RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 2
Minggu, 26 Juli 2020
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Tempat
Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi ajakan yang berkaitan
dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kembali kalimat ajakan dalam teks yag disimaknya berkaitan
dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberi contoh gerakan berlari oleh
guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permaian sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberi contoh gerakan berlari oleh
guru, siswa dapat mempraktikkan gerak berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain
yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di tempat bermain yang
sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Ayo Mengamati
Ayo Berlatih
Ayo Mencoba
Petunjuk Permainan Menjala Ikan:
1. Siswa diajak ke lapangan permainan.
2. Siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri atas
tiga sampai 4 siswa. Kelompok pertama menjadi jaring.
3. Selebihnya siswa merupakan kelompok2, menjadi kelompok ikan.
4. Kelompok jaring saling
bergandengan tangan berusaha menangkap ikan dengan cara mengejarnya.
5. Ikan yang dikejar harus menghindar. Apabila siswa (ikan) duduk, maka
siswa (jaring) tidak boleh menangkapnya.
6. Siswa (ikan) yang tertangkap menjadi kelompok jaring, sehingga kelompok
jaring menjadi semakin panjang.
7. Demikian seterusnya sampai ikan habis.
Ayo Berlatih
Ayo Menulis
Ayo Berlatih
Kegiatan Bersama Orang Tua
|
||
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1