami panjang pendek bunyi. Notasi lagu Peramah dan Sopan untuk menjelaskan panjang pendek bunyi.
Ø  Siswa mengamati guru ketika memberikan contoh menyanyikan bagian panjang pendek lagu yang disesuaikan dengan notasinya.
Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan panjang pendek bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2). Sikap yang diamati adalah percaya diri.

Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Pemahaman mengenai bilangan cacah sampai 999 dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua. Bilangan cacah sampai 999 dapat ditemui pada barang-barang di sekitar rumah, misalnya pada kemasan makanan, nomor rumah, halaman buku, dan lain-lain.
Ø  Orang tua membantu siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekitar rumah.

Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................


Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel