Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 1

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 1 - Berbagi RPP  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan            : SD/MI  .....................
Kelas / Semester    :  2 /1
Tema                                 :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                          :  Hidup Rukun di Sekolah ( Sub Tema 3)
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu                     :  1 Hari

A.  TUJUAN
1.   Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
2.   Dengan diberikan kalimat perintah yang rumpang, siswa dapat melengkapi kalimat perintah dengan kata yang tepat.
3.   Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan tepat.
4.   Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif dengan tepat.
5.   Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat  mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar imajinatif dengan tepat.
6.   Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.
7.   Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya.
8.   Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan benar.
9.   Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan benar.
10. Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan benar.

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Inti Kegiatan
Ayo Mengamati
Ø  Siswa mengamati teks percakapan antara Udin dan ibunya yang terdapat di Buku Siswa. Di dalam percakapan tersebut terdapat kalimat perintah.
Ø  Siswa menyebutkan kalimat perintah yang terdapat dalam percakapan tersebut, kemudian menuliskannya di tempat yang tersedia.
Ø  Siswa membaca kalimat yang dituliskan secara bergiliran.

Ayo Berlatih
Ø  Siswa membuat kalimat perintah sesuai dengan gambar percakapan.
Ø  Siswa melengkapi kalimat sehingga menjadi kalimat perintah.Soal latihan pada halaman sesuai dengan KD 3.1 Bahasa Indonesia. Contoh jawaban soal adalah sebagai berikut.
·         Masuklah ke kelas setelah bel berbunyi
·         Jagalah kebersihan kelas
·         Tutuplah pintu setelah masuk ke dalam ruangan!
·         Aturlah buku-buku di rak agar terlihat rapi!
·         Buanglah sampah pada tempatnya!
Ø  Perlu diingat bahwa jawaban siswa bisa berbeda-beda. Guru mengamati kemampuan siswa dalam melengkapi kalimat menjadi kalimat perintah. Kalimat perintah ditandai dengan kata di awal kalimat yang menggunakan “lah”, misalnya masuklah, tutuplah, dan bukalah. Tanda baca yang menandai kalimat perintah adalah tanda seru “!”.
Ø  Siswa membaca kalimat perintah yang sudah dibuatnya. (Rubrik Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 4.1)Skor: 1005  5 = 100
(Creativity and Innovation)

Ayo Mengamati
Ø  Siswa mengamati gambar peralatan yang digunakan untuk menggambar (membuat karya imajinatif).
Ø  Siswa memasangkan gambar karya imajinatif dengan alat mewarnai yang sesuai. Usahakan membawa alat mewarnai seperti yang dimaksud dalam Buku Siswa. Guru memperagakan cara mewarnai dengan alat gambar tersebut.
Ø  Siswa mencoba menggunakan berbagai alat mewarnai yang dibawanya.

Ayo Berkreasi
Ø  Siswa mengamati kegiatan yang dilakukan di sekolah, misalnya menulis, membaca, bermain di halaman sekolah, dan membersihkan kelas.
Ø  Siswa menggambar benda-benda atau makhluk hidup yang berhubungan dengan kegiatan di sekolah sesuai dengan pengalamannya. Misalnya, menggambar buku, meja, tas sekolah, tanaman di dalam pot, sapu, ember, pohon, hewan yang dilihatnya di sekolah.
Ø  Siswa mewarnai gambar yang sudah digambar dengan salah satu alat mewarnai. Guru mengamati kemampuan siswa berpedoman pada rubrik penilaian 2 (SBDP KD 3.1 dan KD 4.1).

Ayo Berlatih
Ø  Guru memberi pengantar mengenai kegiatan di sekolah yang dilakukan oleh para siswa. Guru mengemukakan banyak siswa yang terdapat di sekolah tersebut.
Ø  Siswa mengamati gambar kumpulan kubus yang menyatakan banyak
Ø  siswa laki-laki dan banyak siswa perempuan.
Ø  Siswa menjumlahkan banyak siswa yang terdapat di sekolah.
Ø  Siswa mengamati cara menjumlah dengan cara pendek dan cara panjang.
Ø  Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk bertanya tentang menjumlah dengan cara panjang dan cara pendek. Guru membuat beberapa contoh agar siswa lebih memahami.
Ø  Siswa berlatih mengerjakan soal seperti yang ada di Buku Siswa. (Penilaiaan Pengetahuan KD 3.1).
Ø  Siswa mengerjakan soal cerita dengan menggunakan penjumlahan cara panjang. (Rubrik Penilaian 3, Matematika KD 4.1)
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi dengan orang tua mengenai contoh-contoh hidup rukun di sekolah.

Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.







 
C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.





Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................


Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel