RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku tubuhku Part 2 (berbagirpp.com)
Kamis, 23 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku tubuhku Part 2 (berbagirpp.com) - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 Hari
A.
TUJUAN
1. Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan
bagian-bagian tubuh.
2. Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat
menyebutkan bacaan nama bagian-bagian tubuh.
3. Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi
gerak anggota tubuh.
4. Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat
menunjukkan aturan tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan
makan makanan yang sehat.
5. Dengan berlatih, siswa dapat mengenali kosa kata
dan memasangkan bagian-bagian tubuh dengan namanya.
6. Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan
aturan saat makan di
rumah.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengenal Anggota Tubuh dengan
Bernyanyi
1. Untuk mencairkan suasana, guru mengajak siswa untuk menyanyi bersama “Dua
mata saya”. (lihat buku siswa halaman 2)(Collaburation)
2.
Sambil menyanyikan lagu “Dua mata saya”, siswa menunjuk bagian-bagian
tubuh sesuai dengan teks lagu. (Creativity
and Innovation)
3.
Setelah itu, guru menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh dan
menempelnya di papan tulis.
4.
Minta siswa mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh tersebut
belum ada namanya.
5.
Guru lalu bertanya pada siswa apakah ada yang mengetahui nama-nama
bagian tubuh pada gambar yang ditempel di papan tulis. Guru mengapresiasi
jawaban siswa yang mau menjawab dengan meminta siswa tersebut untuk
menunjukkan bagian tubuh sesuai dengan jawabannya. (Communication)
6.
Guru memancing siswa lain untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian
tubuh.
7.
Guru meminta semua siswa untuk mengecek jawaban mereka. Guru lalu
mengambil kartu kata nama-nama anggota tubuh.
8.
Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan
membacakannya. Minta salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut
di dekat bagian tubuh sesuai dengan yang dimaksud.
9.
Guru memperlihatkan kartu yang lain, membacakannya, dan meminta siswa
yang lain untuk menempel kartu nama tersebut. Begitu seterusnya sampai semua
kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.
10. Guru dan siswa mengecek bersama. Guru menunjuk
salah satu bagian tubuh dan menyebutkan namanya. Guru lalu membaca kartu nama
anggota tubuh yang tertempel di dekat anggota tubuh tersebut. Cocok atau
tidak ya antara nama anggota tubuh di kartu dengan anggota tubuh yang
dimaksud. (Collaburation)
11. Jika ada kartu nama yang salah tempel, minta
siswa lain untuk membetulkannya.
12. Setelah semua kartu nama anggota tubuh sudah
dicek, guru lalu membacakan semua kartu nama anggota tubuh sambil menunjuk
anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan bacaan dari guru. (lihat buku
siswa halaman 39)
13. Setelah siswa menirukan, guru dan siswa bersama-sama
membaca nyaring nama-nama bagian tubuh sambil guru menunjuk nama dan anggota
tubuh yang dimaksud.
14. Guru lalu bertanya kepada siswa, bagaimana ya
caranya supaya badan sehat. (siswa akan memberi banyak jawaban, salah satunya
adalah makan)
15. Guru bertanya kepada siswa, bagaimana sikap
yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai
makan.
16. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru
meminta siswa menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan saat
makan di rumah.
17. Siswa akan bertanya jawab, yaitu bagaimana
sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan
selesai makan.
18. Guru lalu meminta siswa berpasangan dengan
seorang teman di sebelah kanannya (bisa juga dengan teman sebangku/semeja).
Setiap pasangan saling bertanya jawab/diskusi tentang aturan saat makan.
ü Jenis pertanyaan dipandu oleh guru, seperti:
apakah tadi pagi sudah makan? Sebelum makan, apakah ada yang harus kamu
lakukan? Kalau makan di mana, di meja makan atau boleh dimana saja? Kalau makan,
apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendiri-sendiri?
ü Bagaimana sikap saat makan? Bagaimana sikap
jika sudah selesai makan?
19. Kemudian guru meminta perwakilan siswa untuk
menunjukkan tentang sikap saat makan di rumah.
20. Setelah selesai, guru minta siswa mengamati
buku siswa halaman 40.
ü Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap
siswa saat hendak, akan, dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di
buku siswa?
21. Setelah itu guru merangkum semua jawaban siswa
dan menyampaikan informasi tentang aturan di rumah tentang makan. Secara umum
aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
ü Mencuci tangan sebelum makan
ü Berdoa sebelum makan
ü Makan sambil duduk
22. Guru menanamkan kepada siswa untuk mengikuti
aturan di rumah saat makan.
23. Sebelum kegiatan ditutup, siswa dan guru
bergerak bersama dalam sebuah ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. (lihat
di buku siswa pada halaman 41).
24. Guru memberi contoh terlebih dulu, lalu siswa
mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama
lagu tersebut. Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa
mengikuti ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. Instruksi gerak dasar
tersebut adalah:
ü Sikap berdiri, pandangan ke depan
ü Kedua tangan di pinggang
ü Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
ü Gerak kepala tengok kanan dan kiri
25. Awalnya bersama-sama. Lalu bergantian per 10
orang siswa mengulangi gerakan tariannya.
26. Setelah menari, semua siswa mengerjakan latihan
di buku siswa halaman 42 dan 43. (Critical
Thinking and Problem Formulation).
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 2
Sub Tema 1