RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 3
Selasa, 28 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 3 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan :
SD/MI .....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema
: Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh
dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan posisi yang tepat saat
duduk dan membaca.
2. Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh
dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan jarak yang tepat antar
mata dan objek saat membaca.
3. Dengan menyanyi, siswa dapat membilang 1 sampai
dengan 10 dengan bantuan jari tangan.
4. Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi
banyaknya benda dalam suatu kelompok dan menunjukkan lambang bilangannya.
5. Dengan mengamati gambar dan mendengarkan
penjelasan guru, siswa dapat menggali informasi tentang waktu yang tepat untuk
tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Guru memancing siswa
dengan bertanya apakah ada yang suka membaca? Buku apa yang suka dibaca?
Minta siswa mendemonstrasikan posisi duduk dan jarak mata dengan objek saat
membaca di rumah.
2.
Guru mengamati para
siswa.
3.
Setelah itu, guru
memperlihatkan gambar yang menunjukkan posisi tutuh yang tepat saat dudu.
Guru juga memperlihatkan gambar yang menunjukkan poisisi tubuh dan jarak mata
dengan objek saat membaca.
4.
Guru bertanya pada
siswa apa pendapat mereka tentang gambar-gambar tersebut. Minta siswa
membandingkan antara gambar dengan posisi tubuh mereka saat duduk dan membaca
yang mereka demonstrasikan.
5.
Guru lalu
mendemonstrasikan posisi tubuh sesuai dengan gambar yang barusan
diperlihatkan, baik posisi tubuh yang tepat maupun yang salah.
6.
Minta siswa mengamati.
Minta mereka menunjukkan mana posisi tubuh guru yang benar dan mana yang
salah.
7.
Guru lalu meminta
siswa mendemonstrasikan posisi tubuh yang tepat saat duduk berdasarkan
informasi dan demonstrasi yang sudah para siswa lihat.
8.
Guru mengamati,
mengevaluasi, dan membetulkan posisi tubuh para siswa saat duduk. Guru
meminta siswa berdiri, lalu duduk kembali dengan posisi tubuh yang tepat.
Kegiatan ini diulang beberapa kali sampai para siswa memahami posisi tubuh
yang tepat saat duduk.
9.
Begitu pula untuk
mengatur jarak mata dengan objek saat membaca. Guru meminta siswa
mendemonstrasikan posisi tubuh saat duduk sekaligus mengatur jarak antara
mata dan objek saat membaca. Bila posisi tubuh saat duduk tepat, maka akan
memudahkan siswa untuk mengatur jarak mata dengan objek saat membaca.
10. Setelah itu, guru meminta siswa untuk berdiri. Sambil menyanyi, siswa
diajak untuk mengenal nama-nama jari sambil menunjukkan jari yang dimaksud.
(lihat buku siswa di halaman 53).
11. Guru mengajak siswa untuk membilang 1 sampai dengan 10 dengan menggunakan
jari. Kegiatan ini diulang beberapa kali.
12. Guru lalu menunjuk beberapa siswa secara acak. Guru menyebutkan
bilangannya, siswa menunjukkan dengan jari sesuai dengan bilangan yang
dimaksud. Sebaliknya, guru menunjukkan jari, siswa menyebut bilangan yang
sesuai dengan jari tersebut.
13. Untuk menguatkan, guru meminta siswa mengamati gambar di halaman 52.
Siswa diminta menjawab pertanyaan yang ada di teks bacaan di halaman 52
menggunakan jari. (teks dibacakan oleh guru).
14. Kemudian, guru meminta siswa berlatih mengerjakan soal di halaman 54.
Siswa mengerjakan sambil duduk dengan posisi tubuh yang tepat serta mengatur
jarak antara mata dengan buku siswa.
15. Setelah selesai mengerjakan soal, guru kembali bertanya jawab dengan
siswa. Guru menanyakan rutinitas di rumah saat hendak tidur di malam hari dan
bangun di pagi hari. Rutinitas di malam hari termasuk, waktu saat tidur
malam, kegiatan yang dilakukan sebelum tidur malam, waktu bangun di padi
hari, dan kegiatan yang dilakukan setelah bangun di pagi hari.
16. Guru mengapresiasi jawaban siswa. Guru lalu dengan meminta siswa
mengamati gambar di buku siswa pada halaman 56.
17. Guru lalu menunjuk beberapa siswa secara acak untuk minta siswa untuk
menceritakan apa yang dilakukan oleh Siti di gambar tersebut dan
membandingkannya dengan rutinitas siswa tersebut di rumah saat akan tidur dan
bangun pagi.(Creativity and Innovation)
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 2
Sub Tema 1