Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 6

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun Part 6  - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  6
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan dalam teks tersebut dengan tepat.
  2. Dengan diberikan teks tentang cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
  3. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila keempat Pancasila di rumah dengan benar.
  4. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di rumah dengan benar.
  5. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila kelima Pancasila di rumah dengan benar.
  6. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di rumah dengan benar.
  7. Dengan diberikan gambar kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan  bilangan tiga angka dengan teliti.
  8. Dengan diberikan lambang bilangan tiga angka, siswa dapat menuliskan cara membaca bilangan tiga angka dengan teliti.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit

Ayo Membaca
Ø  Siswa membaca teks percakapan yang terdapat pada Buku Siswa. Teks tersebut digunakan untuk mencapai muatan Bahasa Indonesia (KD 3.1) dan PPKn (KD 3.1).

Ayo Mencoba
Ø  Siswa  menceritakan kembali isi teks yang sudah dibacanya. Siswa membuat cerita dengan dibimbing.
Ø  pertanyaan-pertanyaan yang ada pada Buku Siswa.  Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengarah pada pencapaian muatan Bahasa Indonesia (KD 3.1 dan KD 4.1)
Ø  Isi dari teks percakapan juga menggambarkan pencapaian muatan PPKn (KD 3.1 dan KD 4.1), yaitu penerapan sila keempat Pancasila. Selain itu,pada bagian teks lain juga menunjukkan penerapan sila kelima Pancasila.
Ø  Siswa diminta menceritakan pengalaman tentang cara menyelesaikan perbedaan pendapat di rumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila.
Ø  Siswa juga diminta menceritakan terjadinya keadilan di rumah sebagai perwujudan sila kelima Pancasila.
(Creativity and Innovation)

Ayo Menulis
Ø  Siswa mencari ungkapan yang terdapat dalam teks percakapan tentang hidup rukun.
Ø  Siswa menuliskan makna ungkpan tersebut dengan bahasa yang santun.
Ø  Siswa melengkapi teks cerita tentang hidup rukun dengan kata yang tersedia.

Ayo Mengamati
Ø  Siswa mengamati tiket masuk tempat wisata yang terdapat bilangan tiga angka. Siswa dapat membawanya dari rumah. (Hots)
Ø  Siswa dibimbing guru untuk membaca bilangan tiga angka tersebut.

Ayo Menulis
Ø  Kegiatan menulis ini merupakan kegiatan menulis bilangan tiga angka dalam kata-kata. Sebelum menulis  guru memberi pengantar cerita wisata Udin bersama ayah, ibu, dan kakaknya. Ketika masuk tempat wisata, mereka harus menunjukkan tiket masuk. Dari situlah guru menggunakan bilangan yang tertera pada tiket untuk membahas bilangan tiga angka.
Ø  Siswa mengamati penggambaran bilangan tiga angka sebagai kubus satuan.
Ø  Siswa menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan pada bilangan tiga angka.
Ø  Siswa mencoba menuliskan cara membaca bilangan tersebut.
(Creativity and Innovation)

Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


Mengetahui
                    Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


                    ..........................                                                                                        ..........................
                    NIP. ....................                                                                                      NIP. ....................

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 1 
Subtema 1
Download RPP 1 Lembar SD/MI Kelas 2 Tema 1
Subtema 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel