RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan 6 (berbagi RPP)
Sabtu, 01 Agustus 2020
RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan 6 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 3 /1
Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan (Sub Tema 4)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN, Matematika
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 hari
TUJUAN
- Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan mencangkok.
- Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang disajikan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang berkembang biak dengan cara mencangkok.
- Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pembukaan
|
|
15 Menit
|
Ayo Mengamati
• Siswa membaca teks tentang proses mencangkok tanaman. Jika ada contoh hasil proses cangkok dan ada narasumber yang memahami proses pencangkokan, lebih baik kegiatan diskusi dan pengamatan langsung. Ayo Menulis • Siswa berlatih menyelesaikan latihan soal terkait proses pencangkokan. (Critical Thinking and Problem Formulation) • Siswa mengamati kata-kata baru yang ditemui, lalu menuliskan dan mencari artinya di kamus. Ayo Bercerita • Siswa berdiskusi tentang berbagai kegiatan kerja sama yang biasa dilakukan di rumah. • Siswa menuliskan kegiatan kerja sama yang biasa dilakukan di rumah. • Siswa menuliskan pendapat tentang berbagai kegiatan kerja sama. • Siswa menceritakan pendapatnya di depan teman-teman. (Creativity and Innovation) Ayo Berlatih • Kegiatan terakhir, siswa berlatih menyelesaikan soal-soal pembagian sesuai contoh yang diberikan. (Mandiri) • Siswa berlatih membuat soal cerita pembagian. (Critical Thinking and Problem Formulation) | ||
Penutup
|
|
15Menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4