Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku Aku Istimewa Part 4 (berbagirpp.com)

RPP 1 Lembar Kelas 1 Tema Diriku Aku Istimewa Part 4 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  ....................
Kelas / Semester        :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan mengamati teks sederhana tentang keberagaman, siswa dapat menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku istimewa dengan tepat.
  2. Setelah mengidentifikasi kosa kata yang berkaitan dengan  aku istimewa, siswa dapat melafalkan huruf vokal yang terdapat pada kosa kata tersebut dengan tepat.
  3. Dengan mengamati foto keluarga, siswa dapat menggali informasi tentang ciri khas masing-masing individu di rumah dengan tepat.
  4. Setelah memperoleh informasi mengenai ciri khas anggota keluarga, siswa dapat menceritakan pengalaman mengenal kekhasan masing-masing anggota keluarga dalam kebersamaan di rumah dengan lancar.
  5. Dengan mengamati boneka kulit jagung, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat karya kerajinan dengan tepat.
  6. Dengan menyimak cara membuat boneka kulit jagung yang diperagakan oleh guru, siswa dapat membuat sebuah hiasan pensil berupa boneka kulit jagung.
B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15
    menit

A.   Ayo Berlatih
1.    Guru mengajak siswa ke luar kelas. Seluruh siswa berbaris berdasarkan urutan tinggi badan.
2.    Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Seluruh siswa berjalan dengan rapi mengelilingi lapangan.
3.    Setelah pemanasan selesai, siswa dibagi menjadi dua kelompok yang sama banyaknya. Seluruh siswa di setiap kelompok diminta berbaris berjajar yang rapi saling berhadapan. Satu kelompok di sisi sebelah kiri, kelompok yang lain di sisi sebelah kanan guru.
4.    Seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi.
5.    Setelah itu siswa diminta untuk mencari pasangan yang telah ditentukan sebelumnya. Karena nanti akan berpegangan tangan, siswa perempuan berpasangan dengan siswa perempuan, siswa laki-laki dengan siswa laki-laki. Setiap pasangan salah satu anggotanya memiliki nama dengan huruf pertama adalah konsonan.
6.    Siswa lalu diminta untuk saling berpegangan tangan.
7.    Seluruh pasangan dibagi dalam dua kelompok yang sama banyaknya dan berdiri berjajar saling berhadapan.
8.    Guru kemudian menyediakan 2 set kartu huruf a-z. Masing-masing set kartu huruf dimasukkan di dalam sebuah kotak dan diletakkan di belakang masing-masing barisan.
9.    Kali ini setiap pasangan berlomba untuk mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing.(Critical Thinking and Problem Formulation)
10.  Setiap pasangan akan mencari kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada di seberang barisannya.
11.  Sekali lagi seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi bersama pasangan masing-masing.
12.  Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya saat bertukar posisi.
13.  Ketika selesai bertukar posisi, setiap pasangan berlomba mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing. Kartu huruf hanya tersedia 1 set untuk masing-masing barisan sehingga tidak semua pasangan bisa mendapatkan huruf yang dimaksud. Siapa cepat dia dapat.
14.  Setelah berlomba mendapatkan kartu huruf, semua pasangan kembali berdiri berjajar saling berhadapan dengan posisi yang rapi.
15.  Guru mengamati setiap pasangan, mana yang bisa menemukan kartu huruf dan mana yang tidak.
16.  Pasangan yang tidak mendapatkan kartu huruf harus menyebutkan huruf pertama dari nama masing-masing.
17.  Sambil beristirahat (siswa boleh duduk dengan posisi kaki lurus ke depan), kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman dan perasaan siswa saat melakukan kegiatan mencari huruf dengan berjalan lurus.
18.  Siswa lalu kembali ke dalam kelas.

140 Menit
Kegiatan Penutup
B.   Ayo Berkreasi
1.    Guru menyampaikan bahwa siswa akan bermain tebak suara. (Communication).
2.    Sebelum bermain, minta semua siswa untuk menyebutkan nama masing-masing.
3.    Saat seorang siswa menyebutkan namanya, siswa yang lain mendengarkan warna suara siswa tersebut. Minta siswa untuk mengingat warna suara teman-temannya.
4.    Untuk memberi contoh cara bermain tebak suara, guru lalu menunjuk 10 orang siswa maju ke depan kelas.
5.    Kesepuluh orang siswa itu berdiri membentuk lingkaran. Salah satu siswa dipakaikan penutup mata.
Setelah itu, secara acak salah satu dari sembilan siswa menyanyikan bait pertama lagu “Siapa namamu?”. Siswa
15 Menit







C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

rpp

Mengetahui
                    Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


                    ..........................                                                                                        ..........................
                    NIP. ....................                                                                                      NIP. ....................



RPP K13 1 Lembar Kelas 1 SD  Tema 2
Sub Tema 1 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel