Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 3

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Kegemaranku Part 3  - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  2 /1
Tema                            :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                     :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke            :  3
Alokasi waktu                :  1 Hari

A.    TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan tersebut dengan benar.
  2. Dengan diberikan teks lagu berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menuliskan kembali ungkapan tersebut dalam kalimat dengan benar.
  3. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu dengan benar.
  5. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
  6. Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan dengan hidup rukun, siswa  dapat menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu dengan benar.
  7. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca bilangan cacah sampai 999.
  8. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan kumpulan objek.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit
Inti
Ayo Mengamati
Ø  Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan, kemudian mengamati syair lagu tersebut.
Ø  Siswa mencari kata-kata di dalam syair lagu yang mempunyai arti sama dengan ungkapan yang ditentukan. (HOTS)

Ayo Menulis
Ø  Siswa menuliskan kalimat yang menggunakan ungkapan yang ditentukan. (Mandiri)
Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam menemukan makna ungkapan melalui kalimat yang ditulisnya.  Guru bisa menambahkan ungkapan yang lain.
Ø  Siswa menyebutkan arti ungkapan dalam kalimat tersebut (Rubrik
Ø  Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1). Sikap yang dikembangkan
Ø  adalah teliti.

Ayo Bernyanyi
Ø  Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan.
Ø  Sambil menyanyi, siswa memberi tanda panjang dan pendek bunyi.
Ø  Hasil kerja siswa diperiksa oleh guru untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai panjang pendek bunyi.
Ø  Skor yang diperoleh siswa tidak harus dimasukkan ke dalam daftar nilai. Skor tersebut sebagai pedoman bagi guru dalam mengamati kemampuan siswa memahami panjang pendek nada. Data ini sebagai petunjuk bagi guru untuk mengadakan remedial dan pengayaan.

Ayo Mengamati
Ø  Kuat lemahnya bunyi berhubungan dengan irama.
Ø  Hitungan pertama pada sebuah birama memiliki tekanan lebih kuat dibandingkan dengan hitungan berikutnya.
Ø  Contoh: Bagian yang bertanda = dinyanyikan lebih kuat.
Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu anak Peramah dan Sopan dengan memperhatikan panjang pendek nada dan kuat lemah bunyi pada irama lagu anak berbirama dua (Rubrik Penilaian 2, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2).

Ayo Mengamati
Ø  Siswa mengamati bilangan yang terdapat pada gambar nomor peserta lomba Udin. Berdasarkan gambar banyak kubus yang terdapat pada halaman 25, siswa membaca bilangan tersebut. Siswa dapat menanyakan kepada guru mengenai hal-hal yang ingin diketahuinya sehubungan dengan pembacaan bilangan dengan tiga angka.
Ø  Siswa menyebutkan bilangan tiga angka dari sekumpulan benda yang sesuai, contoh pada Buku Siswa digunakan sekelompok gambar kubus. 
Ø  Pemahaman mengenai bilangan tiga angka dapat dibantu dengan alat peraga konkret, misalnya kancing baju, kelereng, atau lidi tusuk gigi.Kemudian siswa membaca bilangan tiga angka yang sudah ditentukan tersebut.

Ayo Berlatih
Ø  Siswa berlatih membaca bilangan melalui kegiatan memasangkan gabungan gambar kubus dengan bilangan yang sesuai.
Ø  Semakin banyak bilangan yang bisa dibuat oleh siswa, semakin bagus skornya. Target minimal siswa mendapatkan nilai baik bila dapat menentukan dan membaca bilangan tiga angka sebanyak 10 bilangan dengan benar.
Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan sampai 999 (Rubrik Penilaian 2, Matematika KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti.

Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Siswa menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama orang tua. Apabila orang tua tidak mengetahui lagu tersebut, disarankan agar orang tua mendengarkan siswa bernyanyi. Siswa bercerita kepada orang tuanya mengenai panjang pendek bunyi dan kuat lemah lagu. Siswa juga berdiskusi dengan orang tua untuk mencari kata yang sepadan dengan uangkapan pada lagu tersebut.Kegiatan ini dilaporkan pada buku penghubung antara orang tua dan sekolah.
140 menit

Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


Mengetahui
                    Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


                    ..........................                                                                                        ..........................
                    NIP. ....................                                                                                      NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 1 
Subtema 1
Download RPP 1 Lembar SD/MI Kelas 2 Tema 1
Subtema 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel