Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 1

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 1 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  .....................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1                 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3        : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran        : 1
Alokasi Waktu        : 1 Hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Dengan menyimak teks lisan, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
  2. Dengan menyimak teks lisan, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
  3. Dengan diskusi dan membaca, siswa mampu menjelaskan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
  4. Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu mengomunikasikan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
  5. Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap dengan lengkap.
  6. Setelah percobaan , siswa mampu menyajikan laporan sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.

B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pembukaan

  1. Gurumemberikansalam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.Religius
  2. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  3. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas
  4. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.


Inti Kegiatan

  • Siswa diingatkan kembali tentang pembelajaran sebelumya tentang Keragaman Budaya Indonesia, seperti alat musik dan permainan tradisional. Salah satu jenis keragaman yang memperkaya kebudayaan bangsa Indonesia adalah makanan tradisional. (Mengamati)
  • Guru memperlihatkan satu/beberapa jenis makanana tradisional daerah setempat. Guru mengajukan pertanyaan pembuka. (Menanya)
  • Siapakah diantara kalian yang mengetahui jenis makanan tradisional ini? Bagaimana bahan dasarnya dan proses pembuatannya?
  • Siswa yang mengangkat tangannya diminta untuk menerangkan secara singkat informasi tentang makanan tradisional tersebut. Literasi
  • Siswa menyimak cerita tentang tentang seorang ibu pembuat dodol, makanan tradisional Betawi, yang dilisankan oleh guru.
  • Siswa diminta untuk menyimak dengan teliti, kemudian menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf tersebut. (Mengkomunikasikan)
  • Setelah selesai memetakan hasil paragraf 1, siswa mendiskusikan jawaban bersama teman kelompok. Guru memperhatikan siswa yang berdiskusi. Collaboration
  • Lakukan hal yang sama untuk paragraf ke dua. Selesai teks dibacakan dan siswa juga selesai menuliskan jawaban pada peta pikiran yang tersedia, guru meminta siswa mendiskusikannya dengan teman sebelahnya.
  • Siswa kemudian saling membandingkan peta pikiran mereka dengan peta pikiran milik beberapa teman lainnya. Critical Thinking and Problem Solving
  • Paragraf ke tiga dilakukan tanpa diskusi. Hasilnya langsung diserahkan kepada guru untuk dinilai. Mandiri
  • Siswa diingatkan kembali tentang keragaman makanan yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Integritas
  • Guru mengajukan pertanyaan pembuka (Menanya)
  • Siapa yang mengetahui jenis makanan tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia? Darimana asalnya?
  • Siswa membaca senyap informasi tentang beberapa jenis makanan tradisional yang ada di buku. Literasi
  • Siswa secara berpasangan diminta untuk saling berbagi informasi tentang jenis makanan tradisional beserta yang mereka ketahui dan nama daerah tempat makanan tersebut berasal. (Mengkomunikasikan)
  • Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat bunyi. Communication
  • Guru mengajukan pertanyaan berikut.
  •  Apakah bunyi memiliki sifat-sifat yang lain?
  • Masih dalam kelompok yang sama, siswa kemudian berdiskusi menjawabpertanyaan berdasarkan hasil percobaan. Gotong Royong
  • Siswa dalam kelompok kemudian diberikan kesempatan untuk melakukanpercobaan yang sama dengan menggunakan bahan-bahan yang berbeda,yaitu kayu, logam, dan kapas. Creativity and Innovation
  • Siswa kemudian mendiskusikan hasil percobaan. Collaboration
  • Guru memberikan penguatan.


Penutup

  1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
  2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  3. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
  4. Melakukanpenilaianhasilbelajar
  5. Mengajak semua siswa berdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 1

Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD  Tema 1 
Subtema 2

Subtema 3

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel