Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 2

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 2  - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  2 /1
Tema                            :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                     :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke            :  2
Alokasi waktu                :  1 Hari

A.    TUJUAN
  1. Dengan diberikan gambar perisai burung Garuda, siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan benar.
  2. Dengan diberikan gambar contoh penerapan sila pertama Pancasila, siswa dapat menyebutkan bunyi sila pertama Pancasila dengan benar.
  3. Dengan  diberikan contoh penerapan sila pertama Pancasila pada gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila pertama pada Pancasila dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks percakapan yang mengandung ungkapan, siswa dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan tepat.
  5. Dengan  diberikan contoh penerapan sila kedua Pancasila pada teks percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua pada Pancasila dengan benar.
  6. Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.
  7. Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan, siswa dapat melakukan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan benar.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit

Ayo Mengamati
Ø  Siswa mengamati gambar perisai burung Garuda yang terdapat simbol-simbol pada Pancasila.
Ø  Siswa dibimbing guru untuk memahami simbol-simbol Pancasila.
Ø  Siswa mengamati simbol sila pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima. (Hots)
Ayo Membaca
Ø  Siswa  bersama-sama membaca teks Pancasila seperti terdapat pada Buku Siswa.
Ø  Siswa memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila.
Ayo Menulis
Ø  Siswa menunjuk gambar simbol sila-sila pada Pancasila, kemudian menuliskan bunyi sila yang sesuai.
Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam memasangkan simbol dengan sila-sila pada Pancasila (Rubrik Penilaian 1, PPKn KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti.
(Creativity and Innvation)
Ayo Mengamati
Ø  Siswa mengamati gambar-gambar keluarga yang beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing.
Ø  Siswa menyebutkan bunyi sila pada Pancasila yang sesuai dengan gambar-gambar yang ditunjukkan.
Ø  Guru memotivasi siswa agar menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan beribadah di dalam keluarga.
Ø  Siswa mencari informasi mengenai contoh-contoh pengamalan sila pertama Pancasila. Kemudian, siswa dapat menunjukkan contoh-contoh penerapan sila pertama dalam kehidupannya.
Ø  Siswa menceritakan pengalamannya dalam menerapkan sila pertama Pancasila dalam kehidupannya.
Ø  Guru mengamati pemahaman siswa mengenai pengamalan sila pertama pada Pancasila di rumah. (Rubrik Penilaian 1, PPKn KD 3.1 dan KD 4.1), sikap yang dikembangkan adalah percaya diri.
Ayo Berdiskusi
Ø  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3–4 siswa.
Ø  Siswa membaca teks percakapan yang terdapat Buku Siswa. Teks tersebut digunakan untuk mencapai muatan PPKn dan Bahasa Indonesia.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan diskusi di dalam kelompoknya.
Ø  Siswa menuliskan hasil diskusi pada tempat yang tersedia. Pertanyaan nomor 1 untuk mencapai KD 3.1 dan 4.1 Bahasa Indonesia.
Ø  Siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat dalam teks cerita tentang hidup rukun. Guru menggunakan Rubrik Penilaian 2 untuk mengamati kemampuan siswa.
Ø  Pertanyaan nomor 2, 3, dan 4 untuk mencapai KD PPKn (KD 3.1 dan 4.1).
Ø  Guru menggunakan Rubrik Penilaian 1 untuk mengamati kemampuan siswa.
Ø  Siswa menceritakan tentang pengalamannya menerapkan sila kedua Pancasila di rumah.
Ø  Sikap yang dikembangkan pada kegiatan diskusi ini adalah percaya diri dan santun. Pada kegiatan diskusi diterapkan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, mengomunikasikan).
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Bermain Peran
Ø  Siswa berpasangan dengan teman di sebelahnya memperagakan percakapan.
Ø  Sebelum bermain peran, siswa membaca terlebih dahulu teks percakapan.
Ø  Siswa dibimbing guru untuk memberikan penekanan pada ungkapan yang terdapat pada teks percakapan. Siswa bermain peran, guru mengamati kemampuan siswa dalam melakukan percakapan berdasarkan rubrik penilaian. Sikap yang diamati adalah percaya diri.
Ayo Berlatih
Ø  Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa memperhatikan guru memperagakan gerak dasar berjalan (mengamati, menanya, dan menggali informasi).
Ø  Siswa memperagakan sesuai contoh guru (mencoba, menalar).
Ø  Gerak dasar berjalan dikembangkan dengan berjalan berpasangan atau jalan beregu.
Ayo Mencoba
Ø  Pada halaman 19 siswa diajak untuk melakukan permainan menirukan hewan berjalan.
Ø  Petunjuk Permainan Hewan Berjalan:
  ~Siswa berdiri melingkar, sedangkan guru berdiri di tengah.
  ~Guru memberi aba-aba nama hewan. Siswa menirukan gerakan hewan yang disebutkan guru.
 ~Pada saat siswa menirukan gerakan hewan, guru mengacungkan jari menunjuk sebuah angka.
~Siswa mencari teman sebanyak angka yang    ditunjukkan oleh guru, sambil berjalan menirukan gerakan hewan.
~Siswa yang tidak mendapat teman, diminta untuk menyanyi.
Ø   Pada permainan ini, guru dapat mengamati sikap sportif yang ditunjukkan oleh siswa.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Siswa menceritakan kembali kepada orang tua mengenai ungkapan yang dipelajari di sekolah. Siswa mencari ungkapan yang lain dengan dibimbing oleh orang tua, misalnya mencari dari buku bacaan anak yang ada di rumah, kemudian membuat kalimat tentang kerukunan di rumah menggunakan ungkapan tersebut.

Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


Mengetahui
                    Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


                    ..........................                                                                                        ..........................
                    NIP. ....................                                                                                      NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 1 
Subtema 1
Download RPP 1 Lembar SD/MI Kelas 2 Tema 1
Subtema 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel