RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 5
Rabu, 29 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 5 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (
Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun,
siswa dapat menunjukkan perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
dengan benar.
- Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di
sekolah dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun, siswa dapat menyebutkan kalimat perintah yang terdapat di dalam
teks dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun, siswa dapat menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam teks dalam
bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh guru, siswa dapat menjelaskan
prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh,
riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gerakan berlari oleh
guru, siswa dapat mempraktikkan
gerak berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
Pembukaan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Inti Kegiatan
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Ø Sebagai
pengantar pembelajaran, guru memberikan pengantar pentingnya menjaga kekompakan
agar selalu hidup rukun di sekolah. Guru bertanya jawab dengan siswa
mengenai pentingnya kerja sama di sekolah beserta contoh-contohnya.
Ayo Beraktivitas
Ø Siswa
melakukan pemanasan sebelum berolahraga.
Ø Siswa
melakukan gerakan berlari ke segala arah.
Ø Siswa
melakukan permainan membuat kelompok.
Aturan Permainan
·
Siswa membentuk formasi lingkaran, guru berada di luar
lingkaran.
·
Guru membunyikan peluit, siswa memperhatikan jumlah
peluit ditiup.
·
Siswa membentuk kelompok dengan teman sesuai jumlah bunyi
peluit, misalnya peluit berbunyi 3 kali ( priit, priit, priit) siswa membentuk
kelompok 3 orang.
·
Begitu peluit berbunyi, siswa harus segera berlari
membentuk kelompok.
·
Siswa yang tidak mendapat kelompok, diberi sanksi
menyanyi, menari, atau bercerita.
·
Guru mengamati kemampuan siswa dalam berlari dan
melakukan permainan dengan berpedoman pada rubrik penilaian (PJOK KD 3.1 dan
4.1)
(Creativity and Innovation)
Ayo Berdiskusi
Ø Siswa
membentuk kelompok yang terdiri atas 3 – 4 orang.
Ø Siswa
berdiskusi tentang penerapan sila ketiga Pancasila.
Ø Bahan
diskusi berupa pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar yang harus diamati.
Pada gambar diceritakan tentang siswa yang tersenggol dan jatuh ketika bermain
membuat kelompok.
Ø Siswa
mendiskusikan tentang hal yang harus dilakukan ketika temannya tersenggol
hingga jatuh.
Ø Gambar
yang ada di Buku Siswa dapat digunakan sebagai bantuan untuk mengemukakan
pendapat siswa.
Ø Jawaban
atas pertanyaan itu merupakan salah satu contoh penerapan sila ketiga
Pancasila.
Ø Siswa
menentukan contoh sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
Ø Siswa
menuliskan contoh pengamalan sila ketiga Pancasila, minimal 4 contoh.
Ø Siswa
menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila.
Ø Guru
mengamati kemampuan siswa dalam memahami penerapan sila ketiga Pancasila di
sekolah menggunakan rubrik penilaian (PPKn KD 3.1 dan 4.1)
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Membaca
Ø Siswa
membaca kalimat-kalimat yang diucapkan oleh guru seperti pada Buku Siswa
Ø Siswa
mengamati kalimat perintah yang pernah diucapkan oleh guru setelah berolahraga.
Ø Siswa
menuliskan manfaat dari kalimat perintah tersebut.
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc