Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 3

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 3 - Berbagirpp.com  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan       : SD/MI  .....................
Kelas / Semester           :  2 /1
Tema                            :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                     :  Hidup Rukun di Sekolah ( Sub Tema 3)
Pembelajaran ke            :  3
Alokasi waktu                :  1 Hari

A.    TUJUAN

  1. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menemukan makna perintah yang terdapat dalam teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
  2. Dengan diberikan gambar, siswa dapat melatih menuliskan kalimat perintah yang sesuai dengan bahasa yang santun.
  3. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pengurangan dengan benar.
  4. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan  dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
  5. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan  dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.
  6. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat  menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan pengurangan dengan benar.
  7. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifkasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.
  8. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang ada di sekitar.
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Inti Kegiatan
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Ayo Mengamati
Ø  Sebagai pengantar pembelajaran, siswa mengamati gambar pada Buku Siswa. Gambar itu menceritakan kebersamaan para siswa dalam mengerjakan tugas piket.
Ø  Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pentingnya kebersamaan. Guru bisa memancing siswa dengan pertanyaan, apa akibatnya bila tugas membersihkan kelas tidak dilakukan bersama.
Ø  Selain kerja sama, siswa juga diingatkan pada pentingnya tanggung jawab dalam menjalankan tugas.

Ayo Membaca
Ø  Siswa membaca teks percakapan yang terdapat pada Buku Siswa.
Ø  Siswa menunjukkan kalimat perintah yang terdapat pada teks tersebut.
Ø  Siswa menjelaskan makna kalimat perintah tersebut. Guru membimbing siswa bila siswa belum mengerti makna kalimat tersebut. Salah satu cara adalah dengan memberi contoh konkret. Pada teks tersebut, kalimat perintah yang ditemukan adalah “Teman-teman, bersihkanlah kelas sesuai pembagian tugas.” Berilah contoh konkret apabila ketua kelas mengatakan hal itu kepada siswa, apa yang akan dilakukan oleh siswa. Jawaban dari siswa dapat diartikan sebagai makna dari kalimat tersebut. Misalnya, siswa menjawab, “Saya harus membersihkan kelas sesuai pembagian tugas.”
Ø  Siswa menjelaskan makna kalimat perintah yang disebutkan oleh guru sebagai latihan.Contoh:
1.     Kerjakanlah tugasmu dengan penuh tanggung jawab!
2.     Bacalah buku dengan teliti!

Ayo Menulis
Ø  Siswa mengamati gambar yang ada di Buku Siswa.
Ø  Siswa membuat kata-kata perintah yang berhubungan dengan gambar tersebut.
Ø  Target kata-kata perintah yang harus dibuat siswa minimal 5 kata. (Bahasa Indonesia KD 3.1).
(Creativity and Innovation)
Ø  Siswa menyebutkan kalimat menggunakan kata-kata perintah yang sudah dibuatnya.
Ø  Siswa menuliskan kalimat perintah tersebut pada bukunya menggunakan huruf tegak bersambung.
Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dengan menggunakan panduan penilaian sesuai Rubrik Penilaian (Bahasa Indonesia  KD 3.1 dan KD 4.1).Sikap yang dapat ditumbuhkan adalah santun.
Ayo Berlatih
Ø  Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai persoalan yang harus diselesaikan menggunakan operasi hitung pengurangan.
Ø  Siswa dibimbing guru untuk menghitung kapur yang ada dan sisa kapur yang belum digunakan. Dalam konteks penggunaan kapur, apabila kapur digunakan berarti kapur berkurang. Digunakan artinya berkurang
Ø  Siswa memperhatikan contoh penyelesaian pengurangan dengan cara panjang dan cara pendek.
Ø  Siswa berlatih mengerjakan soal-soal latihan pengurangan.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ø  Siswa berlatih memecahkan permasalahan yang berkaitan denganpengurangan.
Soal:
1.     Banyak kapur di kelas Udin semula 478. Kapur yang sudah digunakan sebanyak 256. Berapa banyak kapur yang tersisa? Kerjakan dengan cara panjang dan cara pendek!
2.     Banyak buku yang ada di lemari guru ada 231. Dipinjam para siswa sebanyak 122. Berapa buku yang tersisa di lemari guru sekarang?
Ayo Berkreasi
Ø  Siswa membuat gambar imajinatif dengan membuat sketsa terlebih dahulu. Gambar imajinatif yang akan dibuat adalah gambar bunga dan daun.
Ø  Sketsa yang dibuat nantinya akan diberi warna dengan alat warna yang sudah dipilih oleh siswa.
Ø  Kegiatan ini akan dilanjutkan pada pembelajaran berikutnya.
(Creativity and Innovation)

Kegiatan Bersama Orang Tua
Guru menugaskan kepada siswa untuk berlatih membuat sketsa gambar benda-benda di sekitar rumahnya. Orang tua membantu siswa memilih benda yang akan digambar sketsanya.

Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. 


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.



Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel