RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 2
Senin, 06 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 2 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
.......................... ..........................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
Subtema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan :
SD/MI .....................
Kelas / Semester : 3 /1
Tema :
Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema :
Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah mengamati gambar dan teks yang dibaca, siswa dapat menemukan
kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyusun
informasi lisan/tulis/visual tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam bentuk
kalimat efektif.
3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan
prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar.
4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat
mempraktikkan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar.
5. Setelah melakukan permainan, siswa dapat
berdiskusi mengenai cara melakukan gerakan berjalan dan berlari dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan makna
simbol sila-sila Pancasila dengan benar.
7. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan
contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila dengan benar.
8. Setelah membaca, siswa dapat menyebutkan arti
penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Mengamati
·
Siswa mengamati gambar
pada buku teks dan menyimpulkan bahwa gambar tersebut menunjukkan bahwa
makhluk hidup itu bergerak.
·
Siswa membaca teks
untuk mengetahui berbagai cara makhluk hidup bergerak.
·
Ada hewan yang
bergerak dengan menggunakan kaki, terbang dengan sayap, berenang dengan
sirip.
·
Siswa berdiskusi
dengan teman yang duduk bersebelahan untuk menyimpulkan gerak
tumbuhan.Tumbuhan bergerak, tapi tidak berpindah tempat. Tumbuhan bergerak ke
arah cahaya matahari dan akar bergerak ke bawah.
·
Siswa mengamati ciri
kedua makhluk hidup yaitu bernapas
·
Siswa berdiskusi
mengenai cara tumbuhan bernapas. Jika memungkinkan lakukan kegiatan percobaan
untuk membuktikan tumbuhan bernapas.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
·
Siswa mendiskusikan
ciri-ciri makhluk hidup lainnya, yaitu tumbuh. Sejak kelas 1 sampai dengan kelas 3 tentunya ada banyak
perubahan pada siswa. Begitupun pada makhluk hidup lainnya. Kucing, ayam, dan
tumbuhan akan tumbuh dari kecil menjadi besar.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berdiskusi
·
Makhluk hidup
berkembang biak. Ada yang berkembang biak dengan cara bertelur dan
melahirkan. Siswa mengidentifikasi berbagai cara makhluk hidup berkembang
biak.
·
Siswa berlatih
menuliskan berbagai cara berkembang biak hewan. (Mandiri)
·
Makhluk hidup perlu
air dan makanan. Tumbuhan juga perlu makanan dan air. Tumbuhan dapat membuat
makanannya sendiri. Makanan yang dihasilkan merupakan bahan makanan untuk
hewan dan manusia. Oleh karena itu tumbuhan disebut penghasil makanan atau
produsen.
·
Makhluk hidup peka
terhadap rangsang. Jika kita melihat sinar matahari atau sinar yang silau
lainnya dengan cepat kita akan menutup mata. Daun putri malu akan menutup
daunnya jika disentuh. Buah pada pohon pacar cina akan meletus jika disentuh.
Landak dan kaki seribu akan menggulung badannya jika kita sentuh.
Ayo Menulis
·
Setelah berdiskusi dan
menjawab beberapa pertanyaan, siswa menyebutkan kembali ciri-ciri makhluk
hidup dan menuliskan pada tempat yang tersedia. (Mandiri)
·
Siswa berlatih menulis
kalimat berdasarkan kata-kata yang ada pada buku. (Creativity and Innovation)
·
Kalimat yang disusun
harus memenuhi struktur yang baik, yaitu syarat kalimat efektif haruslah
mempunyai struktur yang lengkap. Artinya, kalimat itu harus memiliki
unsur-unsur subyek dan predikat, obyek, atau bisa ditambah dengan keterangan.
Ayo Mencoba
·
Siswa akan mempraktikkan
berbagai cara berjalan dan berlari. Berjalan dan berlari merupakan cara
manusia bergerak dan berpindah tempat.
·
Kegiatan dilakukan di
lapangan.
·
Melakukan kegiatan
pemanasan terlebih dahulu. Salah satu kegiatan pemanasan yang bisa dilakukan
adalah dengan berlari mengelilingi lapangan atau melakukan peregangan.
·
Siswa mendengarkan
penjelasan dan memperhatikan guru
mendemonstrasikan tentang sikap berjalan.
·
Siswa mendengarkan
penjelasan dan memperhatikan guru
mendemonstrasikan tentang berbagai jenis cara berjalan. Ada berjalan ke
depan, ke samping kiri, ke samping kiri, dan ke belakang.
·
Siswa mencoba
melakukan berbagai cara berjalan secara perkelompok dan perorangan.
·
Siswa mendengarkan
penjelasan dan memperhatikan guru mendemonstrasikan
tentang sikap berlari.
·
Siswa mendengarkan
penjelasan dan memperhatikan guru
mendemonstrasikan tentang berbagai jenis cara berlari. Ada berlari ke depan,
berlari ke samping kiri, berlari ke samping kiri, dan berlari ke belakang.
·
Siswa mencoba
melakukan berbagai cara berlari secara perkelompok dan perorangan.
·
Lalu siswa mencoba
kegiatan kombinasi berlari dan berjalan melalui permainan lomba jalan dan
lari.
·
Siapkan garis awal dan
garis akhir (lihat gambar pada buku siswa)
·
Setiap kali pertandingan
dilakukan oleh lima orang siswa.
·
Tahap pertama siswa
akan berjalan maju dari garis start menuju garis finish, lalu berjalan mundur
dari garis finish menuju garis start.
·
Tahap kedua siswa akan
berlari maju dari garis start menuju garis
finish, lalu berlari mundur dari garis finish menuju garis start.
·
Ingatkan siswa untuk
berjalan dan berlari mundur dengan hati-hati. Kebenaran gerak lebih
diutamakan daripada kecepatan.
·
Peserta yang dapat
menyelesaikan terlebih dahulu adalah pemenangnya.
(Creativity and Innovation)
Ayo Berdiskusi
·
Siswa berdiskusi
tentang cara supaya dapat melakukan gerakan kombinasi antara berjalan dan
berlari dengan cepat. (Creativity and Innovation)
·
Kekuatan kaki dan
konsentrasi adalah faktor utama keberhasilan.
·
Dalam perlombaan gerak
kombinasi lari dan jalan, pasti ada yang menang dan kalah.
·
Pentingnya saling
menghargai sehingga pemenang tidak merasa sombong dan yang kalah tidak
berkecil hati.
Ayo Berlatih
·
Setelah berdiskusi,
siswa membaca teks tentang Bersyukur kepada Tuhan.
·
Siswa menuliskan
cara-cara bersyukur atas rahmat Tuhan terutama berkaitan dengan karunia
keragaman makhluk hidup dan alat geraknya. (Mandiri)
Ayo Bercerita
·
Siswa menentukan salah
satu sikap bersyukur yang pernah dilakukannya.
·
Siswa menuliskan pada
tempat yang tersedia.
·
Siswa menceritakan
hasil tulisan di depan teman-teman.
(Creativity and Innovation)
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan berbicara
/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 2