RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 5
Selasa, 28 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 5 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
Satuan Pendidikan :
SD/MI .....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi waktu
: 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa
dapat menyusun huruf-huruf nama anggota tubuh.
2. Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapapt
membaca nama bilangan dari lambang bilangan 1 sampai dengan 10.
3. Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih,
siswa dapat membaca lambang bilangan 1 sampai dengan 10.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Guru menunjukkan kembali gambar
bagian-bagian tubuh (saat pembelajaran 1) dan menempelnya di papan tulis.
Gambar tersebut sudah dilengkapi dengan kartu nama bagian-bagian tubuh.
2.
Guru ingin mengetahui apakah para siswa
masih ingat dengan nama bagian-bagain tubuh. Guru meminta salah seorang siswa
untuk maju ke depan kelas. Guru menyebutkan satu bagian tubuh dan meminta
siswa tersebut untuk menunjuk gambar bagian tubuh yang dimaksud serta membaca
kartu nama bagian tubuh tersebut. Setelah membaca kartu nama bagian tubuh,
siswa juga menyebutkan huruf-huruf penyusunnya. (Critical Thinking and Problem
Formulation)
3.
Guru meminta siswa yang lain lagi untuk
melakukan kegiatan yang sama dengan nama bagian tubuh yang berbeda.
4.
Guru kemudian meminta semua siswa untuk
membaca nama bagian-bagian tubuh bersama-sama beserta huruf-huruf
penyusunnya.
5.
Guru lalu memulai permainan. Gambar
bagian-bagian tubuh tetap terpasang, tapi kartu namanya disimpan terlebih
dulu.
6.
Guru membagi siswa
dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf
dari a sampai z. (Gotong Royong)
7.
Setiap kelompok diminta melihat buku siswa
di halaman 62. Bersama teman kelompok, siswa berlatih menyusun huruf-huruf
penyusun nama bagian-bagain tubuh. Setelah disusun, dilafalkan huruf-huruf
penyusunnya dan menceritakan tentang banyaknya anggota tubuh tersebut.
8.
Guru berkeliling dan mengamati kerja di
setiap kelompok. Saat waktu mengerjakan selesai, guru meminta setiap kelompok
untuk maju ke depan kelas secara bergiliran.
9.
Setiap kelompok menunjukkan kartu-kartu
huruf penyusun nama bagian tubuh. Ada anggota kelompok yang melafalkan
huruf-huruf penyusunnya dan ada yang menceritakan tentang banyaknya bagian
tubuh itu.
10. Siswa
lalu kembali ke tempat duduk masing-masing dan mengerjakan latihan di buku
siswa halaman 63 secara individu. Bila telah selesai, siswa menutup buku dan
kembali konsentrasi ke guru.(Mnadiri)
11. Guru membuat kartu lambang bilangan 1 sampai 10.
12. Guru mengambil satu kartu lambang bilangan dan menempelnya di papan
tulis. Minta
siswa untuk menyebutkan lambang bilangan apa yang dimaksud.
13. Guru
mengambil kartu lambang bilangan yang lain dan mengulangi kegiatan seperti di
no 11 sampai semua kartu bilangan ditempel.
14. Guru
meminta siswa untuk mengurutkan kartu lambang bilangan tersebut dari 1 sampai
dengan 10.
15. Satu per satu guru menempel kartu nama untuk setiap lambang bilangan.
Sambil menempel kartu nama, guru membacanya dan meminta siswa menirukannya.
Misal, “Lambang bilangan ini, dibaca satu.” Begitu seterusnya sampai semua
kartu nama bilangan selesai ditempel. (lihat buku siswa
halaman 64)
16. Guru
mengulangi lagi membaca kartu nama bilangan dan ditirukan oleh siswa.
17. Guru
menunjuk kartu-kartu lambang bilangan secara acak dan minta beberapa siswa
untuk membaca lambang bilangan tersebut.
18. Setelah
itu siswa kembali dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan. Setiap
kelompok akan bermain tebak lambang bilangan dan namanya. (lihat buku siswa
halaman 65)
19. Guru
menyampaikan aturan permainannya. Setiap kelompok akan mendapatkan giliran
untuk memberi soal tentang lambang dan nama bilangan serta menjawab soal.
Setiap kelompok akan maju secara bergiliran dengan cara diundi.
20. Kelompok
yang mendapat giliran untuk memberi soal maju ke depan kelas sedangkan yang
giliran menjawab tetap di tempatnya. Kelompok yang
maju memberikan soal tentang lambang bilangan dan namanya.
·
Contoh: kelompok yang maju meminta kelompok
yang menjawab soal untuk membilang anggota tubuh tertentu. Kelompok yang
menjawab soal menunjukkan kartu bilangan dan menyebutkan nama bilangannya
sesuai banyaknya anggota tubuh yang dimaksud.
·
Bisa juga kelompok pemberi soal menunjukkan
kartu bilangan tertentu, lalu kelompok yang menjawab akan menyebutkan anggota
tubuh yang memiliki jumlah sesuai dengan kartu bilangan dan membaca nama
bilangannya.
21. Kegiatan
ini dilakukan sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan
menjawab soal. Guru memastikan semua lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10
dapat dimainkan.
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 2
Sub Tema 1