RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku tubuhku Part 6
Selasa, 28 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku tubuhku Part 6 (berbagirpp.com) - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema
: Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1. Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa
dapat menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan benar.
2. Setelah bermain kartu huruf dan berlatih, siswa
dapat mengenali huruf pertama dari sebuah nama, baik itu huruf vokal maupun
konsonan.
3. Dengan bercerita, siswa dapat menggunakan huruf
vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan menyusunnya menjadi kalimat.
4. Dengan bercerita, siswa dapat membilang banyaknya
huruf penyusun nama sendiri maupun nama teman.
5. Dengan belajar dan berlatih, siswa dapat
membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
6. Dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan di
sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.Melakukan
Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A. Ayo Mencoba
1.
Guru kembali membagi
siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu
huruf a-z dan satu set kartu huruf vokal.
2.
Setiap kelompok
diminta membuka buku siswa halaman 30. Mereka melihat nama-nama yang hurufnya
disusun acak. Bersama teman kelompok, para siswa menyusun kembali nama-nama
tersebut dengan menggunakan kartu huruf yang telah diberikan. Contoh cara
mengerjakannya juga telah tersedia di buku siswa halaman 30. (Creativity
and Innovation).
3.
Guru berkeliling
mengamati pekerjaan setiap kelompok sambil menanyakan adakah bagian yang
sulit dan memerlukan bantuan guru. (Communication)
4.
Setelah semua kelompok
selesai mengerjakan, secara acak guru meminta tiap kelompok menunjukkan kartu
huruf dari sebuah nama yang ada di buku siswa halaman 30.
5.
Guru dan siswa lalu
bertanya, nama siapakah yang paling susah untuk ditebak dan disusun
huruf-hurufnya? Mengapa? (Collaburation)
B.
Ayo Bercerita
1.
Selesai menyusun
huruf, setiap kelompok memilih satu orang siswa anggotanya untuk bercerita
tentang nama sendiri dan nama satu orang teman beserta huruf-huruf
penyusunnya. Tak lupa untuk membilang banyaknya huruf penyusun nama. (lihat
buku siswa halaman 32) (Creativity
and Innovation)
2.
Para siswa kembali ke
tempat duduk masing-masing. Untuk menguatkan siswa tentang huruf a-z, siswa
berlatih mengerjakan soal di buku siswa halaman 31.
3.
Setelah berlatih soal,
guru meminta siswa melihat ke papan tulis.
4.
Guru sudah menempel
kartu lambang bilangan 1 sampai dengan 10 di papan tulis.
C.
Ayo Berlatih
1.
Guru mengajak siswa
membaca lambang bilangan secara berurut dari 1 sampai dengan 10.
2.
Guru lalu menunjuk
kumpulan benda-benda tertentu. Siswa diminta membilang benda tersebut dan
mengidentifikasi lambang bilangannya. Kegiatan ini diulang beberapa kali.
(lihat buku siswa halaman 33)
3.
Kemudian siswa diminta
untuk belajar dan berlatih membilang banyaknya benda yang ada di buku siswa
pada halaman 34-35, lalu menuliskan lambang bilangannya di dalam kotak yang
tersedia. (Critical Thinking and Problem Formulation)
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
.......................... ..........................
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Sub Tema 1 Tubuhku