RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 5
Sabtu, 04 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 5 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
.......................... ..........................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
Subtema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
5
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks cerita berkaitan
dengan hidup rukun, siswa dapat menentukan pengamalan sila Pancasila yang
sesuai dengan cerita tersebut.
- Dengan
diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat
menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah dengan
bahasa yang santun.
- Dengan diberikan teks cerita berkaitan
dengan hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan makna
ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
- Dengan diberikan kalimat yang mengandung
ungkapan, siswa dapat menuliskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat
yang santun.
- Dengan diberikan contoh peragaan gerak dasar
lokomotor, siswa dapat menjelaskan gerakan tersebut dengan benar.
- Dengan diberikan contoh peragaan gerak dasar
lokomotor, siswa dapat memperagakan gerakan tersebut dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Inti
|
Ayo Berdiskusi
Ø Siswa dibagi dalam beberapa kelompok diskusi, setiap kelompok terdiri
atas 3 – 4 siswa.
Ø Siswa bersama-sama dalam kelompoknya mengamati teks cerita yang terdapat
pada halaman 35. Teks tersebut digunakan untuk mencapai kompetensi dasar
dalam muatan Bahasa Indonesia dan PPKn. (Collaburation)
Ø Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terkait
dengan teks. Pertanyaan nomor 1 sampai 7 untuk mencapai muatan PPKn (KD 3.1).
Pertanyaan nomor 8 untuk mencapai muatan Bahasa Indonesia. (KD 3.1).Sikap
yang dikembangkan adalah jujur dan percaya diri.
Ø Kegiatan berdiskusi menerapkan pendekatan saintifik.
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
Ayo Mencoba
Ø Siswa bercerita di dalam kelompoknya tentang pengalaman menerapkan sila
ketiga Pancasila di rumah.
Ayo Berlatih
Ø Siswa diminta membaca kalimat-kalimat yang berisi ungkapan. Kemudian siswa diminta menuliskan makna ungkapan tersebut.
Ø Guru mengamati siswa dalam memahami makna ungkapan dalam kalimat (Rubrik
Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1).
Ø Sikap yang dikembangkan adalah teliti.
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
Ayo Mencoba
Ø Siswa mengamati gambar gerak dasar berjalan. Siswa mengamati gerakan yang
diperagakan oleh guru.
Ø Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan segala hal yang ingin
diketahuinya mengenai gerak dasar berjalan.
Ø Siswa mencoba memperagakan gerak dasar berjalan.
Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam gerak dasar berjalan (Rubrik
Penilaian 2, PJOK KD 3.1 dan KD 4.1).
Ø Sikap yang dikembangkan adalah disiplin dan sportif.
Ø Siswa memperagakan gerak berjalan bersama sesuai formasi yang ditentukan.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Siswa berdiskusi dengan orang tua mengenai kerja sama yang dilakukan di
rumah. Kegiatan apa saja yang dilakukan di rumah yang memerlukan kerja sama
antaranggota keluarga. Hasil diskusi tersebut dituliskan pada buku kerja atau
selembar kertas untuk dikumpulkan kepada guru.
|
140 menit
|
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 2