Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 6 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 6 Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  3 /1
Tema                            :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke            :  6
Alokasi waktu                 :  1 hari

A.    TUJUAN
1.     Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
2.     Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.
3.     Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
4.     Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan informasi  tentang tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
5.     Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol  sila Pancasila yang pertama dengan benar.
6.     Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/menulis 15-20  menit Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  6. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Ayo Menulis
·         Siswa mengingat kembali ciri-ciri makhluk hidup
·         Siswa mengamati gambar, lalu mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar. (Critical Thinking and Problem Formulation)
·         Siswa juga mengidentifikasi sikap yang berkaitan dengan gambar tersebut.
·         Secara bergiliran siswa akan menyampaikan pendapatnya tentang gambar tersebut.(Mandiri)
·         Gambar 1, keluarga Edo sedang makan bersama. Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup perlu makanan untuk tumbuh. Makanan yang dibutuhkan adalah makanan yang bersih dan sehat. Sebelum dan sesudah makan sebaiknya kita berdoa sebagai tanda syukur kita kepada Tuhan.
·         Gambar keluarga Siti sedang berolahraga.  Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup dapat bergerak. Manusia bergerak dengan cara berjalan atau berlari. Olahraga adalah salah satu cara menjaga kesehatan dan alat gerak agar tetap sehat. Menggunakan sandal atau sepatu untuk menjaga dari benda-benda yang dapat melukai.
·         Gambar Beni menutup mata saat silau melihat cahaya matahari. Gambar tersebut menunjukkan bahwa makhluk hidup peka terhadap rangsang. Kemampuan spontan tersebut Tuhan berikan untuk menjaga organ tubuh kita. Salah satu cara mensyukurinya kita harus menjaga mata untuk tidak terlalu lama dan dekat saat menonton televisi karena itu akan sangat merusak mata.
·         Gambar keluarga Edo sedang berkumpul. Ada banyak saudara udin pada gambar. Artinya makhluk hidup berkembang biak. Berkembang biak untuk menjaga kelangsungan dan kelestarian makhluk hidup.
·         Gambar keluarga Lani sedang menghirup udara di taman depan rumahnya. Gambar tersebut menunjukkan makhluk hidup bernapas. Manusia membutuhkan udara yang bersih. Oleh karena itu, manusia perlu menjaga lingkungannya.
·         Kegiatan dilanjutkan dengan mengerjakan latihan tentang cara bersyukur.
·         Cara bersyukur atas karunia kaki untuk berjalan bisa dilakukan dengan cara memelihara kaki. Menggunakan sepatu atau sandal agar terhindar dari benda berbahaya. Menggunakan untuk hal yang baik.
·          Mensyukuri badan yang tumbuh besar dengan cara menjaga asupan makanan. Badan yang kuat membuat energi makin kuat. Kekuatan digunakan untuk melindungi atau membantu yang lain.
·         Mensyukuri karena memiliki makanan dan minuman dengan cara berdoa sebelum dan sesudah makan.
·         Mensyukuri kemampuan bernapas dengan ikut menjaga lingkungan. Sehingga udara yang dihirup selalu bersih dan sehat untuk tubuh.
·         Bersyukur atas keluarga yang menyayangi dengan cara menyayangi kembali semua anggota keluarga.
Ayo Berlatih
·         Siswa mengingat kembali teknik penjumlahan susun ke bawah yang sudah dipelajari sebelumnya.
·         Siswa menjwab pertanyaan tentang soal penjumlahan yang diberikan guru.
·         Siswa menyelesaikan soal yang ada pada gambar ikan.
Ø  Warnai dengan warna merah bagian tubuh ikan untuk hasil penjumlahan lebih dari 5.000.
Ø  Warnai dengan warna kuning bagian tubuh ikan untuk hasil penjumlahan kurang dari 5.000.
Ø  Warnai dengan warna biru untuk hasil penjumlahan sama dengan 1.000.
·         Siswa berlatih membuat soal cerita penjumlahan, lalu meminta teman lain menjawab pertanyaan yang dibuatnya. Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
    140
    menit

Kegiatan
Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
    15
    menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 3

Mengetahui
                    Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


                    ..........................                                                                                        ..........................
                    NIP. ....................                                                                                      NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD  Tema 1 
Subtema 1

Subtema 3
Subtema 4

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel