Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 4

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 4 - Berbagirpp.com  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANRPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Tempat Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke         :  4
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
1.            Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak  kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
2.            Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, siswa  melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
3.            Dengan diberikan teks lagu tentang hidup rukun, siswa dapat menemukan kalimat ajakan  yang terdapat dalam teks lagu yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
4.            Dengan diberikan teks lagu tentang hidup rukun, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan yang terdapat pada teks lagu yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
5.            Dengan diberikan gambar kumpulan benda konkret, siswa dapat membandingkan banyaknya dua kumpulan benda.
6.            Dengan diberikan gambar kumpulan benda konkret, siswa dapat mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar dan sebaliknya.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit

Ayo Mencoba
Ø  Guru memberi pengantar cerita mengenai perayaan Hari Kemerdekaan di sebuah RT yang akan dimeriahkan dengan malam kesenian. Malam kesenian akan diisi oleh anak-anak yang ada dalam satu RT. Siswa diajak bertanya jawab hal yang terjadi di tempat tinggalnya. Tekankan pentingnya kerukunan dalam menyukseskan acara tersebut.
Ø  Siswa mengamati gambar anak-anak sedang menari. Guru menjelaskan bahwa tari-tarian itu merupakan gabungan dari gerak kepala, tangan, dan kaki.
Ø  Siswa memperagakan gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki. Guru membimbing siswa melakukan gerak koordinasi dengan hitungan.
Ø  Contoh gerakan tari yang diperagakan adalah gerakan bermain layang-layang. Oleh karena itu, tarian tersebut bisa dinamakan Tari Bermain Layang-Layang.
Ø  Siswa dan guru dapat berkreasi tarian lain dengan mengambil contoh gerakan keseharian, misalnya gerakan menyapu, menanam, dan mencangkul. Guru mengamati kemampuan siswa dalam melakukan erak koordinasi (Rubrik penilaian 1, SBdP KD 3.3 dan KD 4.3). Sikap yang dikembangkan adalah percaya diri.

Ayo Mengamati
Ø  Guru memberi pengantar bahwa ketika bermain dan berkumpul dengan teman-teman bermain, siswa perlu menjaga kerukunan.
Ø  Siswa menyimak teks lagu “Gembira Berkumpul” yang dibacakan oleh guru. Akan lebih baik bila siswa diajak untuk menyanyikan lagu tersebut. Kegiatan menyanyi ini tidak untuk mencapai kompetensi SBdP, namun digunakan agar kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan.
Ø  Siswa mengidentifikasi kalimat pada syair lagu yang menggunakan kalimat ajakan.

Ayo Menulis
Ø  Siswa menuliskan kalimat dalam syair lagu yang berisi ajakan. Guru menekankan bahwa kalimat ajakan dibuat dengan bahasa yang santun.(Creativity and Innovation)
Ø  Guru memeriksa hasil tulisan siswa. (Rubrik penilaian Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah teliti.

Ayo Mengamati
Ø  Guru memberi pengantar bahwa anak-anak di kampung Udin akan menghias panggung pertunjukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Guru dapat memancing siswa untuk bertanya jawab mengenai pengalaman serupa yang dialami di tempat tinggal siswa. Guru memfasilitasi siswa akan pentingnya kerja sama untuk menjaga kerukunan.
Ø  Siswa memperhatikan gambar tumpukan kertas warna yang akan digunakan untuk menghias panggung pertunjukan.
Ø  Siswa mengurutkan gambar banyak tumpukan kertas tersebut dari yang paling sedikit ke yang paling banyak.
Ø  Guru dapat menggunakan peraga yang lain dengan benda-benda yang ada, misalnya kelereng, lidi, dan lain-lain.

Ayo Berlatih
Ø  Siswa mengerjakan latihan yang ada di Buku Siswa. Guru mengamati pemahaman siswa mengenai urutan bilangan cacah dan kemampuan mengurutkan (Rubrik penilaian 3, Matematika KD 3.1 dan KD 4.1)Kegiatan Bersama Orang TuaSiswa diberi tugas oleh guru untuk menceritakan pengalamannya ketika berlatih menari di sekolah.  Cerita tersebut dapat menggambarkan perasaan siswa ketika berlatih. Orang tua dapat mengetahui hal-hal yang harus diperbaiki dan dikomunikasikan kepada pihak sekolah.

Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.







Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................


Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel