Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 2

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 2  - Berbagirpp.com  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) 
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI .... 
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019) 

Satuan Pendidikan : SD/MI  ..................... 
Kelas / Semester :  2 /1
Tema                        :  Hidup Rukun (Tema 1) 
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Sekolah ( Sub Tema 3)
Pembelajaran ke :  2
Alokasi waktu          :  1 Hari

A. TUJUAN 
  1. Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
  2. Dengan diberikan contoh  gerakan berlari oleh guru, siswa dapat mempraktikkan gerak berlari  ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dengan benar. 
  3. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks cerita atau lagu yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
  4. 4Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kembali perintah dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
  5. Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai sila pertama Pancasila benar.
  6. 6Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah  yang sesuai sila kedua Pancasila dengan benar.
  7. Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan sila pertama Pancasila di sekolah dengan benar.
  8. Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, siswa dapat menceritakan tenang pengalaman menerapkan sila kedua Pancasila di sekolah dengan benar.


B. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Inti Kegiatan
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Ayo Mengamati
Ø  Sebagai pengantar pembelajaran ini, siswa mengamati kegiatan-kegiatan di sekolah yang memerlukan kerukunan. Pengantar ini diberikan ketika siswa mempersiapkan diri untuk berolahraga. Kemudian, siswa mengamati contoh kegiatan yang terdapat padaBuku Siswa.
Ø  Siswa mengamati gambar gerak berlari ke segala arah. Siswa menuju lapangan untuk memperagakan gerakan-gerakan yang terdapat di Buku Siswa. Guru memberi contoh, kemudian siswa mengikuti gerakan sesuai contoh guru.
Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam berlari. Guru dapat menggunakan pedoman penilaian 1 (Rubrik penilaian PJOK KD 3.1 dan KD 4.1)

Ayo Berlatih
Ø  Siswa bermain berlari berpasangan. Permainan ini membutuhkan kekompakan, tekankan kepada siswa untuk menjaga kekompakan dengan pasangannya. Kekompakan dapat tumbuh karena sikap saling peduli. Oleh karena itu, sikap peduli kepada temannya dapat diamati pada kegiatan ini.(Gotong Royong)

Ayo Membaca
Ø  Siswa membaca teks berjudul Berolahraga Bersama. Di dalam teks tersebut terdapat kalimat perintah yang harus ditunjukkan oleh siswa.
Ø  Siswa menggarisbawahi kalimat perintah yang terdapat pada teks tersebut.
Ø  Siswa berlatih membuat kata-kata perintah berdasarkan contoh kata-kata perintah yang sudah ditemukan pada teks Berolahraga Bersama. Guru memberi target minimal 5 kata perintah. (Penilaian Bahasa Indonesia KD 3.1).
Ø  Siswa membacakan kata-kata perintah yang sudah dibuatnya. (Penilaian Bahasa Indonesia KD 4.1). Pedoman penilaian KD 3.1 dan KD 4.1 dapat dibuat dalam satu rubrik.

Ayo Berlatih
Ø  Siswa membuat pertanyaan berdasarkan teks Berolahraga Bersama.
Ø  Siswa saling bertukar pertanyaan dengan teman di sebelahnya.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan temannya.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Menulis
Ø  Siswa mengamati gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
Ø  Siswa menyebutkan isi gambar tersebut. Bila jawaban tidak sesuai dengan harapan, jangan disalahkan, tetapi guru membantu siswa agar dapat memahami arah pembelajaran mengenai penerapan sila pertama dan sila kedua Pancasila.
Ø  Setelah jawaban sesuai harapan, siswa menuliskan jawaban tersebut.Contoh jawaban: Siswa sekolah dasar kelas 2 berdoa sebelum pulang sekolah.
Ø  Sikap siswa sekolah dasar sesuai dengan pengamalan sila pertama dan kedua Pancasila. Siswa menuliskan jawaban sikap yang merupakan penerapan sila pertama dan kedua Pancasila. Jawaban dituliskan pada tabel yang tersedia.
Ø  Siswa mengamati gambar yang sesuai dengan penerapan sila pertama atau sila kedua Pancasila. Kemudian, siswa menuliskan jawaban yang benar. (PPKn KD 3.1)

Ayo Berlatih
Ø  Siswa menceritakan kegiatan di sekolah yang menerapkan sila pertama Pancasila.
Ø  Siswa menceritakan kegiatan di sekolah yang menerapkan sila kedua Pancasila.
Ø  Siswa menceritakan penerapan sila pertama dan kedua secara lisan. (PPKn KD 4.1)
(Creativity and Innovation)

Kegiatan Bersama Orang Tua
Guru menugaskan kepada siswa untuk mencari cerita tentang tolong-menolong dan toleransi di majalah atau sumber lain. Orang tua membantu siswa mengerjakan tugas tersebut.

Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.



Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel