Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 4

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 4 - Berbagirpp.com  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Sekolah ( Sub Tema 3)
Pembelajaran ke         :  4
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN

  1. Dengan diberikan teks percakapan, siswa dapat menemukan kalimat  perintah  yang terdapat dalam teks tersebut dengan benar.
  2. Dengan diberikan teks pendek, siswa dapat menuliskan kalimat perintah yang diucapkan oleh pemimpin upacara.
  3. Dengan diberikan teks pendek, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan dengan tepat.
  4. Dengan diberikan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan penjumlahan dengan benar.
  5. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifkasi langkah-langkah mewarnai menggambar imajinatif dengan tepat.
  6. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, siswa dapat mewarnai gambar imajinatif dengan alat yang tepat..

Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Inti Kegiatan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø  Sebagai pengantar pembelajaran, siswa mengamati percakapan antara guru dan siswa yang terdapat di dalam Buku Siswa. Di dalam teks percakapan terdapat kalimat perintah. Siswa menyebutkan kalimat perintah tersebut.

Ayo Menulis
Ø  Siswa mengidentifikasi kalimat-kalimat yang diucapkan pemimpin upacara ketika upacara bendera. Siswa dapat berdiskusi dengan teman di sebelahnya.
Ø  Siswa menuliskan kalimat perintah yang diucapkan oleh pemimpin upacara.
Ø  Contoh Jawaban: Kepada Sang Merah Putih, hormat gerak!Guru memberikan penilaian terhadap jawaban siswa. (Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1)
(Creativity and Innovation)
Ayo Berlatih
Ø  Guru memberi pengantar tentang jumlah peserta upacara untuk dikaitkan dengan operasi penjumlahan. Misalnya, peserta upacara terdiri atas siswa dan guru. Siswa yang mengikuti upacara sebanyak 239. Guru yang mengikuti upacara sebanyak 15. Siswa diminta menjumlah peserta upacara itu dengan operasi penjumlahan cara panjang dan cara pendek.
Jawaban Soal Latihan:
Ø  Siswa berlatih membuat soal cerita, teman di sebelahnya menjawab soal tersebut.
Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam memecahkan persoalan berkaitan dengan penjumlahan bilangan tiga angka. (Penilaian Matematika KD 3.3 dan KD 4.3).
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Berkreasi
Ø  Siswa melanjutkan gambar yang telah dibuatnya pada pembelajaran sebelumnya.
Ø  Gambar yang dibuat siswa diwarnai dengan alat mewarnai sesuai dengan minat siswa.
Ø  Setelah selesai digambar dan diwarnai, siswa memajang gambar tersebut atau dapat juga digunakan sebagai hiasan di kelas.
Ø  Apabila digunakan sebagai hiasan di kelas, guru membimbing siswa agar gambar-gambar tersebut dapat diatur dengan rapi.
Ø  Guru memberi penilaian sesuai dengan rubrik penilaian (SBDP KD 3.1 dan 4.1)

Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Guru menugaskan kepada siswa untuk berlatih membuat soal cerita tentang penjumlahan bilangan tiga angka. Orang tua membimbing siswa, antara lain dengan cara menentukan bilangan yang akandimasukkan dalam soal cerita. Pada pembelajaran berikutnya, siswa mengumpulkan soal cerita itu kepada guru.

Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.



Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel