RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 2 (Berbagi RPP)
Sabtu, 01 Agustus 2020
RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 2 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ayo Berdiskusi
Ayo Berkreasi
Kegiatan Penutup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah membaca cerita, siswa mampu menemukan contoh pelaksanaan sila-sila Pancasila terkait menyayangi hewan dengan benar.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan pendapat terkait penerapan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
- Setelah mengamati berbagai contoh patung Nusantara, siswa mampu merencanakan pewarnaan dan desain/motif patung.
- Dengan menggunakan bahan pewarna yang ada, siswa mampu mewarnai dan membuat motif patung.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
- Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
- Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
- Kegiatan
- Inti Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
- Guru mengajak siswa mengingat kegiatan yang sudah mencerminkan sila kelima dari Pancasila. Siswa kemudian berdiskusi dan guru membimbing dan menguatkan hasil diskusi.
Ayo Berdiskusi
- Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca cerita. Guru kemudian mengajukan pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
- Secara individu, siswa menuliskan pendapatnya tentang penerapan sikap yang sesuai dengan sila Pancasila yang dilakukan oleh tokoh Lina.(Mandiri)
- Guru mendiskusikan jawabannya secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan.
- Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai Pancasila.
- Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian.
- (Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berkreasi
- Siswa mengamati kerajinan patung tanah liat melalui gambar atau dalam bentuk asli apabila memungkinkan.
- Dengan menggunakan peralatan yang dibawa dari rumah, siswa dapat membuat motif dan mewarnai patungnya.
- Guru mengingatkan siswa agar berhati-hati dalam pengerjaannya.
- Setelah waktu habis, siswa harus meletakkan dan merapikan peralatan.
- (Creativity and Innovation)
Kegiatan Penutup
- Kerja Sama dengan Orang Tua
- Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
- Peserta Didik :
- Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
- Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1
Subtema 2
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 6.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc