RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku tubuhku Part 5
Selasa, 28 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku tubuhku Part 5 (berbagirpp.com) - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan :
SD/MI .....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema
: Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
1.
Dengan bermain kartu bilangan, siswa dapat mengidentifikasi bilangan 1
sampai dengan 10.
2.
Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat menulis bilangan
1 sampai dengan 10.
3.
Dengan bermain kartu huruf, siswa dapat megidentifikasi dan melafalkan
huruf konsonan yang hilang dari nama temannya.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
A. Ayo Berlatih
1.
Guru meminta siswa
mengamati benda-benda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya.
Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak
penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung
banyaknya benda di kelas? (Critical Thinking and Problem Solving).
2.
Kemudian minta siswa
mengamati gambar di halaman 22 dan menjawab pertanyaan dari gambar tersebut.
3.
Guru menyampaikan
bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal
lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan. (Communication)
4.
Guru membagi siswa
dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang
bilangan dari 1 sampai dengan 10. (Gotong
Royong).
5.
Setiap kelompok
duduk membentuk lingkaran.
6.
Guru menjelaskan
aturan bermain. Ada kelompok siswa yang memberi soal, ada kelompok yang akan
menjawab soal itu.
7.
Guru akan mengundi kelompok
mana yang memberi soal dan yang menjawab soal. Apabila kelompok yang mendapat
kesempatan untuk menjawab soal tidak bisa, maka kelompok lain akan berlomba
untuk menjawab soal tersebut (rebutan). (Creativity and Innovation)
8.
Setiap kelompok
mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Oleh karena itu setiap
kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang soal. (Creativity
and Innovation)
9.
Soal yang dimaksud
adalah setiap kelompok menyediakan/ menunjuk/ membawa beberapa jenis benda
yang tertentu banyaknya.
10. Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi
soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke
depan kelas. Kelompok 1 meminta kelompok 2 untuk membilang benda yang
disediakan/ditunjuk/dibawa. Setelah membilang, kelompok 2 memilih lambang
bilangan yang sesuai dan mengangkat kartunya. (lihat buku siswa halaman 23)
11. Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi
dan menjawab soal.
12. Untuk menguatkan siswa tentang konsep bilangan dan lambangnya, minta
siswa mengerjakan latihan di halaman 24-25. (Critical Thinking and Problem
Formulation).
13. Untuk menguatkan siswa tentang huruf, minta siswa mengerjakan latihan di
halaman 27.
B. Ayo Mencoba
1.
Guru mengambil kembali
kartu lambang bilangan dari setiap kelompok dan membagikan 2 jenis kartu yang
lain. Kartu apakah itu?
2.
Guru membagikan 3
kartu nama yang tidak lengkap hurufnya (kartu nama yang dibagikan sesuai
dengan nama anggota kelompok) dan 1 set kartu huruf a-z ke masing-masing
kelompok.
3.
Aturan permainan sama
dengan permainan tebak lambang bilangan, yaitu setiap kelompok akan mendapat
giliran untuk memberi soal dan menjawab soal dengan cara diundi.
4.
Sebagai contoh,
kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat
giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1
mengalungkan kartu nama yang sesuai kepada 3 siswa anggotanya.
5.
Kelompok 2 menyebutkan
nama pemilik kartu, menebak huruf yang hilang, dan mengangkat kartu huruf
sesuai huruf yang hilang dari kartu nama tersebut. (lihat buku siswa halaman
26)
6.
Begitu seterusnya
sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.
|
140
menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
.......................... ..........................
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 2
Sub Tema 1