Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya 2 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya  1 - Berbagi RPP Team Pada kesempatan kali ini telah  menyiapkan contoh dan file download Dokument pembelajaran berupa RPP untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  5 /1
Tema                       :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1) 
Sub Tema                :  Lingkungan dan Manfaatnya (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke :  2
Alokasi waktu          :  1 Hari

A. TUJUAN 
  1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu memahami kelainan tulang sebagai salah satu organ gerak manusia dengan peduli.
  2. Dengan membaca, siswa mampu mengolah informasi dari bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf dengan tanggung jawab.
  3. Dengan menggambar, siswa dapat membuat komik dengan baik percaya diri.

B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pembukaan
  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti
Langkah-Langkah Pembelajaran
  • Siswa mengamati gambar dan membaca penjelasan kelainan organ gerak tulang manusia.
  • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan.

Ayo Berkreasi
  • Guru membimbing dan mengawasi siswa membuat model sederhana gangguan atau kelainan organ gerak manusia dari bahan tanah liat.
  • Guru selalu menekankan kebersihan, kerapian, dan keselamatan kerja selama kegiatan berlangsung.
  • Meskipun model sederhana, namun kelainan kerangka organ gerak manusia ini harus dibuat denganmemperhatikan proporsi dan anatominya.

Ayo Membaca 
  • Siswa diminta untuk membaca teks tentang "Posisi dan Sikap Duduk yang Benar dan Sehat".

Ayo Berkreasi
  • Secara mandiri siswa mengamati contoh gambar cerita (komik) berdasarkan bacaan.
  • Biarkan imajinasi dan rasa ingin tahu siswa terhadap komik berkembang dengan sendirinya terlebih dahulu.
  • Guru menstimulus siswa untuk menarik kesimpulan tentang gambar komik berdasarkan hasil pengamatannya terhadap contoh.
  • Guru dengan siswa merumuskan pengertian komik secara bersama-sama.
  • Setelah siswa memahami pengertian komik, siswa mencoba membuatnya dengan memilih salah satu tema yang telah ditentukan pada buku siswa.

Ayo Renungkan
  • Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  • Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat keterampilan mengungkapkan caranya menjaga organ gerak.

 Kerja Sama dengan Orang Tua
  • Bersama orang tuanya, siswa membuat gambar cerita berdasarkan perilaku-perilaku keseharian anggota keluarganya.
  • Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.

Hasil yang diharapkan
  • Mampu membuat gambar cerita dengan baik.
  • Mampu bekerja sama dengan orang lain.
  • Menjaga hubungan baik dengan orang tua.

Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 
  4. Penugasan dirumah
  5. Dengan bantuan orang tuanya, siswa membuat gambar cerita berdasarkan perilaku-perilaku keseharian anggota keluarganya.
  6. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  7. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian. 

RPP 1 Lembar Kelas 5

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                                          Guru Kelas 



 ..........................                                                                                     .......................
NIP. ..................                                                                                      NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel