Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 1 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 1 Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  3 /1
Tema                            :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                        : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke             :  1
Alokasi waktu                 :  1 hari

A.    TUJUAN
1.     Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.
2.     Setelah mengamati, siswa dapat  memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.
3.     Setelah mengamati, siswa dapat  membuat pola irama sederhana dengan benar.
4.     Setelah mengamati, siswa dapat  memeragakan pola irama sederhana yang sudah dibuat dengan percaya diri.
5.     Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
6.     Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
7.     Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
8.     Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
9.     Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Ayo Bernyanyi
·        Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding.
·        Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu.
·        Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.
·        Siswa mengamati tanda   dan   yang ada pada syair lagu.
·        Jika ada tanda   artinya menyanyi dengan bunyi pendek.
·        Jika ada tanda   artinya menyanyi dengan bunyi panjang.
·        Misalnya : ci-cak-ci-cak-di-din-diiing.
·        Siswa berlatih menyanyi secara bergantian. (Mandiri)
·        Guru menyampaikan bahwa  lagu Cicak di Dinding termasuk lagu yang memiliki pola irama sederhana. Karena pola lagu di setiap baris hampir sama.
·        Siswa diminta mengamati baris lagu yang memiliki pola sama dan pola yang berbeda. (Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Berlatih
·         Siswa berlatih menuliskan pola menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek.
·         Buat pola dengan berbagai macam variasi.
·         Lalu siswa berlatih menyanyikan pola yang sudah dibuat dengan suara ta (pendek) dan taaa (suara panjang).
·         Siswa mencoba menyanyikan lagu dengan pola yang sama setiap barisnya (panjang semua atau pendek semua)
·         Siswa menyampaikan perasaannya jika semua bunyi pada lagu sama.
·         Adanya berbagai variasi pola bunyi lagu membuat lagu terdengar lebih asyik tidak membosankan.
(Creativity and Innovation)

Ayo Mengamati
·      Siswa mengamati gambar.
·      Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar.
·      Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup. (Critical Thinking and Problem Formulation)
·      Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar.
·      Gambar cicak:
Ø  Cicak hidup di darat
Ø  Cicak bergerak merayap di dinding
Ø  Cicak makan nyamuk
Ø  Cicak suka memutuskan ekornya
·         Gambar ikan di aquarium
Ø  Ikan hidup di air.
Ø  Ikan bergerak berenang menggunakan sirip.
Ø  Dan lain-lain.
·         Kesimpulannya ikan dan cicak sama-sama makhluk hidup. Ciri-ciri makhluk hidup dari kedua hewan tersebut adalah bergerak, butuh makanan, dan lain-lain.


Ayo Berlatih
·         Membandingkan gambar cicak dan ikan mas. Keduanya sama-sama berkembangbiak dengan cara bertelur. Ikan mas bertelur sampai dengan ribuan.
·         Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan.
·         Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang teman lainnya.
·         Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada buku.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
    140
    menit

Kegiatan
Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
    15
    menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 3

Mengetahui
                    Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


                    ..........................                                                                                        ..........................
                    NIP. ....................                                                                                      NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD  Tema 1 
Subtema 1

Subtema 3
Subtema 4

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel