RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 1
Minggu, 26 Juli 2020
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks percakapan yang
berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan, siswa dapat
menyebutkan kalimat ajakan dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan teks percakapan yang
berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan, siswa dapat
memperagakan kalimat ajakan dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan teks percakapan berkaitan
dengan hidup rukun yang mengandung kalimat ajakan, siswa dapat menuliskan
isi cerita sesuai urutan dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan
anak, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan
anak, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kaki dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan
anak, siswa dapat mengidentifikasi arah gerak kepala dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan
anak, siswa dapat mengidentifikasi gerak koordinasi kepala, tangan, dan
kaki dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan
anak, siswa dapat melakukan gerak bagian tangan sesuai hitungan dengan
benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan
anak, siswa dapat melakukan gerak bagian kepala sesuai hitungan dengan
benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan
anak, siswa dapat melakukan gerak bagian kaki sesuai hitungan dengan
benar.
- Dengan diberikan gambar tentang permainan
anak, siswa dapat melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki
sesuai hitungan dengan benar.
- Dengan diberikan gambar kumpulan benda,
siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda dengan istilah lebih banyak,
sama dengan, dan kurang dari dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Ayo Membaca
Ø Siswa membaca teks percakapan yang mengandung ajakan. Guru membimbing siswa untuk menemukan kata yang menunjukkan ajakan.
Setelah itu, siswa menyebutkan kembali kalimat ajakan tersebut. Kemudian
siswa memperagakan kalimat ajakan tersebut.
Ayo Mencoba
Ø Siswa menyebutkan kalimat ajakan yang terdapat pada teks percakapan.
Ø Siswa menuliskan kalimat ajakan untuk mengajak teman bermain, kemudian memperagakan
kalimat ajakan yang sudah ditulisnya. (Creativity and Innovation)
Ayo Mengamati
Ø Siswa mengamati gambar yang akan disusun menjadi sebuah cerita.
Ø Siswa mengurutkan gambar yang terdapat pada Buku Siswa sehingga menjadi sebuah
cerita. Pada kegiatan ini, siswa berlatih menyebutkan kalimat
yang mengandung ajakan dan mencoba memahami arti kalimat tersebut.
Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyebutkan kalimat ajakan dan
memahami isi ceritanya (Rubrik penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD
4.1)
Ayo Menulis
Ø Siswa menulis cerita berdasarkan urutan gambar yang sudah
dikerjakan. Kegiatan ini juga melatih
siswa untuk menyebutkan kalimat yang mengandung ajakan dan mencoba memahami
artinya.
(Creativity and
Innovation)
Ayo Mengamati
Ø Siswa mengamati gambar gerakan kepala, tangan, dan kaki seperti yang
terdapat pada Buku Siswa. Guru memberi contoh memperagakan gerakan-gerakan
tersebut.
Ayo Mencoba
Ø Siswa memperagakan gerakan sesuai dengan contoh dari guru.
Ø Siswa secara bersama-sama melakukan gerakan tanpa hitungan, setelah itu
gerakan itu dilakukan dengan hitungan. (Collaburation)
Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam mempraktikkan gerakan kepala,
tangan, dan kaki dengan hitungan (Rubrik penilaian 2, SBdP KD 3.3 dan KD 4.3)
Ayo Mengamati
Ø Siswa mengamati gambar sekumpulan kubus yang ditata sesuai dengan nilai
tempatnya. Guru membimbing siswa untuk mengamati banyak kubus pada setiap
nilai tempatnya. Pada kegiatan ini, guru bisa membimbing siswa untuk
mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kumpulan kubus dan nilai tempat
tersebut.
Ø Siswa membandingkan kelompok kubus yang satu dengan kelompok kubus yang
lain. Guru membimbing siswa untuk mengetahui banyak kubus pada setiap
kelompok kubus, kemudian siswa diminta membandingkan banyak kubus tersebut
sesuai dengan nilai tempatnya.
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
Ayo Berlatih
Ø Siswa berlatih membandingkan kumpulan kubus melalui soal-soal yang
terdapat pada Buku Siswa. Guru dapat menambahkan soal sesuai kebutuhan. Guru
dapat mengamati pemahaman siswa mengenai perbandingan dua kumpulan benda
melalui soal-soal tersebut.
(Matematika KD 3.1)Soal latihan Buku Siswa halaman 56 dan Soal Latihan Buku
Siswa halaman 57
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengulang kembali pemahaman
lebih dari dan kurang dari dengan menggunakan benda-benda yang ada di rumah. Misalnya, buku-buku yang ada di rumah, peralatan makan, dan tusuk
gigi. Kegiatan itu dilakukan bersama orang
tua.
|
||
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa
lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1