RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 1 (berbagi rpp)
Kamis, 23 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
.......................... ..........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI .....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Kegemaranku (Tema 2)
Sub Tema : Gemar Berolahraga (Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan mengamati gambar
permainan dan olahraga, siswa dapat memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan
dengan tepat.
2. Dengan menirukan kata-kata yang
dibacakan oleh guru, siswa dapat menambah kosakata tentang cara memelihara
kesehatan dengan tepat dan percaya diri.
3. Melalui kegiatan membaca dan
mengajak teman memeragakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang olahraga
sebagai cara memelihara kesehatan dengan tepat.
4. Dengan menyimak teks yang
disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku saat
bermain atau berolahraga dengan tepat.
5. Dengan mengamati dan
mengidentifikasi gambar, siswa dapat melaporkan informasi tentang hal-hal yang
boleh dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
6. Dengan menyimak teks yang
disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi bunyi alam dan bunyi buatan
dengan tepat.
7. Dengan mengamati gambar dan
menyanyikan lagu tentang tepuk tangan, siswa dapat memeragakan bunyi alam dan
bunyi buatan dengan tepat dan percaya diri.
B. MATERI
· Cara Memelihara Kesehatan
· Hal-Hal Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Bermain
Atau Berolahraga
· Bunyi Alam Dan Bunyi Buatan Dengan Menyanyikan Lagu
“Tepuk Tangan”.
C. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A. Ayo
Mengamati
1.
Siswa
menyimak teks yang dibacakan oleh guru.
2.
Guru
mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar beberapa jenis permainan dan
olahraga yang menyehatkan.
3.
Guru
menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
4.
Guru
memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
·
Apakah
kamu suka bermain?
·
Permainan
apa yang kamu sukai?
·
Tahukah
kamu permainan lain yang menyehatkan?
5.
Kemudian
guru dapat menstimulasi diskusi kelas tentang permainan dan olahraga yang
menyenangkan hati juga bermanfaat bagi kesehatan yang biasa dimainkan siswa
sehari-hari.
6.
Siswa
menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
7.
Guru
memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
·
Siapa
yang bermain lompat tali?
·
Apa
yang dilakukan Siti selesai bermain?
·
Apakah
kamu suka bermain di luar rumah?
·
Apa
yang kamu lakukan setelah bermain?
(Critical Thinking and Problem
Formulation)
8.
Siswa
kembali menyimak cerita yang dibacakan oleh guru.
9.
Guru
memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan.
·
Tahukah
kamu bunyi peluit?
10. Siswa diminta menirukan bunyi peluit.
B. Ayo
Membaca
1.
Siswa
menirukan kata-kata yang dibacakan guru tentang jenis-jenis olahraga dan
permainan.
2.
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang makna kata-kata yang
telah dibaca.
C. Ayo
Mencoba
1.
Setelah
membaca nyaring dan mengulang kosakata tentang permainan dan olahraga, siswa
mengamati gambar-gambar pada buku siswa.
2.
Siswa
mengidentifikasi gambar kegiatan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan
dengan cara memberi tanda centang pada gambar kegiatan yang menyehatkan, dan
memberi tanda silang pada gambar kegiatan yang tidak menyehatkan.
3.
Siswa
mengamati gambar dan menirukan bunyi benda yang terdapat pada gambar.
4.
Siswa
mengidentifikasi gambar dengan mencantumkan tanda centang untuk bunyi-bunyian
alam dan tanda silang untuk bunyi-bunyian buatan.
5.
Guru
menstimulasi siswa untuk berdiskusi tentang sumber-sumber bunyi yang telah
diidentifikasi dan ditirukan.
·
Bunyi
angin, petir, sungai, hujan, binatang, dan bunyi lain yang dapat ditemukan di
alam, tercipta bukan karena manusia yang sengaja membuatnya merupakan
bunyi-bunyian alam.
·
Sedangkan
bunyi gitar, bel sepeda, dan bedug adalah suara yang dibuat oleh manusia,
disebut pula bunyi buatan.
D. Ayo
Berlatih
1.
Siswa
mengamati gambar dengan seksama.
2.
Siswa
mengidentifikasi sikap yang terdapat dalam gambar.
4.
Siswa
membuat gambar pada gambar anak yang tidak mematuhi
aturan.
5.
Siswa
melaporkan gambar apa saja yang mereka temukan.
6.
Guru
menstimulasi siswa untuk menyampaikan pendapatnya mengenai gambar-gambar yang
telah diidentifikasi, berkaitan dengan sikap anak-anak di dalam gambar. (Critical
Thinking and Problem Formulation)
E. Ayo
Bernyanyi
1.
Siswa
menyanyikan lagu ‘Tari Tepuk Tangan’ ciptaan Pak Kasur bersama-sama.
2.
Siswa
bernyanyi sambil bertepuk tangan dan bergerak sesuai lirik lagu.
3.
Guru
mengamati kegiatan bernyanyi, sambil melakukan penilaian sikap.
(Creativitty and Innovation)
|
140
menit
|
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 2
Sub Tema 1