RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 1 (Berbagi RPP)
Sabtu, 25 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
.......................... ..........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
3 /1
Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema :
Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1
hari
A.
TUJUAN
1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi
bentuk pola irama sederhana dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan
percaya diri.
3. Setelah mengamati, siswa dapat membuat pola irama sederhana dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana yang sudah
dibuat dengan percaya diri.
5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan
minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
6. Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa
dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
7. Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang
bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000
dengan benar.
8. Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang
bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan
10.000 dengan benar.
9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang
dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan,
ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Bernyanyi
·
Siswa dikenalkan
dengan lagu Cicak di Dinding.
·
Siswa mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu.
·
Siswa mengamati guru
menyanyikan lagu Cicak di Dinding.
·
Siswa mengamati
tanda dan yang ada pada syair lagu.
·
Jika ada tanda artinya menyanyi dengan bunyi pendek.
·
Jika ada tanda artinya menyanyi dengan bunyi panjang.
·
Misalnya :
ci-cak-ci-cak-di-din-diiing.
·
Siswa berlatih
menyanyi secara bergantian. (Mandiri)
·
Guru menyampaikan
bahwa lagu Cicak di Dinding termasuk
lagu yang memiliki pola irama sederhana. Karena pola lagu di setiap baris
hampir sama.
·
Siswa diminta
mengamati baris lagu yang memiliki pola sama dan pola yang berbeda. (Critical
Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berlatih
·
Siswa berlatih
menuliskan pola menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek.
·
Buat pola dengan
berbagai macam variasi.
·
Lalu siswa berlatih
menyanyikan pola yang sudah dibuat dengan suara ta (pendek) dan taaa (suara
panjang).
·
Siswa mencoba
menyanyikan lagu dengan pola yang sama setiap barisnya (panjang semua atau
pendek semua)
·
Siswa menyampaikan
perasaannya jika semua bunyi pada lagu sama.
·
Adanya berbagai
variasi pola bunyi lagu membuat lagu terdengar lebih asyik tidak membosankan.
(Creativity and Innovation)
Ayo Mengamati
·
Siswa mengamati
gambar.
·
Siswa mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar.
·
Siswa berdiskusi dan
menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup. (Critical
Thinking and Problem Formulation)
·
Siswa menuliskan
ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar.
·
Gambar cicak:
Ø Cicak hidup di darat
Ø Cicak bergerak merayap di dinding
Ø Cicak makan nyamuk
Ø Cicak suka memutuskan ekornya
·
Gambar ikan di
aquarium
Ø Ikan hidup di air.
Ø Ikan bergerak berenang menggunakan sirip.
Ø Dan lain-lain.
·
Kesimpulannya ikan dan
cicak sama-sama makhluk hidup. Ciri-ciri makhluk hidup dari kedua hewan
tersebut adalah bergerak, butuh makanan, dan lain-lain.
Ayo Berlatih
·
Membandingkan gambar
cicak dan ikan mas. Keduanya sama-sama berkembangbiak dengan cara bertelur.
Ikan mas bertelur sampai dengan ribuan.
·
Siswa dikenalkan
dengan nama dan lambang bilangan ribuan.
·
Siswa berlatih
mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4
orang teman lainnya.
·
Siswa berlatih
menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada
buku.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4