Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 6

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 6 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan                        : SD/MI  .....................
Kelas / Semester                :  1 /1
Tema                                             :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                                      :  Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke                             :  6
Alokasi waktu                                 :  1 Hari



A.           TUJUAN
1.   Dengan membaca nyaring, siswa dapat melafalkan huruf vokal dan konsonan.
2.   Setelah membaca nyaring, siswa dapat membaca kata tentang anggota tubuh.
3.   Dengan berlatih, siswa dapat menulis lambang bilangan sesuai nama dan banyaknya kumpulan objek yang diberikan.
4.   Dengan berolahraga secara teratur, siswa dapat menjaga kesehatan tubuhnya.

B.           KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit

Kegiatan
Inti
1.     Guru mengajak anak bernyanyi lagu “a-b-c” agar anak mengingat kembali susunan huruf a-z.
2.     Guru lalu memperlihatkan sebuah kertas/karton berukuran besar. Kertas/karton itu bertuliskan kata-kata tentang anggota tubuh. (lihat buku siswa di halaman 68).
3.     Guru akan membacakan kata-kata yang tertulis di kertas/karton tersebut. Minta siswa menirukan ucapan guru.
4.     Guru membaca kata-kata di kertas/karton sambil menunjuk kata yang dimaksud. Guru juga membaca kata yang dimaksud dengan cara mengeja huruf penyusun kata, per suku kata lalu per huruf. Siswa menirukannya.
5.     Guru mengulangi membaca nyaring ini sebanyak 3 kali. Guru lalu meminta beberapa siswa untuk maju ke depan kelas.
6.     Setelah itu guru mengganti kertas/karton kata dengan kartu bilangan beserta namanya.
7.     Kembali guru dan siswa membaca bersama-sama nama bilangan sesuai dengan lambangnya. (Collaburation)
8.     Siswa lalu berlatih menuliskan lambang bilangan sesuai dengan namanya. Jika siswa mengalami kesulitan untuk membaca nama bilangan, bisa melihat kartu lambang bilangan dan namanya yang ditempel di papan tulis. Siswa bisa mengidentifikasi huruf-huruf penyusun nama bilangan yang ada di soal dan mencocokkannya dengan nama bilangan yang ditempel di papan tulis. Siswa lalu menuliskan lambang bilangannya. (lihat buku siswa di halaman 69)         (Creativity and Innovation)
9.     Siswa juga berlatih menuliskan lambang bilangan sesaui dengan banyaknya anggota tubuh. (lihat buku siswa di halaman 70)
10.  Setelah belajar di dalam kelas, guru mengajak siswa untuk beraktifitas di luar kelas.
11.  Siswa bersama-sama akan melakukan kegiatan olahraga. Guru menyampaikan informasi mengenai pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.
12.  Siswa melakukan pemanasan dengan berjalan keliling lapangan sekolah. Lalu siswa berkumpul di tengah lapangan dan membentuk barisan. Siswa menggerakkan anggota tubuh, seperti kepala, kaki dan tangan agar otot tubuh tidak kaku. Gerakan tubuh saat pemanasan menirukan gerakan guru.
13.  Setelah pemanasan, siswa diminta memilih pasangan. Perempuan dengan perempuan, laki-laki dengan laki-laki. Setiap pasangan diminta bergandengan tangan. Semua pasangan berdiri berjajar di satu sisi lapangan.
14.  Guru memberikan aba-aba dengan meniup peluit. Saat aba-aba terdengar, siswa berlari lurus menuju sisi lapangan yang lain bersama pasangannya dan kembali lagi ke sisi lapangan semula.
15.  Siswa melakukan pendinginan. Siswa beristirahat sambil duduk meluruskan kaki dan minum.

    140
    menit

Kegiatan
Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

berbagirpp.com


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel