Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan 2 (berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan  2 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  3 /1
Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                   :  Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan (Sub Tema 4)
Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke        :  2
Alokasi waktu             :  1 hari

A.   TUJUAN
  1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan biji dan tunas dengan tepat.
  2. Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan biji dan tunas dengan tepat.
  3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
  4. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu  dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar.
  5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan lompat bambu  dengan benar.
  6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan prosedur kombinasi gerakan lari dan lompat dalam bentuk permainan lompat bambu dengan percaya diri.



B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN 


Kegiatan
Pendahuluan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Kegiatan
Inti
Ayo Mengamati 
Siswa membaca dan menjawab pertanyaan guru tentang pertumbuhan tumbuhan yang berkembang biak dengan biji.
Siswa berdiskusi tentang bagian-bagian biji yang merupakan calon tumbuhan baru.
Siswa saling menggali informasi mengenai pengetahuan mereka tentang jenis-jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan biji. (Collaburation)
Ayo Menulis
Siswa mengamati gambar pertumbuhan tanaman semangka.
Lalu siswa menggunting gambar tersebut dan menempelkan sesuai urutan pertumbuhan yang benar.
Siswa menuliskan tahapan pertumbuhan tanaman semangka.
(Creativity and Innovation)

Ayo Mencoba
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan tunas.
Salah satu contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah bambu.
Siswa mendiskusikan berbagai manfaat bambu. (Critical Thinking and Problem Formulation)
Salah satu manfaat bambu adalah untuk permainan.

Siswa mempraktikkan permainan lompat bambu dengan tahapan seperti berikut.
Buatlah kelompok yang terdiri masing-masing 5 orang pemain.
Seorang  pemain akan bertugas melompat, dan 4 pemain lainnya bertugas memegang buah batang bambu.
Berdirilah 4 pemegang bambu secara berhadap-hadapan dengan dua arah.
Gerakan bambu dengan buka dan tutup secara bergantian dengan hentakan masing-masing 2 kali hentakan.
Berlompatlah pada bambu yang terbuka. Jangan sampai kejepit bambu.
Lakukan secara bergantian.

Ayo Berlatih 
Setelah bermain, siswa mendiskusikan pengalaman saat bermain lompat bambu.
Siswa berdiskusi tentang cara bermain yang baik.
Salah satu hal yang perlu diperhatikan agar permainan dapat berjalan dengan baik adalah kerja sama.
Kerja sama yang baik antara sesama pemegang bambu, agar gerakan harmonis dan tidak membahayakan pemain yang sedang melompat.
Untuk bekerja sama dengan baik perlu dilatih berkomunikasi yang baik. Berdiskusi sebelum permainan, berlatih bersama, saling memberi saran dengan bahasa yang santun adalah bagian dari kerja sama.
Masing-masing kelompok akan menceritakan pengalaman melakukan permainan dan sikap kerja sama yang sudah dilakukan berdasarkan daftar pertanyaan yang ada pada buku siswa.

Kegiatan
Penutup
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel