RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 2 (berbagi RPP)
Kamis, 23 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 2 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
.......................... ..........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
1 /1
Tema : Kegemaranku (Tema 2)
Sub Tema : Gemar Bernyanyi dan Menari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi waktu :
1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan membaca syair lagu
Andaikan Aku Punya Sayap, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan sayang
untuk orang tua dengan tepat.
- Dengan menyanyikan lagu
Andaikan Aku Punya Sayap siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan
sayang dalam syair lagu Andai Aku Punya Sayap yang telah didengar dengan
tepat.
- Melalui kegiatan diskusi
tentang gerakan daun berguguran dan burung terbang, siswa dapat membedakan
gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat.
- Dengan menirukan
gerakan-gerakan alam, siswa dapat memeragakan gerak cepat dan lambat
anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat dan percaya diri.
- Setelah membaca teks,
siswa dapat menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam
hubungan dengan adik di rumah dengan tepat.
- Dengan kegiatan bernyanyi
bersama adik, siswa dapat bermain bersama adik di rumah dengan sikap yang
tepat dan percaya diri.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Ayo Bernyanyi
1. Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar
halaman depan sub tema 1, guru meminta salah satu siswa membaca teks di
halaman depan.
2. Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Andaikan Aku
Punya Sayap Ciptaan Titiek Puspa.
3. Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan
pertanyaan
·
Tahukah
kamu lagu tersebut?
·
Lagu
tersebut bercerita tentang apa?
(Creativity and Innovation)
4. Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi
untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan lagu yang
dinyanyikan.
5. Guru menjelaskan kepada siswa bahwa siswa akan
melakukan kegiatan bernyanyi lagu Sayang Semuanya di rumah, bersama adik.
6. Orang tua akan mengamati dan memberikan nilai terhadap
kegiatan bersama adik tersebut.
B.
Ayo Mencoba
1. Siswa membuat tanda √ untuk kalimat yang sesuai dan
tanda X untuk kalimat yang tidak sesuai dengan lagu Andaikan Aku Punya Sayap
2. Kemudian siswa menyanyikan lagu Andaikan Aku Punya
Sayap dengan ekspresi yang tepat.
3. Siswa mengisi tabel gerak cepat/lambat.
4. Setelah selesai, guru membahas jawaban-jawaban siswa.
5. Siswa menirukan gerakan-gerakan alam yang ada dalam
tabel.
6. Siswa memeragakan tarian tersebut di depan kelas.
C. Ayo
Berdiskusi
1. Dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 3 orang,
siswa berdiskusi tentang bagaimana gerakan daun berguguran dan gerakan burung
terbang.
2. Guru menyampaikan kepada siswa, setiap siswa dalam
kelompok diskusi harus memberikan usulan gerakan-gerakan daun berguguran dan
burung terbang.
3. Guru mendampingi diskusi siswa.
4. Kemudian siswa menentukan gerakan untuk berlatih
bersama.
5. Siswa diminta menceritakan hasil pemikirannya, apa yang
harus dilakukan jika adiknya suka menari di atas tempat tidur.
6. Siswa membaca teks tentang adik di buku siswa.
(Critical Thinking and Problem Solving)
D.
Ayo Membaca
1. Siswa membaca cerita di buku siswa. (Mnadiri)
2. Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan
pertanyaan:
·
Apakah
kalian setuju dengan kakak di dalam cerita?
·
Apakah
yang dilakukan kakak benar? (Guru dapat menstimulasi siswa untuk memberikan
alasan atas jawaban siswa. Mengapa menjawab benar? Mengapa menjawab salah?
Jika salah, bagaimana yang seharusnya?)
E. Ayo
Menulis
1. Siswa menuliskan 5 (lima) hal baik yang dilakukan untuk
adik. Nomor 1 telah diberikan sebagai contoh. Minta siswa untuk menebalkan
jawaban nomor 1 dan menuliskan pendapat mereka sendiri di nomor 2, 3, 4, dan
5.
2. Guru membahas jawaban-jawaban siswa.
(Creativity and Innovation)
|
140
menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 2
Sub Tema 1