Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 3 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 3 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  3   /1
Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke        :  3
Alokasi waktu             :  1 hari

A.   TUJUAN
1.    Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
2.    Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
3.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai ribuan dengan tepat.
4.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai puluh ribuan dengan benar.
5.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
6.    Setelah mendengarkan penjelasan, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana pada lagu Anak Ayam dengan benar.
7.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam” dengan percaya diri.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Ayo Mengamati
·         Siswa mengamati gambar yang ada pada buku.
·         Siswa mengamati ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar.
·         Ciri-ciri yang ditemui diantaranya adalah;
No
Ciri-ciri makhluk hidup
Kegiatan pada gambar
1
Tumbuhan memerlukan air
Ibu menyiram tanaman.
2
Ayam memerlukan makanan
Ayah dan siti sedang memberi makanan.
3
Ayam berkembang biak.
Gambar jerami untuk ayam bertelur dan ada gambar induk ayam beserta anaknya.
4
Manusia berkembang biak
Ada keluarga siti: ibu, Ayah, dan Siti
5
Ayam memerlukan minuman
Ada tempat minum
 6
Hewan bergerak
Ayam nampak menuju makanan
·         Siswa menuliskan hasil pengamatan pada tempat yang tersedia pada buku. (Mandiri)


Ayo Berlatih
·         Siswa mengamati gambar keluarga Siti sedang makan bersama dan gambar induk, telur,  serta anak ayam.
·         Siswa berlatih menuliskan informasi yang dapat diperoleh dari gambar tersebut, dan menuliskan.
·         Hubungan kedua gambar adalah adanya saling ketergantungan antara manusia dan hewan.  Keluarga Siti sedang makan dengan lauk telur dan ayam.
·         Gambar pertama menunjukkan Siti sekeluarga membutuhkan makanan. Makanan bisa berasal dari makhluk lain.
·         Gambar berikutnya menunjukkan perkembangbiakan ayam. Mulai dari telur menjadi anak ayam, selanjutnya tumbuh jadi ayam dewasa.
·         Masing-masing siswa menyampaikan hasil temuannya. (Creativity and Innovation, Mandiri)
·         Semua pendapat siswa dapat saling memperkaya temuan.

Ayo Bernyanyi
·         Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Anak Ayam.
·         Siswa berlatih menyanyi lagu Anak Ayam.
·         Siswa secara bergantian menyanyikan lagu Anak Ayam di depan teman-teman.
(Creativity and Innovation)

Ayo Mencoba
·         Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada syair lagu Anak Ayam. (Critical Thinking and Problem Formulation)
·         Siswa juga mengidentifikasi jenis pola irama yang ada pada lagu Anak Ayam dengan cara memberi simbol bunyi panjang dan bunyi pendek pada syair lagu.
·         Siswa berlatih membuat pola bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu Anak Ayam.
·         Siswa menyanyikan lagu Anak Ayam dengan pola yang telah dibuat.

Ayo Berlatih
·         Siswa diingatkan kembali dengan bilangan ribuan dan berlatih membaca nama dan lambang bilangannya.
·         Siswa mengamati contoh suatu data hasil dari sebuh peternakan.
·         Siswa berlatih menyelesaikan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan.
·         Untuk memudahkan dalam membaca bilangan, bisa juga menggunakan teknik nilai tempat.
Contohnya 1.250
Dalam tabel nilai tempat dapat ditunjukkan seperti berikut.

Angka 1 berada pada tempat ribuan dan bernilai 1.000
Angka 2 berada pada tempat ratusan dan bernilai 200
Angka 5 berada pada tempat puluhan dan bernilai 50
Angka 0 berada pada tempat satuan dan bernilai 0
•  Siswa mengerjakan latihan soal.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
    140
    menit

Kegiatan
Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
    15
    menit


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 



 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD  Tema 1 
Subtema 1

Subtema 3
Subtema 4

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel