Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan 1 (berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan  1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  3 /1
Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                   :  Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan (Sub Tema 4)
Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke        :  1
Alokasi waktu             :  1 hari

A.   TUJUAN
  1. Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dengan tepat.
  2. Setelah membaca teks, siswa dapat menuliskan jenis-jenis tumbuhan sesuai dengan cara berkembangbiak dengan tepat.
  3. Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan tahapan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dengan tepat.
  4. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi macam-macam teknik potong dalam suatu karya keterampilan (merobek dan menggunting) dengan benar.
  5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat membuat karya dari macam-macam teknik potong dalam suatu karya keterampilan (merobek dan menggunting) dengan rapi.
  6. Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa dengan benar.
  7. Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yangmelibatkan pembagian dengan benar.



B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN 


Kegiatan
Pendahuluan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti
Ayo Mengamati 
Siswa membaca teks.
Siswa mengamati berbagai cara pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, lebih baik jika siswamengamati langsung berbagai tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi.
Siswa berdiskusi tentang berbagai jenis tumbuhan sesuai dengan cara berkembangbiak.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Siswa mengamati lingkungan sekitar dan mendata tumbuhan yang ada.

Ayo Berlatih 
Siswa bekerja secara kelompok dan membuat kumpulan/koleksi daun kering (herbarium). (Gotong Royong)
Siswa mengumpulkan daun kering yang ada di sekitar sekolah. Kumpulkan setiap daun lebih dari satu buah. Selain untuk membuat koleksi daun kering, sisa daun akan digunakan untuk kegiatan berikutnya membuat karya mozaik.
Langkah-langkah kegiatan dilakukan seperti berikut:
1. Bentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang siswa.
2. Diskusikan bersama kelompok, bahan dan alat serta jumlah daun yang akan dikumpulkan, untuk menentukan berapa banyak daun yang harus dikumpulkan oleh masing-masing anggota kelompok.
3. Upayakan daun yang diambil adalah daun yang sudah kering dan terjatuh agar tidak merusak tanaman. Ambil daun kering lebih banyak untuk kegiatan selanjutnya.
4. Setelah mengumpulkan bahan, siapkan media untuk menempel dan bahan lainnya yang diperlukan. Supaya lebih tahan lama, akan lebih baik jika daun kering dilaminasi atau dilapisi dengan isolasi.
5. Setelah ditempel, berikan keterangan nama tumbuhan dan cara berkembang biak.
6. Berikan identitas kelompok pada lembar paling awal, dan beri hiasan agar laporan koleksi daun kering tampak lebih menarik.

Ayo Berkreasi 
Siswa mengamati salah satu contoh kerajinan mozaik.
Siswa berlatih menghias gambar dengan tempelan daun kering yang disebut dengan kerajinan mozaik.
Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:
A. Ambillah beberapa helai daun kering.


B. Potong dengan tangan atau gunakan gunting

C. Tempelkan potongan daun tersebut pada gambar berikut ini.(Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih 
Siswa berlatih soal pembagian.
Contoh:
Udin dan kawan-kawan akan membuat sebuah karya kerajinan mozaik menggunakan biji-bjian. Pak guru memiliki 10 biji kacang merah yang akan dibagikan pada dua kelompok dengan jumlah yang diperoleh masing-masing sama banyak. Berapa banyak biji kacang merah yang didapatkan oleh setiap kelompok?Masih ingatkah kamu cara menyelesaikan soal tersebut?Perhatikan contoh penyelesaian berikut ini!
Tahapan penyelesaian.
Pindahkan 2 biji kacang merah dan simpan masing-masing biji pada dua tempat yang sudah disiapkan.

Kejadian di atas, dalam matematika ditulis: 10 – 2 = 8
Sekarang yang tertinggal ada 8  biji. Pindahkan dua biji kacang merah, masing-masing satu biji pada setiap tempat.

Kejadian di atas, dalam matematika ditulis:
8 – 2 = 6

Lakukan terus sampai biji dalam toples habis dan semua berpindah tempat.
Sekarang, tidak ada satu pun biji kacang yang tertinggal, dan ada lima biji kacang merah di masing-masing tempat.

Dalam matematika, kejadian seperti dalam gambar di atas, dituliskan 10 – 2 – 2 – 2 – 2 - 2 = 0. Pengurangan berulang sampai tidak ada yang tersisa, disebut juga dengan
istilah pembagian, dapat ditulis dalam bentuk lain seperti berikut 10 : 2 = 5.
Untuk bilangan yang lebih besar dilakukan cara pembagian dilakukan seperti berikut ini!
Misalnya   52 : 2(Critical Thinking and Problem Formulation)


Kegiatan
Penutup
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel