Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 1 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  6 /1
Tema                       :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema               : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu      :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS 
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu          :  1 hari

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah membaca teks laporan pengamatan, siswa mampu menemukan ide pokok dengan bantuan diagram.  
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis kesimpulan dengan terperinci.
  3. Setelah membaca teks, siswa mampu menjawab pertanyaan tentang pelestarian hewan dengan tepat.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan cara melestarikan hewan di lingkungan setempat dengan tepat.
  5. Setelah membaca teks tentang kehidupan politik di negara ASEAN, siswa mampu menyebutkan kehidupan politiknya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.
  6. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang  perbedaan kehidupan politik dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN 

Kegiatan
Pendahuluan

  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Ayo Mengamati

  • Guru membuka pembelajaran dengan mengajak siswa untuk menyampaikan apa yang mereka ketahui tentang hewan dan tumbuhan terkait perkembangbiakan, manfaat atau pelestariannya apabila memungkinkan. 
  • Setiap siswa menuliskan masing-masing dua hal. Guru mendiskusikannya secara klasikal. Setiap siswa bisa menanyakan hal yang belum jelas. (Mandiri, Critical Thinking and Problem Fomulation)
  • iswa diminta untuk mengamati gambar dan menjawab pertanyaannya. Guru memberi waktu sekitar lima menit.  Jawaban siswa didiskusikan secara klasikal. Guru dapat memberi penguatan.
  • Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
  • Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.
  • Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks dan menjawab pertanyaannya. Guru dapat memberikan penguatan.(Collaburation)

 Ayo Menulis

  • Setiap siswa melanjutkan kegiatan dengan menulis informasi tentang hewan yang ada di sekitar berdasarkan: 
  • ciri-ciri khusus dan habitat asli,
  •  manfaat hewan,
  • jumlah populasinya saat ini,
  • penyebab kelangkaan,
  •  langkah-langkah yang dilakukan pemerintah daerah untuk melindungi kelestariannya, dan
  • langkah-langkahmu sebagai pelajar untuk melindungi kelestariannya.Siswa menyampaikan tulisannya di kelompoknya.

Ayo Berdiskusi

  • Siswa membaca teks tentang pelestarian hewan dan tumbuhan “Ayo Lestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka Indonesia”. Guru memberikan waktu sekitar tiga menit kepada siswa.
  • Siswa kemudian menuliskan ide pokok dari bacaan dan mendiskusikannya dengan teman di sebelah atau di kelompok. Setiap siswa mendengarkan masukan dan memperbaiki tulisannya. Guru memberikan penguatan.
  • Berdasarkan penguatan guru, siswa kemudian menulis kesimpulan dari apa yang dibaca dan didiskusikan. Siswa diingatkan agar menggunakan kosakata baku.
  • Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa.
  • (Critical Thinking and Problem Formulation)


Ayo Membaca 

  • Siswa membaca teks tentang kehidupan politik dan kondisi geografis negara-negara ASEAN.
  • Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan politiknya.  Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan kembali apa yang dibacanya.
  • Guru memberikan penguatan tentang kehidupan politik negara ASEAN.
  • Pada pertemuan sebelumnya, siswa memilih dua negara ASEAN dan menuliskan kehidupan ekonominya.
  • Untuk melengkapi informasi dua negara tersebut, siswa diminta untuk membandingkan negara-negara tersebut dari kehidupan politiknya. Siswa menyampaikan hasilnya kepada teman di sebelahnya.



Kegiatan Penutup

  1. Kerja Sama dengan Orang Tua
  2. Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. 
  3. Peserta Didik :
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. 
  4. Guru :
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
  5. Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

RPP 1 Lembar Kelas 6

Mengetahui
  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................
 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD  Tema 1 
Subtema 2

RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD  Tema 1 
Subtema 3
RPP K13 1 Lembar Kelas 6 SD  Tema 1 
Subtema 4

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel