RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 3
Kamis, 02 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Kegemaranku Part 3 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
.......................... ..........................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
Subtema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
3
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan
tersebut dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan
hidup rukun, siswa dapat menuliskan kembali ungkapan tersebut dalam
kalimat dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu
dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu
dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan kuat lemah bunyi pada lagu
dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat
menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari
100, siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999.
- Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari
100, siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan kumpulan
objek.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Inti
|
Ayo Mengamati
Ø Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan, kemudian mengamati syair lagu
tersebut.
Ø Siswa mencari kata-kata di dalam syair lagu yang mempunyai arti sama
dengan ungkapan yang ditentukan. (HOTS)
Ayo Menulis
Ø Siswa menuliskan kalimat yang menggunakan ungkapan yang ditentukan. (Mandiri)
Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam menemukan makna ungkapan melalui
kalimat yang ditulisnya. Guru bisa
menambahkan ungkapan yang lain.
Ø Siswa menyebutkan arti ungkapan dalam kalimat tersebut (Rubrik
Ø Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1). Sikap yang dikembangkan
Ø adalah teliti.
Ayo Bernyanyi
Ø Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan.
Ø Sambil menyanyi, siswa memberi tanda panjang dan pendek bunyi.
Ø Hasil kerja siswa diperiksa oleh guru untuk mengetahui pemahaman siswa
mengenai panjang pendek bunyi.
Ø Skor yang diperoleh siswa tidak harus dimasukkan ke dalam daftar nilai.
Skor tersebut sebagai pedoman bagi guru dalam mengamati kemampuan siswa
memahami panjang pendek nada. Data ini sebagai petunjuk bagi guru untuk
mengadakan remedial dan pengayaan.
Ayo Mengamati
Ø Kuat lemahnya bunyi berhubungan dengan irama.
Ø Hitungan pertama pada sebuah birama memiliki tekanan lebih kuat
dibandingkan dengan hitungan berikutnya.
Ø Contoh: Bagian yang bertanda = dinyanyikan lebih kuat.
Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu anak Peramah dan
Sopan dengan memperhatikan panjang pendek nada dan kuat lemah bunyi pada
irama lagu anak berbirama dua (Rubrik Penilaian 2, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2).
Ayo Mengamati
Ø Siswa mengamati bilangan yang terdapat pada gambar nomor peserta lomba
Udin. Berdasarkan gambar banyak kubus yang terdapat pada halaman 25, siswa
membaca bilangan tersebut. Siswa dapat menanyakan kepada guru mengenai
hal-hal yang ingin diketahuinya sehubungan dengan pembacaan bilangan dengan
tiga angka.
Ø Siswa menyebutkan bilangan tiga angka dari sekumpulan benda yang sesuai,
contoh pada Buku Siswa digunakan sekelompok gambar kubus.
Ø Pemahaman mengenai bilangan tiga angka dapat dibantu dengan alat peraga
konkret, misalnya kancing baju, kelereng, atau lidi tusuk gigi.Kemudian siswa
membaca bilangan tiga angka yang sudah ditentukan tersebut.
Ayo Berlatih
Ø Siswa berlatih membaca bilangan melalui kegiatan
memasangkan gabungan gambar kubus dengan bilangan yang sesuai.
Ø Semakin banyak bilangan yang bisa dibuat oleh siswa,
semakin bagus skornya. Target minimal siswa mendapatkan nilai baik bila dapat
menentukan dan membaca bilangan tiga angka sebanyak 10 bilangan dengan benar.
Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca
bilangan sampai 999 (Rubrik Penilaian 2, Matematika KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap
yang dikembangkan adalah teliti.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama orang tua. Apabila orang
tua tidak mengetahui lagu tersebut, disarankan agar orang tua mendengarkan
siswa bernyanyi. Siswa bercerita kepada orang tuanya mengenai panjang pendek
bunyi dan kuat lemah lagu. Siswa juga berdiskusi dengan orang tua untuk
mencari kata yang sepadan dengan uangkapan pada lagu tersebut.Kegiatan ini
dilaporkan pada buku penghubung antara orang tua dan sekolah.
|
140 menit
|
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 2