Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 5

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 5  - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan cerita tersebut.
  2. Dengan  diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah dengan bahasa yang santun.
  3. Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
  4. Dengan diberikan kalimat yang mengandung ungkapan, siswa dapat menuliskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
  5. Dengan diberikan contoh peragaan gerak dasar lokomotor, siswa dapat menjelaskan gerakan tersebut dengan benar.
  6. Dengan diberikan contoh peragaan gerak dasar lokomotor, siswa dapat memperagakan gerakan tersebut dengan benar.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit
Inti
Ayo Berdiskusi
Ø  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok diskusi, setiap kelompok terdiri atas 3 – 4 siswa.
Ø  Siswa bersama-sama dalam kelompoknya mengamati teks cerita yang terdapat pada halaman 35. Teks tersebut digunakan untuk mencapai kompetensi dasar dalam muatan Bahasa Indonesia dan PPKn. (Collaburation)
Ø  Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan teks. Pertanyaan nomor 1 sampai 7 untuk mencapai muatan PPKn (KD 3.1). Pertanyaan nomor 8 untuk mencapai muatan Bahasa Indonesia. (KD 3.1).Sikap yang dikembangkan adalah jujur dan percaya diri.
Ø  Kegiatan berdiskusi menerapkan pendekatan saintifik.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Mencoba
Ø  Siswa bercerita di dalam kelompoknya tentang pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah.

Ayo Berlatih
Ø  Siswa diminta membaca kalimat-kalimat yang berisi ungkapan. Kemudian siswa diminta menuliskan makna ungkapan tersebut.
Ø  Guru mengamati siswa dalam memahami makna ungkapan dalam kalimat (Rubrik Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1).
Ø  Sikap yang dikembangkan adalah teliti.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Mencoba
Ø  Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa mengamati gerakan yang diperagakan oleh guru.
Ø  Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan segala hal yang ingin diketahuinya mengenai gerak dasar berjalan.
Ø  Siswa mencoba memperagakan gerak dasar berjalan.
Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam gerak dasar berjalan (Rubrik Penilaian 2, PJOK KD 3.1 dan KD 4.1).
Ø  Sikap yang dikembangkan adalah disiplin dan sportif.
Ø  Siswa memperagakan gerak berjalan bersama sesuai formasi yang ditentukan.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Siswa berdiskusi dengan orang tua mengenai kerja sama yang dilakukan di rumah. Kegiatan apa saja yang dilakukan di rumah yang memerlukan kerja sama antaranggota keluarga. Hasil diskusi tersebut dituliskan pada buku kerja atau selembar kertas untuk dikumpulkan kepada guru.
140 menit

Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


Mengetahui
                    Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


                    ..........................                                                                                        ..........................
                    NIP. ....................                                                                                      NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 1 
Subtema 1
Download RPP 1 Lembar SD/MI Kelas 2 Tema 1
Subtema 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel