Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 4

RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 4 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 


Satuan Pendidikan : SD/MI  .....................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah diberikan masalah, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada dari teman-temannya dengan terperinci.
  2. Setelah diberikan masalah, siswa mampu menceritakan pengalaman bekerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.
  3. Setelah mendengarkan, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar dengan sistematis.
  4. Setelah mendengarkan, siswa mampu menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar dengan sistematis.


B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pembukaan
  1. Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.Religius
  2. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
  3. Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Integritas
  4. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti Kegiatan
  • Siswa dibagi dalam kelompok.Dalam pembagian kelompok, gurumemperhatikan keberagaman yang ada,misalkan cara berpendapat, sifat dan lain-lain. Collaboration
  • Diusahakan dalam satu kelompok tampak keberagamannya. Kali ini guru akanmengamati bagaimana siswa bekerjasamadengan teman-teman yang berbeda. Gotong Royong
  • Siswa diberikan masalah mengenai IbuMimip penjaga kantin. Siswa membacanya di buku siswa. Literasi
  • Siswa mendengarkan dengan seksama. Guru membacakan satu-persatu paragraf. (Mengamati)
  • Guru meminta setiap siswa untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf yang didengarnya. (Mengumpulkan data) Critical Thinking and Problem Solving
  • Siswa menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung pada grafik yang disiapkan di buku siswa. ( Menyimpulkan)

Penutup
  1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
  2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  3. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
  4. Melakukan penilaian hasil belajar
  5. Mengajak semua siswa berdo’amenurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman 1

Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel