Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 6

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah 6  - Berbagirpp.com  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Sekolah ( Sub Tema 3)
Pembelajaran ke         :  6
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN

  1. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.
  2. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kelima Pancasila dengan benar.
  3. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di sekolah dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di sekolah dengan benar.
  5. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan makna kalimat perintah yang terdapat di dalam teks cerita atau lagu yang berisi ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
  6. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menggunakan kalimat peritah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
  7. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pengurangan dengan tepat.
  8. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan  dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
  9. Dengan diberikan kumpulan benda konkret , siswa dapat melakukan pengurangan  dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.

Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Inti Kegiatan
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø  Sebagai pengantar pembelajaran, guru mengajak siswa menyanyikan salah satu lagu wajib. Siswa mengamati gambar yang ada di Buku Siswa.

Ayo Berlatih
Ø  Siswa mengamati gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
Ø  Siswa membuat pertanyaan sesuai gambar yang diamati pada Buku Siswa.
Ø  Siswa menuliskan jawaban atas pertanyaan yang telah dibuat.
(Creativity and Innovation)

Ayo Berdiskusi
Ø  Kemudian, guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengusulkan lagu wajib apa yang akan dinyanyikan. Apabila banyak usul yang dikemukakan, siswa mempraktikkan cara menentukan lagu yang dipilih berdasarkan beberapa pilihan.
Ø  Siswa mengisi tabel pemungutan suara menentukan lagu wajib yang akan dinyanyikan.
Ø  Siswa menyanyikan lagu wajib hasil pilihan kelas.

(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Menulis
Ø  Siswa memahami bahwa bermusyawarah merupakan contoh penerapan sila keempat Pancasila.
Ø  Siswa memahami bahwa pembagian tugas di kelas secara adil merupakan penerapan sila kelima Pancasila.
Ø  Siswa menyebutkan bunyi sila keempat Pancasila.
Ø  Siswa menuliskan penerapan sila keempat dan sila kelima Pancasila sesuai gambar yang ada di Buku Siswa.
Ø  Siswa menuliskan contoh penerapan sila keempat atau sila kelima Pancasila pada tabel yang tersedia.

(Creativity and Innovation)
Ayo Bercerita
Ø  Siswa menceritakan pengamalan sila keempat di sekolah.
Ø  Siswa menuliskan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di sekolah.
Ø  Guru memberi pengantar mengenai pemungutan suara untuk menentukan lagu yang akan dinyanyikan. Peristiwa itu digunakan untuk masuk pada pencapaian KD matematika tentang operasi pengurangan bilangan tiga angka. Misalnya, banyak lembar kertas semula dikurangi dengan lembar kertas yang dibagikan.

Ayo Berlatih
Ø  Siswa mengerjakan soal cerita mengenai pengurangan. (Penilaian Matematika KD 3.1 dan 4.1)
Ø  Siswa berlatih membuat soal cerita yang berkaitan dengan operasi pengurangan.
Ø  Siswa bertukar soal, kemudian mengerjakan soal yang dibuat oleh temannya.

Ayo Mengamati
Ø  Siswa mendengarkan guru membaca syair lagu “Sebelum Kita Makan”.
Ø  Siswa menyanyikan lagu “Sebelum Kita Makan”.
Ø  Siswa menirukan syair lagu Sebelum Kita Makan yang dibacakan oleh satu siswa di kelas.
Ø  Siswa melingkari kalimat perintah yang terdapat pada syair lagu.

Ayo Berlatih
Ø  Siswa membuat kalimat perintah sesuai dengan gambar-gambar yang ada di Buku Siswa.
Ø  Siswa membacakan kalimat yang dibuatnya itu di depan kelas.
(Creativity and Innovation)

Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Guru menugaskan kepada siswa untuk mencari lagu wajib yang mengandung kalimat perintah serta manfaat perintah pada lagu tersebut. Tugas dilakukan di rumah bersama orang tua. Tugas ini dikumpulkan esok harinya.

Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................

Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel