Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 2 (berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 2  - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  1 /1
Tema                           :  Kegemaranku (Tema 2)
Sub Tema                   :   Gemar Bernyanyi dan Menari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan membaca syair lagu Andaikan Aku Punya Sayap, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan sayang untuk orang tua dengan tepat.
  2. Dengan menyanyikan lagu Andaikan Aku Punya Sayap siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang dalam syair lagu Andai Aku Punya Sayap yang telah didengar dengan tepat.
  3. Melalui kegiatan diskusi tentang gerakan daun berguguran dan burung terbang, siswa dapat membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat.
  4. Dengan menirukan gerakan-gerakan alam, siswa dapat memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat dan percaya diri.
  5. Setelah membaca teks, siswa dapat menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan adik di rumah dengan tepat.
  6. Dengan kegiatan bernyanyi bersama adik, siswa dapat bermain bersama adik di rumah dengan sikap yang tepat dan percaya diri.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
A.   Ayo Bernyanyi
1.    Guru mengawali pembelajaran dengan menunjukkan gambar halaman depan sub tema 1, guru meminta salah satu siswa membaca teks di halaman depan.
2.    Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Andaikan Aku Punya Sayap Ciptaan Titiek Puspa.
3.    Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan
·         Tahukah kamu lagu tersebut?
·         Lagu tersebut bercerita tentang apa?
(Creativity and Innovation)
4.    Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan lagu yang dinyanyikan.
5.    Guru menjelaskan kepada siswa bahwa siswa akan melakukan kegiatan bernyanyi lagu Sayang Semuanya di rumah, bersama adik.
6.    Orang tua akan mengamati dan memberikan nilai terhadap kegiatan bersama adik tersebut.

B.   Ayo Mencoba
1.    Siswa membuat tanda √ untuk kalimat yang sesuai dan tanda X untuk kalimat yang tidak sesuai dengan lagu Andaikan Aku Punya Sayap
2.    Kemudian siswa menyanyikan lagu Andaikan Aku Punya Sayap dengan ekspresi yang tepat.
3.    Siswa mengisi tabel gerak cepat/lambat.
4.    Setelah selesai, guru membahas jawaban-jawaban siswa.
5.    Siswa menirukan gerakan-gerakan alam yang ada dalam tabel.
6.    Siswa memeragakan tarian tersebut di depan kelas.

C.   Ayo Berdiskusi
1.    Dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 3 orang, siswa berdiskusi tentang bagaimana gerakan daun berguguran dan gerakan burung terbang.
2.    Guru menyampaikan kepada siswa, setiap siswa dalam kelompok diskusi harus memberikan usulan gerakan-gerakan daun berguguran dan burung terbang.
3.    Guru mendampingi diskusi siswa.
4.    Kemudian siswa menentukan gerakan untuk berlatih bersama.
5.    Siswa diminta menceritakan hasil pemikirannya, apa yang harus dilakukan jika adiknya suka menari di atas tempat tidur.
6.    Siswa membaca teks tentang adik di buku siswa.
(Critical Thinking and Problem Solving)

D.   Ayo Membaca
1.    Siswa membaca cerita di buku siswa. (Mnadiri)
2.    Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
·         Apakah kalian setuju dengan kakak di dalam cerita?
·         Apakah yang dilakukan kakak benar? (Guru dapat menstimulasi siswa untuk memberikan alasan atas jawaban siswa. Mengapa menjawab benar? Mengapa menjawab salah? Jika salah, bagaimana yang seharusnya?)

E.    Ayo Menulis
1.    Siswa menuliskan 5 (lima) hal baik yang dilakukan untuk adik. Nomor 1 telah diberikan sebagai contoh. Minta siswa untuk menebalkan jawaban nomor 1 dan menuliskan pendapat mereka sendiri di nomor 2, 3, 4, dan 5.
2.    Guru membahas jawaban-jawaban siswa.
(Creativity and Innovation)
    140
    menit

Kegiatan
Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

rpp

Mengetahui
                    Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


                    ..........................                                                                                        ..........................
                    NIP. ....................                                                                                      NIP. ....................


RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD  Tema 2
Sub Tema 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel