RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 5 (Berbagi RPP)
Kamis, 09 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 5 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
.......................... ..........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan :
SD/MI .....................
Kelas / Semester : 3 /1
Tema :
Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ciri-ciri Makhluk Hidup
(Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN, Matematika
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan
jalan Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi
yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk
hidup dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan arti
penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan
pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan
benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal
cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Menulis
·
Siswa mengamati gambar
berseri.
·
Siswa menuliskan
cerita berdasarkan gambar tersebut. (Creativity and Innovation)
·
Gambar 1 menunjukkan
Udin dan teman-teman sedang bermain tanah.
·
Gambar 2 salah satu teman Udin yang sudah
bermain tanpa mencuci tangan langsung makan. Sementara Udin dan teman-teman
lainnya mencuci tangan terlebih dahulu.
·
Gambar 3 semua siswa
sedang makan bersama.
·
Gambar 4 siswa yang
tidak mencuci tangan sedang terbaring sakit.
·
Setelah menulis, siswa
menceritakan hasil tulisannya di depan teman-teman. (Mandiri)
Ayo Berdiskusi
·
Siswa berdiskusi
tentang salah satu siswa yang ada pada gambar berseri.
·
Siswa berdiskusi
mengenai hal-hal yang mengakibatkan siswa tersebut sakit.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
·
Salah satu hal yang
menyebabkan dia sakit adalah karena makan sebelum cuci tangan. Setelah
bermain tanah, tentunya banyak kuman yang hinggap ditangannya. Saat dia makan
tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, menyebabkan ia mudah untuk sakit.
Ayo Bercerita
·
Siswa menuliskan
kebiasaan baik yang biasa dilakukan sebelum makan.
·
Sebelum dan sesudah
makan sebaiknya mencuci tangan dan berdoa.
·
Selalu menyimpan
makanan di tempat yang tertutup agar tetap terjaga kebersihannya.
·
Makan secukupnya agar
tidak banyak sisa makanan yang terbuang
Ayo Berlatih
·
Siswa mendengarkan
informasi tentang contoh makanan sehat yaitu susu. Beberapa perusahan
memproduksi susu sapi dalam bentuk kemasan kotak siap saji agar mudah
dikonsumsi. Berikut ini adalah contoh
banyaknya susu kemasan kotak yang dapat dihasilkan oleh beberapa perusahaan.
·
Siswa mengamati tabel
berisi data banyaknya susu kemasan yang dihasilkan oleh setiap perusahaan.
·
Siswa berlatih
menyelsaikan persoalan yang diberikan.
Ø Perusahaan yang paling banyak menghasilkan susu kemasan adalah perusahaan
C.
Ø Perusahaan yang paling sedikit menghasilkan susu kemasan adalah
perusahaan A.
Ø Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan A dan B adalah 1.200 +
3.000 = 4.200 kotak susu
Ø Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan B dan E adalah 3.000 + 2.200 = 5.200 kotak susu
Ø Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan A dan E adalah 1.200 +
2.200 = 3.400 kotak susu
Ø Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan B dan C adalah 3.000 +
4.800 = 7.800 kotak susu
Ø Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan A dan C adalah 1.200 +
4.800 = 7.000 kotak susu
·
Guru dapat memberikan
tambahan soal untuk latihan siswa.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4