Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 5

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Part 5 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                   :  Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu            :  1 Hari



A.    TUJUAN
1.     Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf nama anggota tubuh.
2.     Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapapt membaca nama bilangan dari lambang bilangan 1 sampai dengan 10.
3.     Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat membaca lambang bilangan 1 sampai dengan 10.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15
    menit
Kegiatan
Inti
1.     Guru menunjukkan kembali gambar bagian-bagian tubuh (saat pembelajaran 1) dan menempelnya di papan tulis. Gambar tersebut sudah dilengkapi dengan kartu nama bagian-bagian tubuh.
2.     Guru ingin mengetahui apakah para siswa masih ingat dengan nama bagian-bagain tubuh. Guru meminta salah seorang siswa untuk maju ke depan kelas. Guru menyebutkan satu bagian tubuh dan meminta siswa tersebut untuk menunjuk gambar bagian tubuh yang dimaksud serta membaca kartu nama bagian tubuh tersebut. Setelah membaca kartu nama bagian tubuh, siswa juga menyebutkan huruf-huruf penyusunnya. (Critical Thinking and Problem Formulation)
3.     Guru meminta siswa yang lain lagi untuk melakukan kegiatan yang sama dengan nama bagian tubuh yang berbeda.
4.     Guru kemudian meminta semua siswa untuk membaca nama bagian-bagian tubuh bersama-sama beserta huruf-huruf penyusunnya.
5.     Guru lalu memulai permainan. Gambar bagian-bagian tubuh tetap terpasang, tapi kartu namanya disimpan terlebih dulu.
6.     Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf dari a sampai z. (Gotong Royong)
7.     Setiap kelompok diminta melihat buku siswa di halaman 62. Bersama teman kelompok, siswa berlatih menyusun huruf-huruf penyusun nama bagian-bagain tubuh. Setelah disusun, dilafalkan huruf-huruf penyusunnya dan menceritakan tentang banyaknya anggota tubuh tersebut.

8.     Guru berkeliling dan mengamati kerja di setiap kelompok. Saat waktu mengerjakan selesai, guru meminta setiap kelompok untuk maju ke depan kelas secara bergiliran.
9.     Setiap kelompok menunjukkan kartu-kartu huruf penyusun nama bagian tubuh. Ada anggota kelompok yang melafalkan huruf-huruf penyusunnya dan ada yang menceritakan tentang banyaknya bagian tubuh itu.
10.  Siswa lalu kembali ke tempat duduk masing-masing dan mengerjakan latihan di buku siswa halaman 63 secara individu. Bila telah selesai, siswa menutup buku dan kembali konsentrasi ke guru.(Mnadiri)
11.  Guru membuat kartu lambang bilangan 1 sampai 10.
12.  Guru mengambil satu kartu lambang bilangan dan menempelnya di papan tulis. Minta siswa untuk menyebutkan lambang bilangan apa yang dimaksud.
13.  Guru mengambil kartu lambang bilangan yang lain dan mengulangi kegiatan seperti di no 11 sampai semua kartu bilangan ditempel.
14.  Guru meminta siswa untuk mengurutkan kartu lambang bilangan tersebut dari 1 sampai dengan 10.
15.  Satu per satu guru menempel kartu nama untuk setiap lambang bilangan. Sambil menempel kartu nama, guru membacanya dan meminta siswa menirukannya. Misal, “Lambang bilangan ini, dibaca satu.” Begitu seterusnya sampai semua kartu nama bilangan selesai ditempel. (lihat buku siswa halaman 64)
16.  Guru mengulangi lagi membaca kartu nama bilangan dan ditirukan oleh siswa.
17.  Guru menunjuk kartu-kartu lambang bilangan secara acak dan minta beberapa siswa untuk membaca lambang bilangan tersebut.
18.  Setelah itu siswa kembali dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan. Setiap kelompok akan bermain tebak lambang bilangan dan namanya. (lihat buku siswa halaman 65)
19.  Guru menyampaikan aturan permainannya. Setiap kelompok akan mendapatkan giliran untuk memberi soal tentang lambang dan nama bilangan serta menjawab soal. Setiap kelompok akan maju secara bergiliran dengan cara diundi.
20.  Kelompok yang mendapat giliran untuk memberi soal maju ke depan kelas sedangkan yang giliran menjawab tetap di tempatnya. Kelompok yang maju memberikan soal tentang lambang bilangan dan namanya.
·         Contoh: kelompok yang maju meminta kelompok yang menjawab soal untuk membilang anggota tubuh tertentu. Kelompok yang menjawab soal menunjukkan kartu bilangan dan menyebutkan nama bilangannya sesuai banyaknya anggota tubuh yang dimaksud.
·         Bisa juga kelompok pemberi soal menunjukkan kartu bilangan tertentu, lalu kelompok yang menjawab akan menyebutkan anggota tubuh yang memiliki jumlah sesuai dengan kartu bilangan dan membaca nama bilangannya.
21.  Kegiatan ini dilakukan sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Guru memastikan semua lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10 dapat dimainkan.

    140
    menit
Kegiatan
Penutup
A.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                   
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
    15
    menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

berbagirpp.com


Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 


 ..........................                                                                                           .......................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel