RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 1
Rabu, 29 Juli 2020
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan :
SD/MI .....................
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema
1)
Sub Tema : Hidup Rukun di
Sekolah ( Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
1. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup
rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan
dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
2. Dengan diberikan kalimat perintah yang rumpang,
siswa dapat melengkapi kalimat perintah dengan kata yang tepat.
3. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan tepat.
4. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa
dapat mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif dengan tepat.
5. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa
dapat mengidentifikasi cara menggunakan
alat dan bahan menggambar imajinatif dengan tepat.
6. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa
dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.
7. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa
dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya.
8. Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat
menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan
dengan benar.
9. Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat
melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang
dengan benar.
10. Dengan diberikan benda konkret, siswa dapat
melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek
dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembukaan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Inti Kegiatan
Ayo
Mengamati
Ø Siswa mengamati teks percakapan antara Udin dan ibunya yang terdapat di
Buku Siswa. Di dalam percakapan tersebut terdapat kalimat perintah.
Ø Siswa menyebutkan kalimat perintah yang terdapat dalam percakapan tersebut,
kemudian menuliskannya di tempat yang tersedia.
Ø Siswa membaca kalimat yang dituliskan secara bergiliran.
Ayo
Berlatih
Ø Siswa membuat kalimat perintah sesuai dengan gambar percakapan.
Ø Siswa melengkapi kalimat sehingga menjadi kalimat perintah.Soal latihan
pada halaman sesuai dengan KD 3.1 Bahasa Indonesia. Contoh jawaban soal adalah sebagai berikut.
·
Masuklah ke kelas
setelah bel berbunyi
·
Jagalah kebersihan kelas
·
Tutuplah pintu setelah
masuk ke dalam ruangan!
·
Aturlah buku-buku di rak
agar terlihat rapi!
·
Buanglah sampah pada
tempatnya!
Ø Perlu diingat bahwa jawaban siswa bisa berbeda-beda. Guru mengamati
kemampuan siswa dalam melengkapi kalimat menjadi kalimat perintah. Kalimat
perintah ditandai dengan kata di awal kalimat yang menggunakan “lah”, misalnya
masuklah, tutuplah, dan bukalah. Tanda baca yang menandai kalimat perintah adalah tanda seru “!”.
Ø Siswa membaca kalimat perintah yang sudah dibuatnya. (Rubrik Penilaian 1, Bahasa Indonesia KD 4.1)Skor: 1005 5 = 100
(Creativity
and Innovation)
Ayo Mengamati
Ø Siswa mengamati gambar peralatan yang digunakan untuk menggambar (membuat
karya imajinatif).
Ø Siswa memasangkan gambar karya imajinatif dengan alat mewarnai yang sesuai.
Usahakan membawa alat mewarnai seperti yang dimaksud dalam Buku Siswa. Guru
memperagakan cara mewarnai dengan alat gambar tersebut.
Ø Siswa mencoba menggunakan berbagai alat mewarnai yang dibawanya.
Ayo
Berkreasi
Ø Siswa mengamati kegiatan yang dilakukan di sekolah, misalnya menulis, membaca,
bermain di halaman sekolah, dan membersihkan kelas.
Ø Siswa menggambar benda-benda atau makhluk hidup yang berhubungan dengan
kegiatan di sekolah sesuai dengan pengalamannya. Misalnya, menggambar buku,
meja, tas sekolah, tanaman di dalam pot, sapu, ember, pohon, hewan yang
dilihatnya di sekolah.
Ø Siswa mewarnai gambar yang sudah digambar dengan salah satu alat mewarnai.
Guru mengamati kemampuan siswa berpedoman pada rubrik penilaian 2 (SBDP KD 3.1
dan KD 4.1).
Ayo
Berlatih
Ø Guru memberi pengantar mengenai kegiatan di sekolah yang dilakukan oleh
para siswa. Guru mengemukakan banyak siswa yang terdapat di sekolah tersebut.
Ø Siswa mengamati gambar kumpulan kubus yang menyatakan banyak
Ø siswa laki-laki dan banyak siswa perempuan.
Ø Siswa menjumlahkan banyak siswa yang terdapat di sekolah.
Ø Siswa mengamati cara menjumlah dengan cara pendek dan cara panjang.
Ø Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk bertanya tentang menjumlah dengan
cara panjang dan cara pendek. Guru membuat beberapa contoh agar siswa lebih memahami.
Ø Siswa berlatih mengerjakan soal seperti yang ada di Buku Siswa. (Penilaiaan
Pengetahuan KD 3.1).
Ø Siswa mengerjakan soal cerita dengan menggunakan penjumlahan cara panjang.
(Rubrik Penilaian 3, Matematika KD 4.1)
(Critical
Thinking and Problem Formulation)
Kegiatan
Bersama Orang Tua
Ø Guru menugaskan kepada siswa untuk berdiskusi dengan orang tua mengenai
contoh-contoh hidup rukun di sekolah.
Penutup
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan berbicara
/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1