RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku Aku Merawat Tubuhku Part 3 (berbagirpp.com)
Kamis, 23 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku Aku Merawat Tubuhku Part 3 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku Merawat Tubuhku (Sub Tema 3 )
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan mengamati contoh
finger painting, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri finger painting
sebagai karya dua dimensi dengan tepat dan percaya diri.
- Dengan mengamati pembuatan
cat untuk finger painting, siswa dapat menyebutkan alat dan bahan untuk
membuat finger painting dengan tepat dan percaya diri.
- Dengan mengamati guru
memperagakan cara membuat finger painting, siswa dapat mendemonstrasikan
cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat finger painting dengan benar
dan percaya diri.
- Dengan kegiatan diskusi
bersama teman, siswa dapat menentukan ide/gagasan, tema dan objek untuk
membuat karya finger painting sesuai dengan tema merawat tubuh.
- Dengan mengidentifikasi
cara menggunakan alat dan bahan untuk membuat finger painting, siswa dapat
menyiapkan alat dan bahan untuk membuat karya finger painting dengan
tepat.
- Dengan mengamati poster
urutan mencuci tangan, siswa dapat menemukan informasi mengenai cara
mencuci tangan dengan benar sebagai aturan dalam kehidupan sehari-hari.
- Dengan mempraktikkan cara
mencuci tangan yang tepat, siswa dapat menerapkan kebiasaan mencuci tangan
secara benar dengan disiplin di rumah maupun sekolah.
- Dengan melakukan berbagai
cara duduk saat menulis melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukkan
cara duduk yang baik saat menulis dengan tepat.
- Dengan melakukan berbagai
cara memegang pensil saat menulis melalui pengamatan gambar, siswa dapat
menunjukkan cara memegang pensil yang benar saat menulis dengan tepat.
- Dengan melakukan berbagai
cara meletakkan buku saat menulis melalui pengamatan gambar, siswa dapat
menunjukkan cara meletakkan buku yang benar saat menulis dengan tepat.
- Dengan menentukan cara
duduk yang baik saat menulis pada buku siswa, siswa dapat
mendemonstrasikan cara duduk yang baik saat menulis dengan percaya diri.
- Dengan menentukan cara
memegang pensil yang baik saat menulis pada buku siswa, siswa dapat
mendemonstrasikan cara memegang pensil yang tepat saat menulis dengan
percaya diri.
- Dengan menentukan cara
meletakkan buku yang tepat saat menulis pada buku siswa, siswa dapat
mendemonstrasikan cara meletakkan buku yang tepat saat menulis dengan
percaya diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Ayo Mengamati
1.
Guru membuka pelajaran
dengan bercerita menggunakan boneka jari tentang keluarga jari-jemari yang
saling membantu untuk menempelkan kertas besar di salah satu sudut sekolah.
2.
Guru bercerita bahwa
keluarga jari telah saling membantu untuk mempersiapkan kegiatan belajar
siswa hari ini.
3.
Sampaikan pada siswa
bahwa tangan merupakan bagian tubuh yang harus dirawat dan dijaga
kebersihannya.
4.
Guru meminta siswa
untuk mengamati tubuh masing-masing setelah melakukan finger painting.
5.
Guru menanyakan pada
siswa apakah ada yang tangan dan kakinya terkena sisa-sisa cat?
6.
Guru mengajak siswa
untuk berdiskusi mengenai apa yang akan terjadi jika tangan dan kaki masih
kotor sedangkan sepulang sekolah aktivitas dilakukan di rumah. (Critical
Thinking and Problem Formulation)
7.
Guru dan siswa
menyimpulkan hasil diskusi kemudian melakukan kegiatan membersihkan tangan
berdasarkan cara yang mereka ketahui.
8.
Setelah siswa
membersihkan tangan, Guru meminta siswa untuk mengamati cerita yang terdapat
dalam buku siswa.
9.
Bimbing siswa untuk
menggali informasi dari cerita mengenai cara menjaga kebersihan tangan dan
kaki, kemudian mendiskusikannya bersama-sama melalui cara tanya jawab.
10. Guru mengajak siswa untuk menyebutkan kembali hasil diskusi mengenai
kegunaan dari jari-jemari atau tangan.
11. Guru menunjukkan buku dan pensil yang terletak di meja dan menanyakan
pada siswa bagaimana caranya agar buku dan pensil tersebut dapat digunakan.
Apakah tangan diperlukan agar dapat menggunakan kedua benda tersebut? (Siswa
tentu akan menjawab Ya).
12. Sampaikan pada siswa, gunakan tanganmu untuk menyiapkan buku dan pensil
karena siswa akan belajar menulis.
13. Setelah seluruh siswa siap, tunjukkan pada siswa poster mengenai berbagai
cara duduk saat menulis.
14. Minta siswa untuk menirukan berbagai posisi yang terdapat pada gambar,
dan rasakan posisi yang paling membuat mereka nyaman.
15. Diskusikan dengan siswa hasil praktik yang telah dilakukan untuk menarik
kesimpulan cara duduk yang paling tepat.
16. Ulangi kegiatan serupa untuk cara memegang pensil dan cara meletakkan
buku dengan benar.
17. Bagi siswa menjadi 3 kelompok sesuai dengan kegiatan persiapan menulis
permulaan. Tiap kelompok memiliki tugas untuk memilih poster yang paling
tepat, dan menempelkannya di kelas. (Gotong
Royong)
B.
Ayo Berkreasi
1.
Guru menunjukkan
beberapa contoh dari finger painting pada siswa sebagai salah satu contoh
penggunaan jari-jemari untuk berkreasi.
2.
Berikan kesempatan
pada siswa untuk mengamati karya finger painting melalui aktivitas melihat
dan meraba.
3.
Guru menggugah rasa
ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
berhubungan dengan gambar yang diamati.
4.
Lakukan tanya jawab
dengan siswa sehingga siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri finger painting
setelah melakukan pengamatan sebelumnya. (Collaburation)
5.
Ajak siswa untuk
membuat bahan pewarna untuk finger painting. (Creativity and Innovation)
6.
Tanyakan pada siswa
alat dan bahan apa saja yang sekiranya dapat digunakan untuk membuat bahan
pewarna finger painting.
7.
Tunjukkan pada siswa
alat dan bahan untuk membuat finger painting yang telah disiapkan sambil
menyebutkan namanya.
8.
Ulangi kembali kegiatan
menunjukkan alat dan bahan membuat finger painting pada siswa, namun kali ini
biarkan mereka menyebutkan namanya tanpa bantuan guru.
9.
Jelaskan pada siswa
mengenai berbagai jenis bahan pewarna yang dapat digunakan untuk membuat
finger painting termasuk yang berbahaya jika termakan. Sampaikan bahwa cat
yang akan dibuat merupakan bahan makanan dan aman jika tertelan.
10. Di sela-sela diskusi dan penjelasan, guru selalu memberi kesempatan
kepada siswa untuk bertanya.
C. Ayo Berlatih
1.
Guru meminta siswa
untuk mengerjakan latihan pada buku siswa. (Critical Thinking anf Problem
Formulation)
D. Ayo Mencoba
1.
Guru menanyakan pada
siswa apakah mereka telah melakukan kegiatan membersihkan tangan sesuai
dengan informasi yang diperoleh dari cerita yang telah diamati.
2.
Guru menunjukkan
gambar/poster urutan mencuci tangan.
3.
Biarkan siswa
mengamati cara mencuci tangan dengan tepat yang terdapat dalam poster dan
melakukan langkah-langkahnya bersama-sama.
4.
Tanyakan pada siswa
apakah mereka telah melakukan kegiatan merawat kebersihan tangan dan kaki di
rumah secara teratur?
5.
Merawat tubuh
merupakan aturan yang harus dilakukan dengan disiplin.
6.
Guru menyampaikan
bahwa merawat dan menjaga kebersihan tubuh juga merupakan salah satu bentuk
syukur pada Tuhan atas anugerah yang telah diberikanNya
7.
Sampaikan bahwa
merawat dan menjaga kebersihan tubuh harus dilakukan secara teratur dan harus
dijadikan kebiasaan di rumah.
|
140
menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 2
Sub Tema 1