RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 4
Jumat, 03 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 4 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
.......................... ..........................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
Subtema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks percakapan berkaitan
dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan
ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan teks percakapan berkaitan
dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menirukan
ungkapan dalam teks percakapan tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan gambar kubus satuan, siswa
dapat menentukan nilai tempat pada bilangan dua angka dan tiga angka.
- Dengan diberikan nama bilangan tiga angka,
siswa dapat menuliskan lambang bilangan tiga angka dengan benar, dan
sebaliknya.
- Dengan diberikan teks percakapan yang
rumpang, siswa dapat melengkapi kalimat percakapan yang mengandung lambang
bilangan tiga angka.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat membedakan kuat lemah bunyi pada lagu anak
dengan benar.
- Dengan diberikan teks lagu anak berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat menampilkan kuat lemah bunyi pada lagu
anak dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Ayo Mengamati
Ø Siswa mengamati teks percakapan yang mengandung ungkapan yang berkaitan
dengan hidup rukun. Teks tersebut akan digunakan untuk mencapai kompetensi
dasar muatan Bahasa Indonesia dan Matematika.
Ø Guru memotivasi siswa untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan
ungkapan yang terdapat dalam teks percakapan tentang hidup rukun.
Ayo Bermain Peran
Ø Siswa memperagakan percakapan antara Mutiara dan Udin. Sikap yang dapat diamati adalah percaya diri.
Ø Siswa bersama dengan teman sebelahnya memperagakan teks percakapan yang
sudah dibuatnya bersama teman di sebelahnya.
(Creativity and
Innovation)
Ø Teks percakapan tersebut merupakan contoh sikap santun yang dapat
memelihara kerukunan. Selain itu, teks percakapan juga mengandung ungkapan
yang harus dipahami oleh siswa.
Ø Siswa dibimbing untuk mengucapkan terima kasih dan menjawab ucapan terima
kasih dengan santun.
Ø
Ayo Mengamati
Ø Siswa mengamati bilangan 121 pada gambar di Buku Siswa.
Ø Pada halaman ini siswa diajak untuk mengamati nilai tempat bilangan dua
angka, kemudian siswa mengamati nilai tempat bilangan dengan tiga angka.
Ø Siswa menuliskan lambang bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa.
Ø Siswa menuliskan nama bilangan tiga angka sesuai soal pada Buku Siswa.
Ø Siswa menuliskan kalimat yang mengandung lambang bilangan tiga angka di
dalam teks percakapan dengan cara berdiskusi dengan teman sebangkunya.
Ayo Bernyanyi
Ø Siswa menyanyikan lagu anak Peramah dan Sopan secara bergiliran satu
persatu atau berpasangan.
Ø Guru menyediakan lembar kegiatan berupa teks lagu yang sudah diatur agar
siswa dapat menandai bagian panjang pendek nada dan kuat lemahnada.
Ø Ketika temannya menyanyi, siswa menandai lagu pada lembar kegiatan yang
dinyanyikan sebagai latihan agar dapat menyanyikan lagu dengan benar.
Ø Siswa mengumpulkan hasil kerjanya.
Ø Guru menilai kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu anak birama 2 sesuai
dengan panjang pendek dan kuat lemah bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2
dan 4.2). Sikap yang dikembangkan adalah percaya diri).
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Siswa mengulang kembali percakapan yang sudah dibuatnya bersama orang
tua. Percakapan bisa diubah sesuai dengan kondisi siswa. Orang tua membantu
melengkapi percakapan tersebut, kemudian percakapan tersebut diperagakan
bersama orang tua. Kegiatan ini untuk melatih siswa agar selalu menjaga sopan
santun bila bercakap-cakap dengan orang lain.
|
||
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 2