RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 4
Rabu, 29 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 4 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (
Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks percakapan, siswa
dapat menemukan kalimat
perintah yang terdapat dalam
teks tersebut dengan benar.
- Dengan diberikan teks pendek, siswa dapat
menuliskan kalimat perintah yang diucapkan oleh pemimpin upacara.
- Dengan diberikan teks pendek, siswa dapat
menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang
penjumlahan dengan tepat.
- Dengan diberikan soal cerita, siswa dapat
menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan
penjumlahan dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif,
siswa dapat mengidentifkasi langkah-langkah mewarnai menggambar imajinatif
dengan tepat.
- Dengan diberikan contoh gambar imajinatif,
siswa dapat mewarnai gambar imajinatif dengan alat yang tepat..
Pembukaan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Inti Kegiatan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Ø Sebagai
pengantar pembelajaran, siswa mengamati percakapan antara guru dan siswa yang
terdapat di dalam Buku Siswa. Di dalam teks percakapan terdapat kalimat perintah. Siswa
menyebutkan kalimat perintah tersebut.
Ayo Menulis
Ø Siswa
mengidentifikasi kalimat-kalimat yang diucapkan pemimpin upacara ketika upacara
bendera. Siswa dapat berdiskusi dengan teman di sebelahnya.
Ø Siswa
menuliskan kalimat perintah yang diucapkan oleh pemimpin upacara.
Ø Contoh
Jawaban: Kepada Sang Merah Putih, hormat gerak!Guru memberikan penilaian
terhadap jawaban siswa. (Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1)
(Creativity and Innovation)
Ayo Berlatih
Ø Guru
memberi pengantar tentang jumlah peserta upacara untuk dikaitkan dengan operasi
penjumlahan. Misalnya, peserta upacara terdiri atas siswa dan guru. Siswa yang
mengikuti upacara sebanyak 239. Guru yang mengikuti upacara sebanyak 15. Siswa
diminta menjumlah peserta upacara itu dengan operasi penjumlahan cara panjang
dan cara pendek.
Jawaban Soal Latihan:
Ø Siswa
berlatih membuat soal cerita, teman di sebelahnya menjawab soal tersebut.
Ø Guru
mengamati kemampuan siswa dalam memecahkan persoalan berkaitan dengan
penjumlahan bilangan tiga angka. (Penilaian Matematika KD 3.3 dan KD 4.3).
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berkreasi
Ø Siswa
melanjutkan gambar yang telah dibuatnya pada pembelajaran sebelumnya.
Ø Gambar
yang dibuat siswa diwarnai dengan alat mewarnai sesuai dengan minat siswa.
Ø Setelah
selesai digambar dan diwarnai, siswa memajang gambar tersebut atau dapat juga
digunakan sebagai hiasan di kelas.
Ø Apabila
digunakan sebagai hiasan di kelas, guru membimbing siswa agar gambar-gambar
tersebut dapat diatur dengan rapi.
Ø Guru
memberi penilaian sesuai dengan rubrik penilaian (SBDP KD 3.1 dan 4.1)
Kegiatan Bersama
Orang Tua
Ø Guru
menugaskan kepada siswa untuk berlatih membuat soal cerita tentang penjumlahan
bilangan tiga angka. Orang tua membimbing siswa, antara lain dengan cara
menentukan bilangan yang akandimasukkan dalam soal cerita. Pada pembelajaran
berikutnya, siswa mengumpulkan soal cerita itu kepada guru.
Penutup
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.
Menyanyikan
salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan
toleransi.
5. Salam dan
do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc