RPP 1 Lembar Kelas 6 Semseter 1 Tema 1 Subtema 4 Pembiasan Literasi 1 (Berbagi RPP)
Minggu, 09 Agustus 2020
Tambah Komentar
RPP 1 Lembar Kelas 6 Semseter 1 Tema 1 Subtema 4 Pembiasan Literasi 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema :
Kegiatan Pembiasan Literasi (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu :
1 hari
Dengan adanya kegiatan literasi akan menumbuhkan keterampilan dalam
literasi siswa yang akan mempengaruhi keberhasilan belajar mereka dan
kehidupannya. Keterampilan literasi yang
baik akan membantu siswa dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun
gambar/visual.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
·
Apa
yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa
judul buku
·
Kira-kira
ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan
kamu membaca judul buku seperti ini
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
1. Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang
dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
2. Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
3. Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3
menit saja.
4. Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal
yang sama. Guru melakukan hal yang
sama untuk siswa ke tiga.
5. Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan
melakukan hal yang sama. Setiap hari
akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.
Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
1. Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
2. Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
3. Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat
bermanfaat bagi siswa karena guru bisa dijadikan contoh.
4. Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman di
sebelahnya. Guru berkeliling untuk
memastikan semua berpartisipasi aktif.
5. Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas
kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa juga guru meminta siswa
menyampaikan kata sulit kemudian guru menuliskannya di papan tulis).
6. Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru bertanya kepada siswa, siapa yang bisa
menemukan arti salah satu kata sulit tersebut.
7. Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa lain menanggapi.
8. Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu seterusnya.
9. Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan.
Kegiatan Menulis (30 menit)
1.
Kegiatan menulis bisa
dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
2.
Siswa diajak mengingat
satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis
dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari
Minggu, begitu seterusnya).
3.
Siswa kemudian
menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek,
berkebun, pergi ke kota, dsb). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan
mencantumkan apa yang dilakukan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan,
bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, dan
dimana mereka melakukan kegiatan.
4.
Setelah kegiatan
menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya
kepada teman kelompoknya.
5.
Setelah kegiatan
menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya
kepada teman kelompoknya. 1. Kegiatan
menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
6.
Siswa diajak mengingat
satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya
7.
(apabila kegiatan
menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada
hari Minggu, begitu seterusnya).
8.
Siswa kemudian
menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek,
berkebun, pergi ke kota, dsb). Gurumengingatkan siswa untuk menulis dengan
mencantumkan apa yang dilakukan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana
kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, dan dimana
mereka melakukan kegiatan.
9.
Setelah kegiatan
menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya
kepada teman kelompoknya.
10. Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk
membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.
|
75
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
B. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
C. Siswa diberikan kesempatan berbicara
/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
D. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi
E. Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Subtema 2
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 6 Semseter 1 Tema 1 Subtema 4 Pembiasan Literasi 1 (Berbagi RPP)"
Posting Komentar