RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 6
Selasa, 28 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 6 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu :
1 Hari
A.
TUJUAN
1. Dengan membaca nyaring, siswa dapat melafalkan
huruf vokal dan konsonan.
2. Setelah membaca nyaring, siswa dapat membaca kata
tentang anggota tubuh.
3. Dengan berlatih, siswa dapat menulis lambang
bilangan sesuai nama dan banyaknya kumpulan objek yang diberikan.
4. Dengan berolahraga secara teratur, siswa dapat
menjaga kesehatan tubuhnya.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
||
Kegiatan
Inti
|
1. Guru mengajak anak bernyanyi lagu “a-b-c” agar
anak mengingat kembali susunan huruf a-z.
2. Guru lalu memperlihatkan sebuah kertas/karton
berukuran besar. Kertas/karton itu bertuliskan kata-kata tentang anggota
tubuh. (lihat buku siswa di halaman 68).
3. Guru akan membacakan kata-kata yang tertulis di
kertas/karton tersebut. Minta siswa menirukan ucapan guru.
4. Guru membaca kata-kata di kertas/karton sambil
menunjuk kata yang dimaksud. Guru juga membaca kata yang dimaksud dengan cara
mengeja huruf penyusun kata, per suku kata lalu per huruf. Siswa
menirukannya.
5. Guru mengulangi membaca nyaring ini sebanyak 3
kali. Guru lalu meminta beberapa siswa untuk maju ke depan kelas.
6. Setelah itu guru mengganti kertas/karton kata
dengan kartu bilangan beserta namanya.
7. Kembali guru dan siswa membaca bersama-sama
nama bilangan sesuai dengan lambangnya. (Collaburation)
8. Siswa lalu berlatih menuliskan lambang bilangan
sesuai dengan namanya. Jika siswa mengalami kesulitan untuk membaca nama
bilangan, bisa melihat kartu lambang bilangan dan namanya yang ditempel di
papan tulis. Siswa bisa mengidentifikasi huruf-huruf penyusun nama bilangan
yang ada di soal dan mencocokkannya dengan nama bilangan yang ditempel di
papan tulis. Siswa lalu menuliskan lambang bilangannya. (lihat buku siswa di
halaman 69) (Creativity and Innovation)
9. Siswa juga berlatih menuliskan lambang bilangan
sesaui dengan banyaknya anggota tubuh. (lihat buku siswa di halaman 70)
10. Setelah belajar di dalam kelas, guru mengajak
siswa untuk beraktifitas di luar kelas.
11. Siswa bersama-sama akan melakukan kegiatan
olahraga. Guru menyampaikan informasi mengenai pentingnya berolahraga untuk
menjaga kesehatan tubuh.
12. Siswa melakukan pemanasan dengan berjalan
keliling lapangan sekolah. Lalu siswa berkumpul di tengah lapangan dan
membentuk barisan. Siswa menggerakkan anggota tubuh, seperti kepala, kaki dan
tangan agar otot tubuh tidak kaku. Gerakan tubuh saat pemanasan menirukan
gerakan guru.
13. Setelah pemanasan, siswa diminta memilih
pasangan. Perempuan dengan perempuan, laki-laki dengan laki-laki. Setiap
pasangan diminta bergandengan tangan. Semua pasangan berdiri berjajar di satu
sisi lapangan.
14. Guru memberikan aba-aba dengan meniup peluit.
Saat aba-aba terdengar, siswa berlari lurus menuju sisi lapangan yang lain
bersama pasangannya dan kembali lagi ke sisi lapangan semula.
15. Siswa melakukan pendinginan. Siswa beristirahat
sambil duduk meluruskan kaki dan minum.
|
140
menit
|
||
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 2
Sub Tema 1