RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 2
Rabu, 01 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 2 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
.......................... ..........................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
Subtema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan gambar perisai burung
Garuda, siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada
Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan gambar contoh penerapan
sila pertama Pancasila, siswa dapat menyebutkan bunyi sila pertama
Pancasila dengan benar.
- Dengan
diberikan contoh penerapan sila pertama Pancasila pada gambar,
siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila pertama pada Pancasila
dengan benar.
- Dengan diberikan teks percakapan yang
mengandung ungkapan, siswa dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan
dan artinya dengan tepat.
- Dengan
diberikan contoh penerapan sila kedua Pancasila pada teks
percakapan, siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila kedua pada
Pancasila dengan benar.
- Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan,
siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana
dengan benar.
- Dengan diberi contoh gerakan dasar berjalan,
siswa dapat melakukan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana
dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Ayo Mengamati
Ø Siswa mengamati gambar perisai burung Garuda yang terdapat simbol-simbol
pada Pancasila.
Ø Siswa dibimbing guru untuk memahami simbol-simbol Pancasila.
Ø Siswa mengamati simbol sila pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima. (Hots)
Ayo Membaca
Ø Siswa bersama-sama membaca teks
Pancasila seperti terdapat pada Buku Siswa.
Ø Siswa memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila.
Ayo Menulis
Ø Siswa menunjuk gambar simbol sila-sila pada Pancasila, kemudian
menuliskan bunyi sila yang sesuai.
Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam memasangkan simbol dengan sila-sila
pada Pancasila (Rubrik Penilaian 1, PPKn KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti.
(Creativity and
Innvation)
Ayo Mengamati
Ø Siswa mengamati gambar-gambar keluarga yang beribadah sesuai dengan
agamanya masing-masing.
Ø Siswa menyebutkan bunyi sila pada Pancasila yang sesuai dengan
gambar-gambar yang ditunjukkan.
Ø Guru memotivasi siswa agar menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan
kegiatan beribadah di dalam keluarga.
Ø Siswa mencari informasi mengenai contoh-contoh pengamalan sila pertama
Pancasila. Kemudian, siswa dapat menunjukkan contoh-contoh penerapan sila
pertama dalam kehidupannya.
Ø Siswa menceritakan pengalamannya dalam menerapkan sila pertama Pancasila
dalam kehidupannya.
Ø Guru mengamati pemahaman siswa mengenai pengamalan sila pertama pada
Pancasila di rumah. (Rubrik Penilaian 1, PPKn KD 3.1 dan KD 4.1), sikap yang
dikembangkan adalah percaya diri.
Ayo Berdiskusi
Ø Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 3–4
siswa.
Ø Siswa membaca teks percakapan yang terdapat Buku Siswa. Teks tersebut
digunakan untuk mencapai muatan PPKn dan Bahasa Indonesia.
Ø Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan diskusi di dalam
kelompoknya.
Ø Siswa menuliskan hasil diskusi pada tempat yang tersedia. Pertanyaan
nomor 1 untuk mencapai KD 3.1 dan 4.1 Bahasa Indonesia.
Ø Siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat dalam teks cerita tentang
hidup rukun. Guru menggunakan Rubrik Penilaian 2 untuk mengamati kemampuan
siswa.
Ø Pertanyaan nomor 2, 3, dan 4 untuk mencapai KD PPKn (KD 3.1 dan 4.1).
Ø Guru menggunakan Rubrik Penilaian 1 untuk mengamati kemampuan siswa.
Ø Siswa menceritakan tentang pengalamannya menerapkan sila kedua Pancasila
di rumah.
Ø Sikap yang dikembangkan pada kegiatan diskusi ini adalah percaya diri dan
santun. Pada kegiatan diskusi diterapkan pendekatan saintifik (mengamati,
menanya, menggali informasi, menalar, mengomunikasikan).
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
Ayo Bermain Peran
Ø Siswa berpasangan dengan teman di sebelahnya memperagakan percakapan.
Ø Sebelum bermain peran, siswa membaca terlebih dahulu teks percakapan.
Ø Siswa dibimbing guru untuk memberikan penekanan pada ungkapan yang
terdapat pada teks percakapan. Siswa bermain peran,
guru mengamati kemampuan siswa dalam melakukan percakapan berdasarkan rubrik
penilaian. Sikap yang diamati adalah percaya diri.
Ayo Berlatih
Ø Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa memperhatikan guru
memperagakan gerak dasar berjalan (mengamati, menanya, dan menggali
informasi).
Ø Siswa memperagakan sesuai contoh guru (mencoba,
menalar).
Ø Gerak dasar berjalan dikembangkan dengan berjalan berpasangan atau jalan
beregu.
Ayo Mencoba
Ø Pada halaman 19 siswa diajak untuk melakukan permainan menirukan hewan
berjalan.
Ø Petunjuk Permainan Hewan Berjalan:
~Siswa berdiri melingkar, sedangkan guru berdiri di tengah.
~Guru memberi aba-aba nama hewan. Siswa menirukan gerakan hewan yang
disebutkan guru.
~Pada saat siswa menirukan gerakan hewan,
guru mengacungkan jari menunjuk sebuah angka.
~Siswa mencari teman sebanyak
angka yang ditunjukkan oleh guru,
sambil berjalan menirukan gerakan hewan.
~Siswa yang tidak mendapat teman,
diminta untuk menyanyi.
Ø Pada permainan ini, guru dapat
mengamati sikap sportif yang ditunjukkan oleh siswa.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Siswa menceritakan kembali kepada orang tua mengenai ungkapan yang
dipelajari di sekolah. Siswa mencari ungkapan yang lain dengan dibimbing oleh
orang tua, misalnya mencari dari buku bacaan anak yang ada di rumah, kemudian
membuat kalimat tentang kerukunan di rumah menggunakan ungkapan tersebut.
|
||
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 2