Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Subtema 4 Aku Istimewa 1 (berbagirpp)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa1 (berbagirpp) - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 Hari



A.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati teks sederhana tentang keberagaman, siswa dapat menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku istimewa dengan tepat.
  2. Setelah mengidentifikasi kosa kata yang berkaitan dengan  aku istimewa, siswa dapat melafalkan huruf vokal yang terdapat pada kosa kata tersebut dengan tepat.
  3. Dengan mengamati foto keluarga, siswa dapat menggali informasi tentang ciri khas masing-masing individu di rumah dengan tepat.
  4. Setelah memperoleh informasi mengenai ciri khas anggota keluarga, siswa dapat menceritakan pengalaman mengenal kekhasan masing-masing anggota keluarga dalam kebersamaan di rumah dengan lancar.
  5. Dengan mengamati boneka kulit jagung, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat karya kerajinan dengan tepat.
  6. Dengan menyimak cara membuat boneka kulit jagung yang diperagakan oleh guru, siswa dapat membuat sebuah hiasan pensil berupa boneka kulit jagung.


B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
  menit
Kegiatan
Inti
A.   Ayo Mengamati
1.    Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar orang dari berbagai daerah di Indonesia, siswa mengamati gambar tersebut.

2.    Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
3.    Kemudian siswa menyimak cerita guru tentang keberagaman masyarakat Indonesia  seperti diceritakan di buku teks. Guru juga menjelaskan bahwa setiap individu memiliki ciri khas yang membuatnya menjadi istimewa.
4.    Selesai bercerita, guru bertanya pada siswa mengenai kosa kata yang baru mereka dengar atau belum tahu artinya.
5.    Guru menuliskan satu persatu kata-kata yang disebutkan oleh siswa di papan tulis.
6.    Guru meminta siswa untuk mengamati berbagai rangkaian huruf yang ada di papan tulis.
7.    Diskusikan dengan siswa apakah huruf-huruf juga memiliki keistimewaan.
8.    Sampaikan bahwa setiap huruf memiliki ciri khas sehingga semua istimewa dan saling melengkapi.
9.    Pilih satu kata dan tunjuk satu persatu huruf yang tertera di papan tulis. Guru melafalkan huruf A, I, U, E, O dan minta siswa untuk mengikuti setelah guru memberikan contoh pelafalannya.
10.  Pilih satu kata dan minta siswa secara bersama-sama melafalkan huruf vokal yang terdapat pada kata tersebut. Lakukan untuk beberapa kata yang lain.
11.  Di sela-sela diskusi dan penjelasan, guru selalu memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
12.  Guru meminta siswa untuk mengeluarkan foto keluarga yang telah ditugaskan sebelumnya dan mengamatinya.
13.  Tanyakan pada siswa, apakah persamaannya dan perbedaan dari masing-masing anggota keluarga.
14.  Sampaikan bahwa setiap individu memiliki ciri khas. Walaupun berasal dari satu keluarga, setiap individu pasti memiliki persamaan dan perbedaan.
15.  Setelah mengamati foto, minta siswa untuk mencatat ciri khas dari setiap anggota keluarga.
16.  Kemudian minta siswa untuk duduk berpasangan dan bertukar cerita mengenai pengalaman mengenal kekhasan anggota keluarga di rumah.
17.  Selesai bercerita, minta siswa untuk berkumpul (Kegiatan dapat dilakukan di luar kelas).

B.   Ayo Berlatih
1.    Siswa mengerjakan buku siswa mengenai huruf vokal.
2.    Selesai mengerjakan, minta siswa untuk kembali berkumpul dan melakukan aktivitas berikutnya.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

C.   Ayo Berkreasi
1.    Siswa menyimak penjelasan guru mengenai berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang juga memiliki ciri khas. Tumbuhan memiliki bagian-bagian yang memiliki manfaat. Selain sumber makanan, tumbuhan juga dapat digunakan untuk membuat karya kerajinan.
2.    Guru menjelaskan tentang apa itu karya kerajinan. Guru juga bisa menyiapkan contoh karya  yang sudah dibuat sebelumnya berupa boneka.
3.    Siswa mengamati boneka kulit jagung yang dibawa oleh guru. Biarkan siswa mengidentifikasi bagian dari pohon jagung yang dapat dimanfaatkan untuk membuat karya kerajinan.
4.    Guru menunjukkan lembaran kulit jagung yang sudah diolah agar dapat dijadikan prakarya.
5.    Berikut cara membuat lembaran kulit jagung
·         Pilih kulit jagung yang sudah dianggap cukup umur, sekitar 3 bulan.
·         Kemudian kulit jagung dilepaskan satu persatu dari tongkolnya dan dipilih sesuai lembarannya.
·         Lembaran daun pertama hingga daun ketiga dipisah karena lembaran tersebut merupakan kualitas yang terbaik.
·         Kulit jagung yang sudah dipilih selanjutnya direbus dengan pewarna/wantex, perebusan selama satu jam dan dibolak-balik agar warnanya merata.
·         Kemudian kulit jagung diangkat ditiriskan dan dikeringkan, dengan cara dinagin-anginkan jangan dijemur diterik matahari karena kulit jagung nanti menjadi pecah.
·         Kulit jagung yang sudah kering selanjutnya disetrika dengan suhu sedang.
6.    Guru mendemonstrasikan cara membuat boneka kulit jagung seperti yang tertera pada buku siswa.
7.    Setelah menyimak peragaan guru, minta siswa untuk membuat boneka dari kulit jagung.
8.    Setelah selesai siswa diminta merapikan bekas-bekas pekerjaannya
9.    Hasil karya yang sudah dibuat dipajang di kelas.
10.  Setelah memajang hasil karyanya, siswa kembali ke tempat duduk
(Creativity and Innovation|)

    140
    menit

KegiatanPenutup
B.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
15 Menit



C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.



   Mengetahui                                                                                                 ........, Juli ....
Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


...........................                                                                                        ...........................
NIP. ................... NIP. ....................


RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD  Tema 2
Sub Tema 1

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 1 Semester 1 Subtema 4 Aku Istimewa 1 (berbagirpp)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel