RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 6
Rabu, 29 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 6 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Sekolah (
Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila
keempat Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila
kelima Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di
sekolah dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di
sekolah dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menyebutkan makna kalimat perintah yang terdapat di dalam teks
cerita atau lagu yang berisi ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup
rukun dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menggunakan kalimat peritah yang berkaitan dengan sikap hidup
rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret,
siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah
tentang pengurangan dengan tepat.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret,
siswa dapat melakukan pengurangan
dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan
tepat.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret ,
siswa dapat melakukan pengurangan
dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.
Pembukaan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Inti Kegiatan
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Ø Sebagai
pengantar pembelajaran, guru mengajak siswa menyanyikan salah satu lagu wajib. Siswa
mengamati gambar yang ada di Buku Siswa.
Ayo Berlatih
Ø Siswa
mengamati gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
Ø Siswa
membuat pertanyaan sesuai gambar yang diamati pada Buku Siswa.
Ø Siswa
menuliskan jawaban atas pertanyaan yang telah dibuat.
(Creativity and Innovation)
Ayo Berdiskusi
Ø Kemudian,
guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengusulkan lagu wajib apa yang akan
dinyanyikan. Apabila banyak usul yang dikemukakan, siswa mempraktikkan cara
menentukan lagu yang dipilih berdasarkan beberapa pilihan.
Ø Siswa
mengisi tabel pemungutan suara menentukan lagu wajib yang akan dinyanyikan.
Ø Siswa
menyanyikan lagu wajib hasil pilihan kelas.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Menulis
Ø Siswa
memahami bahwa bermusyawarah merupakan contoh penerapan sila keempat Pancasila.
Ø Siswa
memahami bahwa pembagian tugas di kelas secara adil merupakan penerapan sila
kelima Pancasila.
Ø Siswa
menyebutkan bunyi sila keempat Pancasila.
Ø Siswa
menuliskan penerapan sila keempat dan sila kelima Pancasila sesuai gambar yang
ada di Buku Siswa.
Ø Siswa
menuliskan contoh penerapan sila keempat atau sila kelima Pancasila pada tabel
yang tersedia.
(Creativity and Innovation)
Ayo Bercerita
Ø Siswa
menceritakan pengamalan sila keempat di sekolah.
Ø Siswa
menuliskan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di sekolah.
Ø Guru
memberi pengantar mengenai pemungutan suara untuk menentukan lagu yang akan
dinyanyikan. Peristiwa itu digunakan untuk masuk pada pencapaian KD matematika
tentang operasi pengurangan bilangan tiga angka. Misalnya, banyak lembar kertas
semula dikurangi dengan lembar kertas yang dibagikan.
Ayo Berlatih
Ø Siswa
mengerjakan soal cerita mengenai pengurangan. (Penilaian Matematika KD 3.1 dan
4.1)
Ø Siswa
berlatih membuat soal cerita yang berkaitan dengan operasi pengurangan.
Ø Siswa
bertukar soal, kemudian mengerjakan soal yang dibuat oleh temannya.
Ayo Mengamati
Ø Siswa
mendengarkan guru membaca syair lagu “Sebelum Kita Makan”.
Ø Siswa
menyanyikan lagu “Sebelum Kita Makan”.
Ø Siswa
menirukan syair lagu Sebelum Kita Makan yang dibacakan oleh satu siswa di
kelas.
Ø Siswa
melingkari kalimat perintah yang terdapat pada syair lagu.
Ayo Berlatih
Ø Siswa
membuat kalimat perintah sesuai dengan gambar-gambar yang ada di Buku Siswa.
Ø Siswa
membacakan kalimat yang dibuatnya itu di depan kelas.
(Creativity and Innovation)
Kegiatan Bersama
Orang Tua
Ø Guru
menugaskan kepada siswa untuk mencari lagu wajib yang mengandung kalimat
perintah serta manfaat perintah pada lagu tersebut. Tugas dilakukan di rumah
bersama orang tua. Tugas ini dikumpulkan esok harinya.
Penutup
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.
Menyanyikan
salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan
toleransi.
5. Salam dan
do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 2.1.2.Pembelajaran Ke 6 .doc