Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 5

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 5 -  Berbagirpp.com  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANRPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Tempat Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke         :  5
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menuliskan kalimat yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
  2. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,  siswa dapat menggunakan kalimat ajakan dalam teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
  3. Dengan diberikan teks tentang sikap hidup rukun, siswa dapat menunjukkan perilaku di tempat bermain  yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
  4. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila dengan benar.
  5. Dengan diberikan contoh gerakan dari guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
  6. Dengan diberikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerak berlari  ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dengan benar.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit

Ayo Mengamati
Ø  Siswa mengamati gambar dan teks percakapan yang ada di Buku Siswa.
Ø  Siswa membuat teks percakapan dengan menggunakan kalimat ajakan yang berkaitan dengan cerita hidup rukun. (Bahasa Indonesia, KD 3.1 dan KD 4.1). Cerita yang ada adalah kegiatan Siti dan Lani untuk latihan menari. Di dalam teks dijelaskan bahwa ketika menari, anak-anak harus menjaga kekompakan.
Ayo Membaca
Ø  Siswa membaca teks pengalaman Lani berlatih menari.
Ø  Siswa menceritakan pengalamannya mengajak teman dan tanggapan temannya. Cerita tersebut dituliskan pada tempat yang tersedia, kemudian siswa membacakannya. Namun, apabila waktu tidak memungkinkan, siswa mengumpulkan tugasnya tersebut untuk diberi penilaian oleh guru.
Ayo Berdiskusi
Ø  Siswa  berdiskusi mengenai kekompakan yang harus dijaga di dalam menari. Sikap kompak itu merupakan pengamalan sila ketiga Pancasila di tempat bermain. Siswa mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila di tempat bermain. (PPKn KD 3.1).
Ø  Siswa berdiskusi dengan teman sebangku mengenai kerukunan dan kekompakan yang harus dijaga ketika bermain dengan teman. Kemudian, menceritakan pengalamannya menerapkan sila ketiga Pancasila (Rubrik Penilaian, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1, PPKn KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah toleransi dalam berdiskusi dan percaya diri ketika bercerita.
Catatan:
Kegiatan pada halaman tersebut merupakan kegiatan keterpaduan antara muatan Bahasa Indonesia dan PPKn. Keterpaduan yang dimaksud adalah menggunakan teks bacaan yang berkesinambungan untuk mencapai kompetensi dasar Bahasa Indonesia dan PPKn.
 (Critical Thinking and Problem      Formulation)
Ayo Mengamati
Ø  Guru memberi pengantar mengenai pentingnya menjaga persatuan dan kekompakan. Hal itu untuk mengaitkan pelajaran olahraga dengan tema yang sedang digunakan dalam proses pembelajaran. Kekompakan itu akan diterapkan dalam permainan bentengan yang akan dilakukan oleh siswa.
Ø  Siswa diajak melakukan pemanasan sebelum melakukan permainan. Guru mengingatkan kembali gerak dasar lokomotor. Siswa memperagakan gerakan tersebut. Guru mengamati kemampuan siswa dalam melakukan gerakan tersebut (Rubrik penilaian 2, PJOK KD 3.1 dan KD 4.1). Sikap yang dikembangkan adalah tertib.
Ø  Siswa melakukan permainan berlari berpasangan dengan rintangan. Guru menjelaskan aturan permainan. Siswa melakukan permainan dengan sportif.
Ø  Apabila waktu masih memungkinkan, siswa dapat melakukan permainan bentengan. Tekankan kepada siswa pentingnya persatuan dan kekompakan ketika bermain.

Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Siswa diberi tugas untuk menjelaskan kepada orang tua mengenai penerapan sila ketiga Pancasila yang sudah dilakukan. Orang tua bersama siswa mencari contoh-contoh lain mengenai penerapan sila ketiga Pancasila di tempat bermain.


Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.







Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 




 ..........................                                                                                           .......................

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel