RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 6
Jumat, 31 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 6 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : BersyukuratasKeberagaman
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah bermain engklek, siswa mampu menjelaskan sikap kerja sama antarindividu yang berbeda dalam permainan engklek.
- Setelah bermain engklek, siswa mampu menceritakan sikap kerja sama antarindividu yang berbeda dalam permainan engklek.
- Dengan mendengarkan teks lisan dengan judul “Wedang Jahe” yang dibacakan guru, siswa mampu membuat ringkasan yang berisikan inti dari cerita.
- Dengan membaca teks tentang persahabatan, Udin, Edo, dan Beni, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembukaan
- Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
- Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembarke hadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
- Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas
- Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
Inti Kegiatan
- Guru membacakan cerita yang berjudul “Wedang Jahe”. Literasi
- Siswa menyimak cerita yang disampaikan guru secara lisan.
- Siswa diminta membuat catatan tentang gagasan pokok dan gagasan pendukung dari cerita tersebut. Communication
- Siswadimintamenuliskangagasanpokok dan gagasanpendukungbesertaringkasan pada diagram yang terdapat di dalambukusiswaMandiri
- Guru menyampaikanbahwaTuhan Yang MahaEsamenganugerahikitakeragaman, mulaidarikeragamansuku, agama, sosial dan budaya, hinggamakanantradisional. Keragamantersebutperlukitahargai dan syukuri. Religius
- Selalumenunjukkansikap yang santun dan pedulikepada orang yang memilikilatarbelakang yang berbedadengankitaadalahmerupakanhalterpuji.Integritas
Penutup
- Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
- Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
- Melakukanpenilaianhasilbelajar
- Mengajak semua siswa berdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 4 SD Tema 1
Subtema 2
- 4.1.2.Pertemuan Ke 1 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 2 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 3 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 4 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 5 .doc
- 4.1.2.Pertemuan Ke 6 .doc
Subtema 3