RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 5
Minggu, 26 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 5 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..
C. PENILAIAN (ASESMEN)
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Tempat
Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke :
5
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menuliskan kalimat yang berkaitan dengan sikap hidup rukun
dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup
rukun, siswa dapat menggunakan
kalimat ajakan dalam teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup
rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
- Dengan diberikan teks tentang sikap hidup
rukun, siswa dapat menunjukkan perilaku di tempat bermain yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila
dengan benar.
- Dengan diberikan contoh gerakan dari guru,
siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai
dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Dengan diberikan contoh dari guru, siswa
dapat mempraktikkan gerak berlari
ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Ayo Mengamati
Ø Siswa mengamati gambar dan teks percakapan yang ada di Buku Siswa.
Ø Siswa membuat teks percakapan dengan menggunakan kalimat ajakan yang
berkaitan dengan cerita hidup rukun. (Bahasa Indonesia, KD 3.1 dan KD 4.1).
Cerita yang ada adalah kegiatan Siti dan Lani untuk latihan menari. Di dalam
teks dijelaskan bahwa ketika menari, anak-anak harus menjaga kekompakan.
Ayo Membaca
Ø Siswa membaca teks pengalaman Lani berlatih menari.
Ø Siswa menceritakan pengalamannya mengajak teman dan tanggapan temannya.
Cerita tersebut dituliskan pada tempat yang tersedia, kemudian siswa
membacakannya. Namun, apabila waktu tidak memungkinkan, siswa mengumpulkan
tugasnya tersebut untuk diberi penilaian oleh guru.
Ayo Berdiskusi
Ø Siswa berdiskusi mengenai
kekompakan yang harus dijaga di dalam menari. Sikap kompak itu merupakan
pengamalan sila ketiga Pancasila di tempat bermain. Siswa mengidentifikasi
perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila di tempat bermain. (PPKn KD
3.1).
Ø Siswa berdiskusi dengan teman sebangku mengenai kerukunan dan kekompakan
yang harus dijaga ketika bermain dengan teman. Kemudian, menceritakan
pengalamannya menerapkan sila ketiga Pancasila (Rubrik Penilaian, Bahasa
Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1, PPKn KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan
adalah toleransi dalam berdiskusi dan percaya diri ketika bercerita.
Catatan:
Kegiatan pada halaman tersebut
merupakan kegiatan keterpaduan antara muatan Bahasa Indonesia dan PPKn.
Keterpaduan yang dimaksud adalah menggunakan teks bacaan yang
berkesinambungan untuk mencapai kompetensi dasar Bahasa Indonesia dan PPKn.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Mengamati
Ø Guru memberi pengantar mengenai pentingnya menjaga persatuan dan
kekompakan. Hal itu untuk mengaitkan pelajaran olahraga dengan tema yang
sedang digunakan dalam proses pembelajaran. Kekompakan itu akan diterapkan
dalam permainan bentengan yang akan dilakukan oleh siswa.
Ø Siswa diajak melakukan pemanasan sebelum melakukan permainan. Guru
mengingatkan kembali gerak dasar lokomotor. Siswa memperagakan gerakan
tersebut. Guru mengamati kemampuan siswa dalam melakukan gerakan tersebut
(Rubrik penilaian 2, PJOK KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah
tertib.
Ø Siswa melakukan permainan berlari berpasangan dengan rintangan. Guru
menjelaskan aturan permainan. Siswa melakukan permainan dengan sportif.
Ø Apabila waktu masih memungkinkan, siswa dapat melakukan permainan
bentengan. Tekankan kepada siswa pentingnya persatuan dan kekompakan ketika
bermain.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Siswa diberi tugas untuk menjelaskan kepada orang tua mengenai penerapan
sila ketiga Pancasila yang sudah dilakukan. Orang tua bersama siswa mencari
contoh-contoh lain mengenai penerapan sila ketiga Pancasila di tempat
bermain.
|
||
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
Subtema 1
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1