Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 5 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 5 Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan      : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  3   /1
Tema                             :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                   : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, PPkN, Matematika
Pembelajaran ke        :  5
Alokasi waktu             :  1 hari

A.  TUJUAN
1.   Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan jalan Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
2.   Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
3.   Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol  sila Pancasila yang pertama dengan benar.
4.   Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
5.   Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.
6.   Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Ayo Menulis
·         Siswa mengamati gambar berseri.
·         Siswa menuliskan cerita berdasarkan gambar tersebut. (Creativity and Innovation)
·         Gambar 1 menunjukkan Udin dan teman-teman sedang bermain tanah.
·          Gambar 2 salah satu teman Udin yang sudah bermain tanpa mencuci tangan langsung makan. Sementara Udin dan teman-teman lainnya mencuci tangan terlebih dahulu.
·         Gambar 3 semua siswa sedang makan bersama.
·         Gambar 4 siswa yang tidak mencuci tangan sedang terbaring sakit.
·         Setelah menulis, siswa menceritakan hasil tulisannya di depan teman-teman. (Mandiri)

Ayo Berdiskusi
·         Siswa berdiskusi tentang salah satu siswa yang ada pada gambar berseri.
·         Siswa berdiskusi mengenai hal-hal yang mengakibatkan siswa tersebut sakit.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
·         Salah satu hal yang menyebabkan dia sakit adalah karena makan sebelum cuci tangan. Setelah bermain tanah, tentunya banyak kuman yang hinggap ditangannya. Saat dia makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, menyebabkan ia mudah untuk sakit.

Ayo Bercerita
·         Siswa menuliskan kebiasaan baik yang biasa dilakukan sebelum makan.
·         Sebelum dan sesudah makan sebaiknya mencuci tangan dan berdoa.
·         Selalu menyimpan makanan di tempat yang tertutup agar tetap terjaga kebersihannya.
·         Makan secukupnya agar tidak banyak sisa makanan yang terbuang

Ayo Berlatih
·         Siswa mendengarkan informasi tentang contoh makanan sehat yaitu susu. Beberapa perusahan memproduksi susu sapi dalam bentuk kemasan kotak siap saji agar mudah dikonsumsi.  Berikut ini adalah contoh banyaknya susu kemasan kotak yang dapat dihasilkan oleh beberapa perusahaan.
·         Siswa mengamati tabel berisi data banyaknya susu kemasan yang dihasilkan oleh setiap perusahaan.

·         Siswa berlatih menyelsaikan persoalan yang diberikan.
Ø  Perusahaan yang paling banyak menghasilkan susu kemasan adalah perusahaan C.
Ø  Perusahaan yang paling sedikit menghasilkan susu kemasan adalah perusahaan A.
Ø  Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan A dan B adalah 1.200 + 3.000 = 4.200 kotak susu
Ø  Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan B dan E adalah  3.000 + 2.200 = 5.200 kotak susu
Ø  Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan A dan E adalah 1.200 + 2.200 = 3.400 kotak susu
Ø  Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan B dan C adalah 3.000 + 4.800 = 7.800 kotak susu
Ø  Banyaknya susu kemasan yang dihasilkan perusahan A dan C adalah 1.200 + 4.800 = 7.000 kotak susu
·         Guru dapat memberikan tambahan soal untuk latihan siswa.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
    140
    menit
Kegiatan
Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
    15
    menit





C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 3

Mengetahui
                    Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


                    ..........................                                                                                        ..........................
                    NIP. ....................                                                                                      NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD  Tema 1 
Subtema 1

Subtema 3
Subtema 4

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel