Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 6 Semseter 1 Tema 1 Subtema 4 Pembiasan Literasi 1 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 6 Semseter 1 Tema 1 Subtema 4 Pembiasan Literasi  1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  6 /1
Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                   : Kegiatan Pembiasan Literasi (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke        :  1
Alokasi waktu             :  1 hari


Dengan adanya kegiatan literasi akan menumbuhkan keterampilan dalam literasi siswa yang akan mempengaruhi keberhasilan belajar mereka dan kehidupannya.  Keterampilan literasi yang baik akan membantu siswa dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual.


B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN



Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/menulis 15-20  menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat, cerita inspirasi atau motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

    15
    menit
Kegiatan
Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
1.      Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman-temannya.
2.      Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
3.      Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3 menit saja.
4.      Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama.  Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ke tiga.
5.      Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama.  Setiap hari akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.

Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
1.      Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
2.      Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
3.      Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama.  Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena guru bisa dijadikan contoh.
4.      Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman di sebelahnya.  Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi aktif.
5.      Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru menuliskannya di papan tulis).
6.      Guru membahas satu kata sulit dengan siswa.  Guru bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata sulit tersebut. 
7.      Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut.  Siswa lain menanggapi. 
8.      Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain.  Begitu seterusnya.
9.      Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan.

Kegiatan Menulis (30 menit)
1.     Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
2.     Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
3.     Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, dan dimana mereka melakukan kegiatan.
4.     Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.
5.     Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya. 1.  Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
6.     Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya
7.     (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
8.     Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb). Gurumengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, dan dimana mereka melakukan kegiatan.
9.     Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.
10.  Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.
    75
    menit

Kegiatan
Penutup
A.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
B.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
C.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
D.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi
E.    Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)
    15
    menit





C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 6 Semester 1

Mengetahui
  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................
 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 6 Semseter 1 Tema 1 Subtema 4 Pembiasan Literasi 1 (Berbagi RPP)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel