Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 3

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 3 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 


Satuan Pendidikan : SD/MI  .....................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : BersyukuratasKeberagaman
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap dengan benar.
  2. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.
  3. Setelah menyimak teks permainan tradisional, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
  4. Setelah menyimak teks tentang permainan tradisional, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.


B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pembukaan

  1. Gurumemberikansalam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.Religius
  2. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  3. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas
  4. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.


Inti Kegiatan

  • Siswa menyimak cerita tentang tentang permainan tradisional lainnya yaitu Fahombo Batu atau lompat batu dari kepulauan Nias, yang dilisankan oleh guru. Literasi
  • Siswa diminta untuk menyimak dengan teliti, kemudian menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf tersebut. (Menganalisis)
  • Untuk paragraf pertama, siswa mendiskusikan jawaban bersama teman di sebelah. Collaboration
  • Paragraf ke dua dan ketiga dikerjakan secara individu dan langsung disampaikan kepada guru.
  • Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat bunyi menyerap dan memantul. Communication
  • Siswa membaca informasi tentang bunyi memantul dan menyerap yang biasanya terjadi di area lapangan yang luas. Bunyi pantul juga terdapat pada beberapa jenis alat musik seperti gendang dan angklung. Literasi
  • Siswa kemudian membaca senyap informasi yang terdapat di buku, tentang sifat bunyi memantul dan menyerap serta jenis-jenis bunyi. Mandiri
  • Siswa dalam kelompok melakukan percobaan sederhana membunyikan beragam benda yang dpat menghasilkan bunyi seperti botol, ember, gelas atau kaleng. (Memepresentasikan) Gotong Royong
  • Siswa membunyikan beragam benda tersebut di dalam dan di luar ruangkelas. Critical Thinking and Problem Solving
  • Siswa mencatat dan mendiskusikan hasilnya, kemudian melaporkannya kepada guru.




Penutup
  1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
  2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  3. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
  4. Melakukanpenilaianhasilbelajar
  5. Mengajak semua siswa berdo’amenurut agama dan keyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 1

Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel