Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku Aku Merawat Tubuhku Part 3 (berbagirpp.com)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku Aku Merawat Tubuhku Part 3 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                   :  Aku Merawat Tubuhku (Sub Tema 3 )
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu            :  1 Hari


A.    TUJUAN
  1. Dengan mengamati contoh finger painting, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri finger painting sebagai karya dua dimensi dengan tepat dan percaya diri.
  2. Dengan mengamati pembuatan cat untuk finger painting, siswa dapat menyebutkan alat dan bahan untuk membuat finger painting dengan tepat dan percaya diri.
  3. Dengan mengamati guru memperagakan cara membuat finger painting, siswa dapat mendemonstrasikan cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat finger painting dengan benar dan percaya diri.
  4. Dengan kegiatan diskusi bersama teman, siswa dapat menentukan ide/gagasan, tema dan objek untuk membuat karya finger painting sesuai dengan tema merawat tubuh.
  5. Dengan mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat finger painting, siswa dapat menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya finger painting dengan tepat.
  6. Dengan mengamati poster urutan mencuci tangan, siswa dapat menemukan informasi mengenai cara mencuci tangan dengan benar sebagai aturan dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Dengan mempraktikkan cara mencuci tangan yang tepat, siswa dapat menerapkan kebiasaan mencuci tangan secara benar dengan disiplin di rumah maupun sekolah.
  8. Dengan melakukan berbagai cara duduk saat menulis melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukkan cara duduk yang baik saat menulis dengan tepat.
  9. Dengan melakukan berbagai cara memegang pensil saat menulis melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukkan cara memegang pensil yang benar saat menulis dengan tepat.
  10. Dengan melakukan berbagai cara meletakkan buku saat menulis melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukkan cara meletakkan buku yang benar saat menulis dengan tepat.
  11. Dengan menentukan cara duduk yang baik saat menulis pada buku siswa, siswa dapat mendemonstrasikan cara duduk yang baik saat menulis dengan percaya diri.
  12. Dengan menentukan cara memegang pensil yang baik saat menulis pada buku siswa, siswa dapat mendemonstrasikan cara memegang pensil yang tepat saat menulis dengan percaya diri.
  13. Dengan menentukan cara meletakkan buku yang tepat saat menulis pada buku siswa, siswa dapat mendemonstrasikan cara meletakkan buku yang tepat saat menulis dengan percaya diri.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
A.    Ayo Mengamati
1.     Guru membuka pelajaran dengan bercerita menggunakan boneka jari tentang keluarga jari-jemari yang saling membantu untuk menempelkan kertas besar di salah satu sudut sekolah.
2.     Guru bercerita bahwa keluarga jari telah saling membantu untuk mempersiapkan kegiatan belajar siswa hari ini.
3.     Sampaikan pada siswa bahwa tangan merupakan bagian tubuh yang harus dirawat dan dijaga kebersihannya.
4.     Guru meminta siswa untuk mengamati tubuh masing-masing setelah melakukan finger painting.
5.     Guru menanyakan pada siswa apakah ada yang tangan dan kakinya terkena sisa-sisa cat?
6.     Guru mengajak siswa untuk berdiskusi mengenai apa yang akan terjadi jika tangan dan kaki masih kotor sedangkan sepulang sekolah aktivitas dilakukan di rumah. (Critical Thinking and Problem Formulation)
7.     Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi kemudian melakukan kegiatan membersihkan tangan berdasarkan cara yang mereka ketahui.
8.     Setelah siswa membersihkan tangan, Guru meminta siswa untuk mengamati cerita yang terdapat dalam buku siswa.
9.     Bimbing siswa untuk menggali informasi dari cerita mengenai cara menjaga kebersihan tangan dan kaki, kemudian mendiskusikannya bersama-sama melalui cara tanya jawab.
10.  Guru mengajak siswa untuk menyebutkan kembali hasil diskusi mengenai kegunaan dari jari-jemari atau tangan.
11.  Guru menunjukkan buku dan pensil yang terletak di meja dan menanyakan pada siswa bagaimana caranya agar buku dan pensil tersebut dapat digunakan. Apakah tangan diperlukan agar dapat menggunakan kedua benda tersebut? (Siswa tentu akan menjawab Ya).
12.  Sampaikan pada siswa, gunakan tanganmu untuk menyiapkan buku dan pensil karena siswa akan belajar menulis.
13.  Setelah seluruh siswa siap, tunjukkan pada siswa poster mengenai berbagai cara duduk saat menulis.
14.  Minta siswa untuk menirukan berbagai posisi yang terdapat pada gambar, dan rasakan posisi yang paling membuat mereka nyaman.
15.  Diskusikan dengan siswa hasil praktik yang telah dilakukan untuk menarik kesimpulan cara duduk yang paling tepat.
16.  Ulangi kegiatan serupa untuk cara memegang pensil dan cara meletakkan buku dengan benar.
17.  Bagi siswa menjadi 3 kelompok sesuai dengan kegiatan persiapan menulis permulaan. Tiap kelompok memiliki tugas untuk memilih poster yang paling tepat, dan menempelkannya di kelas. (Gotong Royong)

B.    Ayo Berkreasi
1.     Guru menunjukkan beberapa contoh dari finger painting pada siswa sebagai salah satu contoh penggunaan jari-jemari untuk berkreasi.
2.     Berikan kesempatan pada siswa untuk mengamati karya finger painting melalui aktivitas melihat dan meraba.
3.     Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.
4.     Lakukan tanya jawab dengan siswa sehingga siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri finger painting setelah melakukan pengamatan sebelumnya. (Collaburation)
5.     Ajak siswa untuk membuat bahan pewarna untuk finger painting. (Creativity and Innovation)
6.     Tanyakan pada siswa alat dan bahan apa saja yang sekiranya dapat digunakan untuk membuat bahan pewarna finger painting.
7.     Tunjukkan pada siswa alat dan bahan untuk membuat finger painting yang telah disiapkan sambil menyebutkan namanya.
8.     Ulangi kembali kegiatan menunjukkan alat dan bahan membuat finger painting pada siswa, namun kali ini biarkan mereka menyebutkan namanya tanpa bantuan guru.
9.     Jelaskan pada siswa mengenai berbagai jenis bahan pewarna yang dapat digunakan untuk membuat finger painting termasuk yang berbahaya jika termakan. Sampaikan bahwa cat yang akan dibuat merupakan bahan makanan dan aman jika tertelan.
10.  Di sela-sela diskusi dan penjelasan, guru selalu memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
C.    Ayo Berlatih
1.     Guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan pada buku siswa. (Critical Thinking anf Problem Formulation)

D.    Ayo Mencoba
1.     Guru menanyakan pada siswa apakah mereka telah melakukan kegiatan membersihkan tangan sesuai dengan informasi yang diperoleh dari cerita yang telah diamati.
2.     Guru menunjukkan gambar/poster urutan mencuci tangan.
3.     Biarkan siswa mengamati cara mencuci tangan dengan tepat yang terdapat dalam poster dan melakukan langkah-langkahnya bersama-sama.
4.     Tanyakan pada siswa apakah mereka telah melakukan kegiatan merawat kebersihan tangan dan kaki di rumah secara teratur?
5.     Merawat tubuh merupakan aturan yang harus dilakukan dengan disiplin.
6.     Guru menyampaikan bahwa merawat dan menjaga kebersihan tubuh juga merupakan salah satu bentuk syukur pada Tuhan atas anugerah yang telah diberikanNya
7.     Sampaikan bahwa merawat dan menjaga kebersihan tubuh harus dilakukan secara teratur dan harus dijadikan kebiasaan di rumah.
    140
    menit

Kegiatan
Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

rpp

Mengetahui
                    Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


                    ..........................                                                                                        ..........................
                    NIP. ....................                                                                                      NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD  Tema 2
Sub Tema 1  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel