RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 3
Rabu, 29 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 3 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (
Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat
menemukan makna perintah yang terdapat dalam teks percakapan yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun.
- Dengan diberikan gambar, siswa dapat melatih menuliskan kalimat
perintah yang sesuai dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyatakan
kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pengurangan
dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan
pengurangan dua bilangan dengan
teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan
pengurangan dua bilangan dengan
teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari berkaitan dengan pengurangan dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifkasi
langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat menggambar
imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang ada di sekitar.
Pembukaan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Inti Kegiatan
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Ayo
Mengamati
Ø Sebagai pengantar
pembelajaran, siswa mengamati gambar pada Buku Siswa. Gambar itu menceritakan kebersamaan para siswa dalam mengerjakan tugas
piket.
Ø Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pentingnya kebersamaan. Guru bisa
memancing siswa dengan pertanyaan, apa akibatnya bila tugas membersihkan kelas
tidak dilakukan bersama.
Ø Selain kerja sama, siswa juga diingatkan pada pentingnya tanggung jawab
dalam menjalankan tugas.
Ayo Membaca
Ø Siswa membaca teks percakapan yang terdapat pada Buku Siswa.
Ø Siswa menunjukkan kalimat perintah yang terdapat pada teks tersebut.
Ø Siswa menjelaskan makna kalimat perintah tersebut. Guru membimbing siswa
bila siswa belum mengerti makna kalimat tersebut. Salah satu cara adalah dengan
memberi contoh konkret. Pada teks tersebut, kalimat perintah yang ditemukan
adalah “Teman-teman, bersihkanlah kelas sesuai pembagian tugas.” Berilah contoh
konkret apabila ketua kelas mengatakan hal itu kepada siswa, apa yang akan
dilakukan oleh siswa. Jawaban dari siswa dapat diartikan sebagai makna dari
kalimat tersebut. Misalnya, siswa menjawab, “Saya harus membersihkan kelas
sesuai pembagian tugas.”
Ø Siswa menjelaskan makna kalimat perintah yang disebutkan oleh guru sebagai
latihan.Contoh:
1. Kerjakanlah tugasmu dengan penuh tanggung jawab!
2. Bacalah buku dengan teliti!
Ayo Menulis
Ø Siswa mengamati gambar yang ada di Buku Siswa.
Ø Siswa membuat kata-kata perintah yang berhubungan dengan gambar tersebut.
Ø Target kata-kata perintah yang harus dibuat siswa minimal 5 kata. (Bahasa
Indonesia KD 3.1).
(Creativity
and Innovation)
Ø Siswa menyebutkan kalimat menggunakan kata-kata perintah yang sudah
dibuatnya.
Ø Siswa menuliskan kalimat perintah tersebut pada bukunya menggunakan huruf
tegak bersambung.
Ø Guru mengamati kemampuan siswa dengan menggunakan panduan penilaian sesuai
Rubrik Penilaian (Bahasa Indonesia KD
3.1 dan KD 4.1).Sikap yang dapat ditumbuhkan adalah santun.
Ayo Berlatih
Ø Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai persoalan yang harus diselesaikan
menggunakan operasi hitung pengurangan.
Ø Siswa dibimbing guru untuk menghitung kapur yang ada dan sisa kapur yang belum
digunakan. Dalam konteks penggunaan kapur, apabila kapur digunakan
berarti kapur berkurang. Digunakan artinya berkurang
Ø Siswa memperhatikan contoh penyelesaian pengurangan dengan cara panjang dan
cara pendek.
Ø Siswa berlatih mengerjakan soal-soal latihan pengurangan.
(Critical
Thinking and Problem Formulation)
Ø Siswa berlatih memecahkan permasalahan yang berkaitan denganpengurangan.
Soal:
1. Banyak kapur di kelas Udin semula 478. Kapur yang sudah digunakan sebanyak
256. Berapa banyak kapur yang tersisa? Kerjakan dengan cara
panjang dan cara pendek!
2. Banyak buku yang ada di lemari guru ada 231. Dipinjam para siswa sebanyak 122. Berapa buku yang tersisa di lemari guru
sekarang?
Ayo Berkreasi
Ø Siswa membuat gambar imajinatif dengan membuat sketsa terlebih dahulu. Gambar imajinatif yang akan dibuat adalah gambar bunga dan daun.
Ø Sketsa yang dibuat nantinya akan diberi warna dengan alat warna yang sudah
dipilih oleh siswa.
Ø Kegiatan ini akan dilanjutkan pada pembelajaran berikutnya.
(Creativity
and Innovation)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Guru menugaskan kepada siswa untuk berlatih membuat
sketsa gambar benda-benda di sekitar rumahnya. Orang tua membantu siswa memilih
benda yang akan digambar sketsanya.
Penutup
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan berbicara
/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan
toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc