RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun
Sabtu, 25 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
.......................... ........................
Subtema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang
terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan
yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari
100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan
999 dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari
100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
- Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat
membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
- Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat
menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Ayo Mengamati
Ø Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru.
Ø Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada teks bacaan.
Ø Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi penekanan pada kalimat
yang menggunakan ungkapan.
Ø Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah buah tangan dan buah hati.
Ø Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)
Ø Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai arti ungkapan yang terdapat
pada teks.
Ø Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks
cerita.
Ayo Berlatih
Ø Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.
Ø Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat tersebut.
Ø Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang
terdapat pada buku.
Ø Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat berdasarkan teks cerita
yang sudah dibacanya.
(Creatiivity and
Innovation)
Ayo Bermain Peran
Ø Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya, bergantian dengan
teman sebangkunya. Guru dapat mengamati kemampuan siswa dalam menyebutkan
ungkapan. (Rubrik Penilaian 1 untuk KD Bahasa Indonesia 3.1 dan 4.1). Selain
pemahaman mengenai ungkapan, guru juga dapat mengamati sikap percaya diri
siswa dalam melakukan percakapan dengan temannya.
(Creativity and
Innovation)
Ayo Berlatih
Ø Siswa mengamati gambar rak buku yang ada di Buku Siswa. Guru mengajak
siswa berpikir bagaimana cara yang mudah untuk menghitung buku yang banyaknya
ratusan.
Ø Siswa dimulai pemahamannya dengan mengamati pengelompokan buku, setiap
kelompok banyaknya 10 dan ada 7 buku di bagian lain. Dengan cara seperti itu,
siswa dapat diarahkan untuk menyatakan bahwa 5 puluhan sama dengan 50
ditambah dengan 7, banyaknya 57 buku.
Ayo Mengamati
Ø Kemudian siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus dan kelompok 100 kubus.
Ø Siswa mengamati kelompok 1 ratusan
kubus, tiga puluhan kubus, 8 delapan kubus.
Ø Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak kubus sesuai
dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
Ayo Berlatih
Ø Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga
kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat
digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.
Ø Siswa mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga angka. Guru
dapat menambahkan soal latihan.
Ø Siswa membaca
bilangan cacah sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca
bilangan cacah sampai 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah
teliti. Hasil pengamatan sikap dituliskan di dalam jurnal.
(Critical Thinking
and Problem Formulation)
Ayo Bernyanyi
Ø Siswa menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan
Sopan. Siswa diminta ikut merasakan kapan nada lagu
dinyanyikan panjang dan kapan dinyanyikan pendek.
Ayo Berlatih
Ø Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama-sama dengan
guru. Siswa merasakan panjang dan pendeknya nada.
Ø Siswa berlatih menandai bagian-bagian lagu yang dinyanyikan panjang dan
yang dinyanyikan pendek.
Ø Siswa dibimbing guru untuk memahami panjang pendek bunyi. Notasi lagu Peramah dan Sopan untuk menjelaskan panjang pendek bunyi.
Ø Siswa mengamati guru ketika memberikan contoh menyanyikan bagian panjang
pendek lagu yang disesuaikan dengan notasinya.
Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan panjang pendek bunyi
(Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2). Sikap yang diamati adalah
percaya diri.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai bilangan cacah sampai 999 dipelajari kembali oleh
siswa di rumah bersama orang tua. Bilangan cacah sampai 999 dapat ditemui
pada barang-barang di sekitar rumah, misalnya pada kemasan makanan, nomor
rumah, halaman buku, dan lain-lain.
Ø Orang tua membantu siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekitar
rumah.
|
||
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1