Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia 6

RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia 6 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  3 /1
Tema                           :  Menyayangi Tumbuhan dan Hewan (Tema 2)
Sub Tema                   :  Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia, PPkN, Matematika
Pembelajaran ke        :  6
Alokasi waktu             :  1 hari

A.   TUJUAN
1.    Dengan mengamati teks dongeng, siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan gambar.
2.    Dengan membaca teks dongeng, siswa dapat menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng dengan tepat.
3.    Dengan mengamati teks dongeng, siswa dapat menuliskan perbuatan baik yang dilakukan oleh tokoh dongeng.
4.    Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan arti penting bersikap baik kepada sesama sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
5.    Dengan mengingat peristiwa yang telah dialami, siswa dapat menceritakan pengalaman mendoakan orang lain dengan gambar sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yang dilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
6.    Dengan kegiatan  review, siswa dapat menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan dengan tepat.
7.    Dengan kegiatan review, siswa dapat menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan untuk menyelesaikan soal-soal dengan tepat.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN



   
      Kegiatan
     Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
      Kegiatan
      Inti
      Ayo Bercerita
·         Siswa membaca teks dongeng “Petani yang Baik Hati” yang ada pada buku siswa.
·         Siswa menceritakan kembali isi dongeng dengan menggambarkannya pada tempat yang tersedia. (Creativity and Innovation)                                                                                                                                   



      Ayo Menulis
·         Siswa menuliskan pesan yang terdapat pada dongeng “Petani yang Baik Hati”.
·         Siswa mengamati perbuatan baik yang dilakukan oleh tokoh pada dongeng dan me  nulis  kannya pada tempat yang tersedia. (Mandiri, Creativity and Innovation)

      Ayo Berdiskusi
·         Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok mendiskusikan pertanyaan “Mengapa kita harus berbuat baik kepada semua makhluk hidup, khususnya kepada tanaman?” dan perbuatan baik yang telah mereka lakukan. Perbuatan baik yang didiskusikan adalah saat mendoakan orang lain.
·         Selama siswa berdiskusi, guru mengamati proses diskusi yang terjadi pada setiap kelompok. Sesekali bergabung pada beberapa kelompok yang memerlukan penengah dalam berdiskusi.
·         Setiap siswa menuliskan hasil diskusinya pada tempat yang tersedia di buku siswa.
·         Siswa mengambarkan perbuatan baik yang pernah dilakukannya, yaitu saat mendoakan orang lain.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

      Ayo Berlatih
·         Setelah semua siswa menyelesaikan menggambar, siswa memperhatikan review dari guru tentang konsep pertukaran pada penjumlahan.
·         Siswa mengerjakan latihan membuat bentuk penjumlahan yang memiliki sifat pertukaran berdasarkan cerita pada soal. (Critical Thinking and Problem Formulation)
·         Siswa yang telah selesai mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru.
      Kegiatan
      Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

Belum ada Komentar untuk "RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia 6"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel