Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek 4 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek  4 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                           :  Organ Gerak Hewan dan Manusia ( Tema 1)
Sub Tema                  :  Kegiatan Berbasis Proyek (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke         :  4
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan membuat kliping, siswa dapat mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya dengan peduli.
  2. Dengan membuat karya tulis, siswa dapat membuat bacaan berdasarkan isi kliping dengan percaya diri.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.    Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.    Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.    Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi
10 menit
Inti
A.   Kegiatan 1
Kegiatan awal pembelajaran
  • Guru meminta siswa untuk kembali mengingat karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya.

Membuat Kliping
-          Dilakukan secara mandiri.
-          Dilakukan di dalam dan di luar kelas.
-          Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat bacaan.
-          Siswa mengumpuklan gambar.
-          Siswa menyusun gambar-gambar yang telah dikumpulkan menjadi sebuah kliping.
-          Selama kegiatan berlangsung, guru berkeliling dan membimbing siswa  yang
-          mengalami kesulitan.
-          Pada akhir kegiatan guru meminta masing-masing siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.Guru juga meminta masing-masing siswa menceritakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama membuat kliping.





Hasil yang diharapkan
-          Siswa mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negarakepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya.
-          Siswa terampil membuat kliping.
B.   Kegiatan 2
  • Guru meminta siswa untuk kembali mengingat cara menentukan dan membuat ide pokok bacaan dan mengembangkannya menjadi sebuah bacaan.
  • Guru mengajarkan cara membuat bacaan berdasarkan kliping, jadikan setiap setiap gambar pada kliping menjadi ide pokok untuk kemudian dikembangkan menjadi bacaan.
  • Guru memastikan siswa benar-benar memahami cara membuat ide pokok.
Membuat bacaan
-          Dilakukan secara mandiri.
-          Dilakukan di dalam kelas.
-          Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat bacaan.
-           
Hasil yang diharapkan
-          Siswa mengetahui langkah-langkah membuat bacaan berdasarkan kliping.
-          Siswa membuat bacaan berdasarkan kliping.

150 menit
Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                                          Guru Kelas 



 ..........................                                                                                     .......................
NIP. ..................                                                                                      NIP. ................


Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 5 Semester 1 Tema 1 Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek 4 (Berbagi RPP)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel