RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 6
Minggu, 05 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 6 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
.......................... ..........................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
Subtema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
6
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan
dalam teks tersebut dengan tepat.
- Dengan diberikan teks tentang cerita hidup
rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan
tersebut dalam kalimat yang santun.
- Dengan diberikan cerita hidup rukun yang
mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai
sila keempat Pancasila di rumah dengan benar.
- Dengan diberikan cerita hidup rukun yang
mengandung ungkapan, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila
keempat Pancasila di rumah dengan benar.
- Dengan diberikan cerita hidup rukun yang
mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai
sila kelima Pancasila di rumah dengan benar.
- Dengan diberikan cerita hidup rukun yang
mengandung ungkapan, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila
kelima Pancasila di rumah dengan benar.
- Dengan diberikan gambar kumpulan kubus lebih
dari 100, siswa dapat menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan
satuan bilangan tiga angka dengan
teliti.
- Dengan diberikan lambang bilangan tiga
angka, siswa dapat menuliskan cara membaca bilangan tiga angka dengan
teliti.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pembukaan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
|
Ayo Membaca
Ø Siswa membaca teks percakapan yang terdapat pada Buku Siswa. Teks
tersebut digunakan untuk mencapai muatan Bahasa Indonesia (KD 3.1) dan PPKn
(KD 3.1).
Ayo Mencoba
Ø Siswa menceritakan kembali isi
teks yang sudah dibacanya. Siswa membuat cerita
dengan dibimbing.
Ø pertanyaan-pertanyaan yang ada pada Buku Siswa. Pertanyaan-pertanyaan
tersebut mengarah pada pencapaian muatan Bahasa Indonesia (KD 3.1 dan KD 4.1)
Ø Isi dari teks percakapan juga menggambarkan pencapaian muatan PPKn (KD
3.1 dan KD 4.1), yaitu penerapan sila keempat Pancasila. Selain itu,pada bagian teks lain juga menunjukkan penerapan sila kelima
Pancasila.
Ø Siswa diminta menceritakan pengalaman tentang cara menyelesaikan
perbedaan pendapat di rumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila.
Ø Siswa juga diminta menceritakan terjadinya keadilan di rumah sebagai perwujudan
sila kelima Pancasila.
(Creativity and
Innovation)
Ayo Menulis
Ø Siswa mencari ungkapan yang terdapat dalam teks percakapan tentang hidup
rukun.
Ø Siswa menuliskan makna ungkpan tersebut dengan bahasa yang santun.
Ø Siswa melengkapi teks cerita tentang hidup rukun dengan kata yang
tersedia.
Ayo Mengamati
Ø Siswa mengamati tiket masuk tempat wisata yang terdapat bilangan tiga
angka. Siswa dapat membawanya dari rumah. (Hots)
Ø Siswa dibimbing guru untuk membaca bilangan tiga angka tersebut.
Ayo Menulis
Ø Kegiatan menulis ini merupakan kegiatan menulis bilangan tiga angka dalam
kata-kata. Sebelum menulis guru
memberi pengantar cerita wisata Udin bersama ayah, ibu, dan kakaknya. Ketika
masuk tempat wisata, mereka harus menunjukkan tiket masuk. Dari situlah guru
menggunakan bilangan yang tertera pada tiket untuk membahas bilangan tiga
angka.
Ø Siswa mengamati penggambaran bilangan tiga angka sebagai kubus satuan.
Ø Siswa menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan pada bilangan tiga angka.
Ø Siswa mencoba menuliskan cara membaca bilangan tersebut.
(Creativity and
Innovation)
|
|||
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 2