Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 5

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 5  - Berbagirpp.com  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                   :  Hidup Rukun di Sekolah ( Sub Tema 3)
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN

  1. Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan perilaku di sekolah  yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
  2. Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di sekolah dengan benar.
  3. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kalimat perintah yang terdapat di dalam teks dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam teks dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
  5. Dengan diberikan contoh gerakan berlari  oleh guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
  6. Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat  mempraktikkan gerak berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Inti Kegiatan
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø  Sebagai pengantar pembelajaran, guru memberikan pengantar pentingnya menjaga kekompakan agar selalu hidup rukun di sekolah. Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai pentingnya kerja sama di sekolah beserta contoh-contohnya.

Ayo Beraktivitas
Ø  Siswa melakukan pemanasan sebelum berolahraga.
Ø  Siswa melakukan gerakan berlari ke segala arah.
Ø  Siswa melakukan permainan membuat kelompok.
Aturan Permainan
·         Siswa membentuk formasi lingkaran, guru berada di luar lingkaran.
·         Guru membunyikan peluit, siswa memperhatikan jumlah peluit ditiup.
·         Siswa membentuk kelompok dengan teman sesuai jumlah bunyi peluit, misalnya peluit berbunyi 3 kali ( priit, priit, priit) siswa membentuk kelompok 3 orang.
·         Begitu peluit berbunyi, siswa harus segera berlari membentuk kelompok.
·         Siswa yang tidak mendapat kelompok, diberi sanksi menyanyi, menari, atau bercerita.
·         Guru mengamati kemampuan siswa dalam berlari dan melakukan permainan dengan berpedoman pada rubrik penilaian (PJOK KD 3.1 dan 4.1)
(Creativity and Innovation)

Ayo Berdiskusi
Ø  Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 3 – 4 orang.
Ø  Siswa berdiskusi tentang penerapan sila ketiga Pancasila.
Ø  Bahan diskusi berupa pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar yang harus diamati. Pada gambar diceritakan tentang siswa yang tersenggol dan jatuh ketika bermain membuat kelompok.
Ø  Siswa mendiskusikan tentang hal yang harus dilakukan ketika temannya tersenggol hingga jatuh.
Ø  Gambar yang ada di Buku Siswa dapat digunakan sebagai bantuan untuk mengemukakan pendapat siswa.
Ø  Jawaban atas pertanyaan itu merupakan salah satu contoh penerapan sila ketiga Pancasila.
Ø  Siswa menentukan contoh sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
Ø  Siswa menuliskan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila, minimal 4 contoh.
Ø  Siswa menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila.
Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam memahami penerapan sila ketiga Pancasila di sekolah menggunakan rubrik penilaian (PPKn KD 3.1 dan 4.1)
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Membaca
Ø  Siswa membaca kalimat-kalimat yang diucapkan oleh guru seperti pada Buku Siswa
Ø  Siswa mengamati kalimat perintah yang pernah diucapkan oleh guru setelah berolahraga.

Ø  Siswa menuliskan manfaat dari kalimat perintah tersebut.


C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.



Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel