Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 2 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 2 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  6 /1
Tema                       :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu :  PPkN, SBdP 
Pembelajaran ke     :  2
Alokasi waktu          :  1 hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah membaca cerita, siswa mampu menemukan contoh pelaksanaan sila-sila Pancasila terkait menyayangi hewan dengan benar.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan pendapat terkait penerapan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
  3. Setelah mengamati berbagai contoh patung Nusantara, siswa mampu merencanakan pewarnaan dan desain/motif patung.
  4. Dengan menggunakan bahan pewarna yang ada, siswa mampu mewarnai dan membuat motif patung.

B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN 
Kegiatan Pendahuluan

  • Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  • Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
  • Kegiatan
  • Inti Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
  • Guru mengajak siswa mengingat kegiatan yang sudah mencerminkan sila kelima dari Pancasila. Siswa kemudian berdiskusi dan guru membimbing dan menguatkan hasil diskusi.

Ayo Berdiskusi

  • Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca cerita. Guru kemudian mengajukan pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
  • Secara individu, siswa menuliskan pendapatnya tentang penerapan sikap yang sesuai dengan sila Pancasila yang dilakukan oleh tokoh Lina.(Mandiri)
  • Guru mendiskusikan jawabannya secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan.
  • Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai Pancasila.
  • Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian.
  • (Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Berkreasi

  • Siswa mengamati kerajinan patung tanah liat melalui gambar atau dalam bentuk asli apabila memungkinkan.
  • Dengan menggunakan peralatan yang dibawa dari rumah, siswa dapat membuat motif dan mewarnai patungnya.
  • Guru mengingatkan siswa agar berhati-hati dalam pengerjaannya.
  • Setelah waktu habis, siswa harus meletakkan dan merapikan peralatan.
  • (Creativity and Innovation)

Kegiatan Penutup

  1. Kerja Sama dengan Orang Tua
  2. Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. 
  3. Peserta Didik :
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 
  4. Guru :
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
  5. Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 6

Mengetahui
  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................
 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel