RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku Aku Istimewa Part 4 (berbagirpp.com)
Rabu, 24 Juni 2020
RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku Aku Istimewa Part 4 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
.......................... ..........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI ....................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan mengamati teks sederhana tentang keberagaman, siswa dapat menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku istimewa dengan tepat.
- Setelah mengidentifikasi kosa kata yang berkaitan dengan aku istimewa, siswa dapat melafalkan huruf vokal yang terdapat pada kosa kata tersebut dengan tepat.
- Dengan mengamati foto keluarga, siswa dapat menggali informasi tentang ciri khas masing-masing individu di rumah dengan tepat.
- Setelah memperoleh informasi mengenai ciri khas anggota keluarga, siswa dapat menceritakan pengalaman mengenal kekhasan masing-masing anggota keluarga dalam kebersamaan di rumah dengan lancar.
- Dengan mengamati boneka kulit jagung, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat karya kerajinan dengan tepat.
- Dengan menyimak cara membuat boneka kulit jagung yang diperagakan oleh guru, siswa dapat membuat sebuah hiasan pensil berupa boneka kulit jagung.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
A.
Ayo Berlatih
1.
Guru mengajak siswa ke
luar kelas. Seluruh siswa berbaris berdasarkan urutan tinggi badan.
2.
Siswa diminta
melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Seluruh siswa berjalan dengan rapi mengelilingi lapangan.
3.
Setelah pemanasan
selesai, siswa dibagi menjadi dua kelompok yang sama banyaknya. Seluruh siswa
di setiap kelompok diminta berbaris berjajar yang rapi saling berhadapan.
Satu kelompok di sisi sebelah kiri, kelompok yang lain di sisi sebelah kanan
guru.
4.
Seluruh siswa diminta
berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan
masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi.
5.
Setelah itu siswa
diminta untuk mencari pasangan yang telah ditentukan sebelumnya. Karena nanti
akan berpegangan tangan, siswa perempuan berpasangan dengan siswa perempuan,
siswa laki-laki dengan siswa laki-laki. Setiap pasangan salah satu anggotanya
memiliki nama dengan huruf pertama adalah konsonan.
6.
Siswa lalu diminta
untuk saling berpegangan tangan.
7.
Seluruh pasangan
dibagi dalam dua kelompok yang sama banyaknya dan berdiri berjajar saling
berhadapan.
8.
Guru kemudian
menyediakan 2 set kartu huruf a-z. Masing-masing set kartu huruf dimasukkan
di dalam sebuah kotak dan diletakkan di belakang masing-masing barisan.
9.
Kali ini setiap
pasangan berlomba untuk mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama
nama masing-masing.(Critical Thinking and Problem
Formulation)
10. Setiap pasangan akan mencari kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada
di seberang barisannya.
11. Sekali lagi seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju
siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi bersama pasangan
masing-masing.
12. Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya saat bertukar
posisi.
13. Ketika selesai bertukar posisi, setiap pasangan berlomba mencari kartu
huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing. Kartu huruf hanya
tersedia 1 set untuk masing-masing barisan sehingga tidak semua pasangan bisa
mendapatkan huruf yang dimaksud. Siapa cepat dia dapat.
14. Setelah berlomba mendapatkan kartu huruf, semua pasangan kembali berdiri
berjajar saling berhadapan dengan posisi yang rapi.
15. Guru mengamati setiap pasangan, mana yang bisa menemukan kartu huruf dan
mana yang tidak.
16. Pasangan yang tidak mendapatkan kartu huruf harus menyebutkan huruf
pertama dari nama masing-masing.
17. Sambil beristirahat (siswa boleh duduk dengan posisi kaki lurus ke
depan), kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman dan perasaan siswa saat
melakukan kegiatan mencari huruf dengan berjalan lurus.
18. Siswa lalu kembali ke dalam kelas.
|
140 Menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
B. Ayo Berkreasi
1.
Guru menyampaikan
bahwa siswa akan bermain tebak suara. (Communication).
2.
Sebelum bermain, minta
semua siswa untuk menyebutkan nama masing-masing.
3.
Saat seorang siswa
menyebutkan namanya, siswa yang lain mendengarkan warna suara siswa tersebut.
Minta siswa untuk mengingat warna suara teman-temannya.
4.
Untuk memberi contoh
cara bermain tebak suara, guru lalu menunjuk 10 orang siswa maju ke depan
kelas.
5.
Kesepuluh orang siswa
itu berdiri membentuk lingkaran. Salah satu siswa
dipakaikan penutup mata.
Setelah itu, secara acak salah
satu dari sembilan siswa menyanyikan bait pertama lagu “Siapa namamu?”. Siswa
|
15 Menit
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 1
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD Tema 2
Sub Tema 1