RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 6 (Berbagi RPP)
Jumat, 10 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 6 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
.......................... ..........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
3 /1
Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema :
Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1
hari
A. TUJUAN
1. Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal
cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan
benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi
ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan
tepat.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan
informasi tentang tentang ciri-ciri
makhluk hidup dengan tepat.
5. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan arti
penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan
pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Menulis
·
Siswa mengingat
kembali ciri-ciri makhluk hidup
·
Siswa mengamati
gambar, lalu mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar. (Critical
Thinking and Problem Formulation)
·
Siswa juga
mengidentifikasi sikap yang berkaitan dengan gambar tersebut.
·
Secara bergiliran
siswa akan menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut.(Mandiri)
·
Gambar 1, keluarga Edo
sedang makan bersama. Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup perlu
makanan untuk tumbuh. Makanan yang dibutuhkan adalah makanan yang bersih dan
sehat. Sebelum dan sesudah makan sebaiknya kita berdoa sebagai tanda syukur
kita kepada Tuhan.
·
Gambar keluarga Siti
sedang berolahraga. Gambar tersebut
menunjukkan bahwa makhluk hidup dapat bergerak. Manusia bergerak dengan cara
berjalan atau berlari. Olahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan dan
alat gerak agar tetap sehat. Menggunakan sandal atau sepatu untuk menjaga
dari benda-benda yang dapat melukai.
·
Gambar Beni menutup
mata saat silau melihat cahaya matahari. Gambar tersebut menunjukkan bahwa
makhluk hidup peka terhadap rangsang. Kemampuan spontan tersebut Tuhan
berikan untuk menjaga organ tubuh kita. Salah satu cara mensyukurinya kita
harus menjaga mata untuk tidak terlalu lama dan dekat saat menonton televisi
karena itu akan sangat merusak mata.
·
Gambar keluarga Edo
sedang berkumpul. Ada banyak saudara udin pada gambar. Artinya makhluk hidup
berkembang biak. Berkembang biak untuk menjaga kelangsungan dan kelestarian
makhluk hidup.
·
Gambar keluarga Lani
sedang menghirup udara di taman depan rumahnya. Gambar tersebut menunjukkan
makhluk hidup bernapas. Manusia membutuhkan udara yang bersih. Oleh karena
itu, manusia perlu menjaga lingkungannya.
·
Kegiatan dilanjutkan
dengan mengerjakan latihan tentang cara bersyukur.
·
Cara bersyukur atas
karunia kaki untuk berjalan bisa dilakukan dengan cara memelihara kaki.
Menggunakan sepatu atau sandal agar terhindar dari benda berbahaya.
Menggunakan untuk hal yang baik.
·
Mensyukuri badan yang tumbuh besar dengan
cara menjaga asupan makanan. Badan yang kuat membuat energi makin kuat.
Kekuatan digunakan untuk melindungi atau membantu yang lain.
·
Mensyukuri karena
memiliki makanan dan minuman dengan cara berdoa sebelum dan sesudah makan.
·
Mensyukuri kemampuan
bernapas dengan ikut menjaga lingkungan. Sehingga udara yang dihirup selalu
bersih dan sehat untuk tubuh.
·
Bersyukur atas
keluarga yang menyayangi dengan cara menyayangi kembali semua anggota
keluarga.
Ayo Berlatih
·
Siswa mengingat
kembali teknik penjumlahan susun ke bawah yang sudah dipelajari sebelumnya.
·
Siswa menjwab
pertanyaan tentang soal penjumlahan yang diberikan guru.
·
Siswa menyelesaikan
soal yang ada pada gambar ikan.
Ø
Warnai dengan warna
merah bagian tubuh ikan untuk hasil penjumlahan lebih dari 5.000.
Ø
Warnai dengan warna
kuning bagian tubuh ikan untuk hasil penjumlahan kurang dari 5.000.
Ø
Warnai dengan warna
biru untuk hasil penjumlahan sama dengan 1.000.
·
Siswa berlatih membuat
soal cerita penjumlahan, lalu meminta teman lain menjawab pertanyaan yang
dibuatnya. Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4