RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya 1 (Berbagi RPP)
Sabtu, 01 Agustus 2020
RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya 1 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1)
Sub Tema : Lingkungan dan Manfaatnya (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
RPP K13 1 Lembar Kelas 5 SD Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1)
Sub Tema : Lingkungan dan Manfaatnya (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara percaya diri
- Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara tanggung jawab.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembukaan
- Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
- Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Inti
- Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan gambar ilustrasi.
- Guru menstimulus pengetahuan dan daya analisa siswa dengan mengajukan pertanyaan pada buku siswa
- Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pra-test dan merangsang
- keingintahuan siswa untuk belajar lebih jauh lagi. Dengan demikian
- kegiatan awal pembelajaran awal ini dilakukan secara menarik dan interaktif.
Ayo Mengamati
- Siswa secara seksama mengamati rangkaian gambar.
- Siswa dibiarkan mengembangkan daya imajinasinya terhadap gambar.
- Selesai mengamati, arahkan siswa untuk menyajikan hasil pengamatan gambarnya menjadi ide-ide pokok.
- Setelah berhasil menentukan ide-ide pokok, siswa mengembangkannya menjadi sbeuah bacaan.
- Berikan kesemmpatan kepada tiap-tiap siswa untuk membacakan bacaannya.
- Untuk kemudian diberikan apresiasi dan penguatan.
Ayo Membaca
- Siswa membaca bacaan berjudul "Gerabah Dari Pulau Madura".
Ayo Menulis
- Siswa selesai membaca, dan mencari serta menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya. Siswa menulis bacaan berdasarkan ide-ide pokok yang ada pada buku siswa.
- Ayo Renungkan
- Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari berkaitan dengan bacaan tentang gerabah.
Hasil yang diharapkan
- Siswa meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang dicapainya.Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa meminta orang tuanya untuk menceritakan tentang profesinya.
- Siswa menyusun bacaan berdasarkan cerita orang tuanya secara menarik.
Kerja Sama dengan Orang Tua
- Siswa meminta orang tuanya untuk menceritakan tentang profesinya.
- Siswa menyusun bacaan berdasarkan cerita orang tuanya secara menarik.
- Hasil yang diharapkan
- Rasa ingin tahu.
- Kerja sama.
- Keterampilan mengumpulkan dan mengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan.
Penutup
- Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
- Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
- Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
- Penugasan dirumah
- Dengan bantuan orang tuanya, siswa mencari tahu mengenai profesi masyarakat di lingkungan sekitar.
- Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
- Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
NIP. .................. NIP. ................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
Kepala Sekolah, Guru Kelas
Subtema 1
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 5.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3