RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Subtema 4 Aku Istimewa 1 (berbagirpp)
Senin, 03 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa1 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
Sub Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan mengamati teks
sederhana tentang keberagaman, siswa dapat menunjukkan huruf vokal dalam
suatu kata yang terkait dengan aku istimewa dengan tepat.
- Setelah mengidentifikasi
kosa kata yang berkaitan dengan aku
istimewa, siswa dapat melafalkan huruf vokal yang terdapat pada kosa kata
tersebut dengan tepat.
- Dengan mengamati foto
keluarga, siswa dapat menggali informasi tentang ciri khas masing-masing
individu di rumah dengan tepat.
- Setelah memperoleh
informasi mengenai ciri khas anggota keluarga, siswa dapat menceritakan
pengalaman mengenal kekhasan masing-masing anggota keluarga dalam
kebersamaan di rumah dengan lancar.
- Dengan mengamati boneka
kulit jagung, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam
membuat karya kerajinan dengan tepat.
- Dengan menyimak cara
membuat boneka kulit jagung yang diperagakan oleh guru, siswa dapat
membuat sebuah hiasan pensil berupa boneka kulit jagung.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A. Ayo Mengamati
1.
Guru mengawali
pembelajaran dengan menunjukkan gambar orang dari berbagai daerah di
Indonesia, siswa mengamati gambar tersebut.
2.
Guru menggugah rasa
ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
berhubungan dengan gambar yang diamati.
3.
Kemudian siswa
menyimak cerita guru tentang keberagaman masyarakat Indonesia seperti diceritakan di buku teks. Guru juga
menjelaskan bahwa setiap individu memiliki ciri khas yang membuatnya menjadi
istimewa.
4.
Selesai bercerita,
guru bertanya pada siswa mengenai kosa kata yang baru mereka dengar atau
belum tahu artinya.
5.
Guru menuliskan satu
persatu kata-kata yang disebutkan oleh siswa di papan tulis.
6.
Guru meminta siswa
untuk mengamati berbagai rangkaian huruf yang ada di papan tulis.
7.
Diskusikan dengan
siswa apakah huruf-huruf juga memiliki keistimewaan.
8.
Sampaikan bahwa setiap
huruf memiliki ciri khas sehingga semua istimewa dan saling melengkapi.
9.
Pilih satu kata dan
tunjuk satu persatu huruf yang tertera di papan tulis. Guru melafalkan huruf
A, I, U, E, O dan minta siswa untuk mengikuti setelah guru memberikan contoh
pelafalannya.
10. Pilih satu kata dan minta siswa secara bersama-sama melafalkan huruf
vokal yang terdapat pada kata tersebut. Lakukan untuk beberapa kata yang
lain.
11. Di sela-sela diskusi dan penjelasan, guru selalu memberi kesempatan
kepada siswa untuk bertanya.
12. Guru meminta siswa untuk mengeluarkan foto keluarga yang telah ditugaskan
sebelumnya dan mengamatinya.
13. Tanyakan pada siswa, apakah persamaannya dan perbedaan dari masing-masing
anggota keluarga.
14. Sampaikan bahwa setiap individu memiliki ciri khas. Walaupun berasal dari
satu keluarga, setiap individu pasti memiliki persamaan dan perbedaan.
15. Setelah mengamati foto, minta siswa untuk mencatat ciri khas dari setiap
anggota keluarga.
16. Kemudian minta siswa untuk duduk berpasangan dan bertukar cerita mengenai
pengalaman mengenal kekhasan anggota keluarga di rumah.
17. Selesai bercerita, minta siswa untuk berkumpul (Kegiatan dapat dilakukan
di luar kelas).
B. Ayo Berlatih
1.
Siswa mengerjakan buku
siswa mengenai huruf vokal.
2.
Selesai mengerjakan,
minta siswa untuk kembali berkumpul dan melakukan aktivitas berikutnya.
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
C. Ayo Berkreasi
1.
Siswa menyimak
penjelasan guru mengenai berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang juga memiliki
ciri khas. Tumbuhan memiliki bagian-bagian yang memiliki manfaat. Selain
sumber makanan, tumbuhan juga dapat digunakan untuk membuat karya kerajinan.
2.
Guru menjelaskan
tentang apa itu karya kerajinan. Guru juga bisa menyiapkan contoh karya yang sudah dibuat sebelumnya berupa boneka.
3.
Siswa mengamati boneka
kulit jagung yang dibawa oleh guru. Biarkan siswa mengidentifikasi bagian
dari pohon jagung yang dapat dimanfaatkan untuk membuat karya kerajinan.
4.
Guru menunjukkan
lembaran kulit jagung yang sudah diolah agar dapat dijadikan prakarya.
5.
Berikut cara membuat
lembaran kulit jagung
·
Pilih kulit jagung
yang sudah dianggap cukup umur, sekitar 3 bulan.
·
Kemudian kulit jagung
dilepaskan satu persatu dari tongkolnya dan dipilih sesuai lembarannya.
·
Lembaran daun pertama
hingga daun ketiga dipisah karena lembaran tersebut merupakan kualitas yang
terbaik.
·
Kulit jagung yang
sudah dipilih selanjutnya direbus dengan pewarna/wantex, perebusan selama
satu jam dan dibolak-balik agar warnanya merata.
·
Kemudian kulit jagung
diangkat ditiriskan dan dikeringkan, dengan cara dinagin-anginkan jangan
dijemur diterik matahari karena kulit jagung nanti menjadi pecah.
·
Kulit jagung yang
sudah kering selanjutnya disetrika dengan suhu sedang.
6.
Guru mendemonstrasikan
cara membuat boneka kulit jagung seperti yang tertera pada buku siswa.
7.
Setelah menyimak
peragaan guru, minta siswa untuk membuat boneka dari kulit jagung.
8.
Setelah selesai siswa
diminta merapikan bekas-bekas pekerjaannya
9.
Hasil karya yang sudah
dibuat dipajang di kelas.
10. Setelah memajang hasil karyanya, siswa kembali ke tempat duduk
(Creativity and
Innovation|)
|
140
menit
|
KegiatanPenutup
|
B. Kerja Sama dengan
Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15 Menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui ........, Juli ....
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
........................... ...........................
NIP. ................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Sub Tema 1
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Subtema 4 Aku Istimewa 1 (berbagirpp)"
Posting Komentar