Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan 6 (berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan  6 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  3 /1
Tema                        :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                   :  Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan (Sub Tema 4)
Muatan Terpadu :  Bahasa Indonesia, PPkN, Matematika
Pembelajaran ke        :  6
Alokasi waktu             :  1 hari

TUJUAN 
  1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan mencangkok.
  2. Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang berkembang biak dengan cara mencangkok. 
  3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah dengan benar.
  4. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu  dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar.
  5. Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa dengan benar.
  6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian dengan benar.



B.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan 
Deskripsi Kegiatan 
Alokasi Waktu
Pembukaan 
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 Menit 

Ayo Mengamati 
Siswa membaca teks tentang proses mencangkok tanaman. Jika ada contoh hasil proses cangkok dan ada narasumber yang memahami proses pencangkokan, lebih baik kegiatan diskusi dan pengamatan langsung.

Ayo Menulis
Siswa berlatih menyelesaikan latihan soal terkait proses pencangkokan. (Critical Thinking and Problem Formulation)
Siswa mengamati kata-kata baru yang ditemui, lalu menuliskan dan mencari artinya di kamus.

Ayo Bercerita 
Siswa berdiskusi tentang berbagai kegiatan kerja sama yang biasa dilakukan di rumah.
Siswa menuliskan kegiatan kerja sama yang biasa dilakukan di rumah.
Siswa menuliskan pendapat tentang berbagai kegiatan kerja sama.
Siswa menceritakan pendapatnya di depan teman-teman.
(Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih 
Kegiatan terakhir, siswa berlatih menyelesaikan soal-soal pembagian sesuai contoh yang diberikan. (Mandiri)
Siswa berlatih membuat soal cerita pembagian.
(Critical Thinking and Problem Formulation)


 Penutup
  1.  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa
 15Menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel