Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 3

RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 3 - Berbagirpp.com  kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANRPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                  :  Hidup Rukun di Tempat Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke         :  3
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   TUJUAN
  1. Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala dengan benar.
  2. Dengan diberi contoh gerakan oleh guru, siswa dapat melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
  3. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat membuat teks percakapan yang mengandung kalimat ajakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
  4. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, siswa dapat memperagakan kalimat ajakan yang terdapat pada teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
  5. Dengan diberikan alat dan bahan serta langkah membuat kartu bilangan, siswa dapat  membandingkan bilangan tiga angka dengan menggunakan kartu bilangan.
  6. Dengan diberikan soal latihan, siswa dapat membubuhkan tanda <, =,  atau > di antara dua bilangan tiga angka dengan tepat.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit
Inti
Ayo Mengamati
Ø  Siswa mengamati gambar yang ada di dalam Buku Siswa. Guru memperagakan contoh gerakan. Pertama adalah gerakan tangan, kemudian kaki, selanjutnya adalah gerakan kepala.
Ø  Setelah gerakan tangan, kaki, dan kepala dapat dilakukan dengan baik, siswa memperagakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala dengan mengambil contoh gerakan bermain layang-layang.
Ø  Siswa memperagakan gerakan koordinasi sesuai dengan contoh.
Ø  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum diketahuinya. Selama proses peragaan, guru mengamati kemampuan siswa dalam memperagakan gerakan. Apabila ada yang belum benar, guru memberi contoh dan membantu siswa agar dapat melakukan gerakan dengan benar. (Rubrik penilaian 1, SBdP KD 3.3 dan KD 3.4)
Ayo Bermain Peran
Ø  Siswa mengerjakan tugas membuat percakapan dengan teman di sebelahnya. Siswa dapat mengamati teks percakapan atau teks cerita sebelumnya untuk membantu dalam penyusunan kalimatnya.
Ø  Kalimat percakapan memuat kalimat ajakan. Oleh karena itu, siswa perlu contoh kalimat-kalimat yang bisa digunakan untuk percakapan.
Ø  Kemudian, teks percakapan tersebut diperankan secara berpasangan.
Ø  Guru mengamati kemampuan siswa dalam penyusunan kalimat yang menggunakan ajakan. (Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1)
Ayo Mengamati
Ø  Guru memberi pengantar cerita mengenai kerukunan untuk mengaitkan muatan matematika yang akan dipelajari.
Ø  Siswa mengamati cara membandingkan  dua bilangan cacah seperti yang tertulis pada Buku Siswa. Pada saat proses memahami cara membandingkan, siswa dapat saling bertanya dengan teman atau bahkan mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi tersebut. Sebagai pancingan, guru dapat mengemukakan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Andaikan cerita itu pernah dialami oleh siswa, maka guru bisa bertanya kepada siswa mengenai hal yang dialaminya berkaitan dengan bilangan tersebut. (HOTS)
Ayo Berkreasi
Ø  Siswa menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat kartu bilangan.
Ø  Siswa membuat kartu bilangan di bawah bimbingan guru
Ø  Guru mengajak siswa melakukan permainan membandingkan bilangan dengan menggunakan kartu bilangan yang dibuat. Kegiatan berkreasi ini tidak digunakan untuk mencapai KD SBdP, namun merupakan sarana agar siswa dapat belajar lebih menyenangkan. Guru dapat mengamati siswa dalam menyusun bilangan tiga angka dan membandingkan dua bilangan cacah. (Matematika KD 3.2)
Ø  Permainan kartu bilangan dilakukan dalam kelompok. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 orang. Cara Bermain:
·         Semua siswa dalam kelompok mengambil tiga kartu, kemudian menyusunnya menjadi bilangan tiga angka.
·         Secara berkelompok, siswa membuat perbandingan dua bilangan cacah dan menuliskannya dalam tabel pada Buku Siswa.
        (Creativity and Innovation)
Ayo Berlatih
Ø  Siswa berlatih mengerjakan soal-soal yang ada di Buku Siswa.
Ø  Siswa membandingkan dua bilangan tiga angka dengan memperhatikan dua angka penyusunnya.
Ø  Siswa membandingkan dua bilangan tiga angka dengan menuliskan tanda <, =, atau >. 
(Critical Thinking and Problem Formulation)

Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Siswa belajar membandingkan bilangan tiga angka bersama orang tua dengan menggunakan kartu bilangan. Siswa bisa membuat kartu bilangan lagi dengan memanfaatkan kalender bekas yang ada di rumah. Siswa membuat kartu bilangan yang dapat digunakan sebagai alat peraga untuk memahami bilangan tiga angka.
140 menit

Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

15 menit




C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.







Mengetahui

 Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 1 


 ..........................                                                                                          ........................

 NIP. ..................                                                                                          NIP...................


Subtema 4

RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD  Tema 2
Subtema 1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel