Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 2

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 2  - Berbagirpp.com  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANRPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Tempat Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak.
  2. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kembali kalimat ajakan  dalam teks yag disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
  3. Dengan diberi contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaian sederhana dan atau tradisional dengan benar.
  4. Dengan diberi contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat mempraktikkan gerak berlari  ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
  5. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.
  6. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan benar.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar percakapan dan menyimak teks yang dibacakan oleh guru. Siswa menggarisbawahi kalimat-kalimat yang menunjukkan ajakan kepada orang lain.
Ayo Berlatih
  • Siswa berlatih membuat pertanyaan tentang bacaan yang telah disimaknya. Kegiatan ini untuk melatih siswa bertanya agar dapat bertanya dengan percaya diri. Teks tentang hidup rukun diperkuat dengan pertanyaan apakah kamu saling membantu? (Creativity and Innovation)
  • Guru mengamati perkembangan siswa dalam mengucapkan kalimat ajakan. (Rubrik penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1)
Ayo Mencoba
  • Siswa melakukan pemanasan di bawah bimbingan guru sebelum melakukan kegiatan olahraga.
  • Siswa mengamati gambar gerakan-gerakan berlari seperti gambar pada Buku Siswa. Guru memberi contoh dengan memperagakan gerakan-gerakan tersebut.
  • Siswa memperagakan gerak dasar lokomotor sesuai contoh yang diberikan guru.
  • Guru mengamati kemampuan siswa dalam melakukan aktivitas olahraga. (Rubrik Penilaian 2, PJOK KD 3.1 dan KD 4.1)
  • Setelah selesai melakukan gerakan-gerakan dasar lokomotor, siswa melakukan permainan Menjala Ikan.
Petunjuk Permainan Menjala Ikan:
1.    Siswa diajak ke lapangan permainan.
2.    Siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama  terdiri atas tiga sampai 4 siswa. Kelompok pertama menjadi jaring.
3.    Selebihnya siswa merupakan kelompok2, menjadi kelompok ikan.
4.    Kelompok jaring  saling bergandengan tangan berusaha menangkap ikan dengan cara mengejarnya.
5.    Ikan yang dikejar harus menghindar. Apabila siswa (ikan) duduk, maka siswa (jaring) tidak boleh menangkapnya.
6.    Siswa (ikan) yang tertangkap menjadi kelompok jaring, sehingga kelompok jaring menjadi semakin panjang.
7.    Demikian seterusnya sampai ikan habis.
Ayo Berlatih
  • Siswa mengamati gambar percakapan yang ada di Buku Siswa, kemudian menuliskan kalimat sesuai gambar. Gambar-gambar pada kalimat tersebut akan membentuk cerita apabila diurutkan dengan baik dan benar. Siswa diminta mengurutkan gambar tersebut sehingga membentuk cerita.
  • Cerita yang sudah dibuat oleh siswa menunjukkan contoh penerapan sila pertama. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di Buku Siswa.
  • Kegiatan belajar dilanjutkan dengan pengamalan sila kedua Pancasila di tempat bermain. Siswa mengamati gambar yang ada di Buku Siswa.
  • Guru memeriksa pekerjaan siswa dalam menceritakan pengamalan sila pertama dan sila kedua Pancasila. (Rubrik Penilaian 3, PPKn KD 3.1 dan 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti. Siswa berlatih mengerjakan soal yang ada di Buku Siswa. (PPKn KD 3.1)

Ayo Menulis
  • Siswa menuliskan bunyi sila pertama dan sila kedua Pancasila sesuai dengan lambang kedua sila tersebut. (Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih
  • Siswa melengkapi teks cerita tentang hidup rukun yang memuat pengamalan sila pada Pancasila dengan teliti.
  • Siswa membacakan teks cerita hidup rukun yang telah dilengkapi dengan percaya diri.
  • Siswa memasangkan gambar yang menunjukkan pengamalan Pancasila dengan lambang sila Pancasila yang benar.

Kegiatan Bersama Orang Tua
  • Cerita yang dibuat siswa di sekolah diperlihatkan kepada orang tua. Siswa membaca cerita tersebut bersama orang tua. Orang tua memberi pertanyaan terkait dengan cerita tersebut. Hal itu untuk melatih siswa dalam memahami isi cerita dan mempelajari kalimat ajakan yang ada di dalam cerita tersebut. Siswa berlatih membuat kalimat ajakan kemudian dituliskan di dalam buku tugas untuk dikumpulkan kepada guru.

Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.







Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................


Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel