RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 3
Minggu, 26 Juli 2020
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Tempat
Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke :
3
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberi contoh gerakan oleh guru,
siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala dengan
benar.
- Dengan diberi contoh gerakan oleh guru,
siswa dapat melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai
hitungan dengan benar.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun, siswa dapat membuat teks percakapan yang mengandung kalimat ajakan
yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
- Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun, siswa dapat memperagakan kalimat ajakan yang terdapat pada teks
percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan
bahasa yang santun.
- Dengan diberikan alat dan bahan serta
langkah membuat kartu bilangan, siswa dapat membandingkan bilangan tiga angka dengan
menggunakan kartu bilangan.
- Dengan diberikan soal latihan, siswa dapat
membubuhkan tanda <, =, atau
> di antara dua bilangan tiga angka dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Inti
|
Ayo Mengamati
Ø Siswa mengamati gambar yang ada di dalam Buku Siswa. Guru memperagakan
contoh gerakan. Pertama adalah gerakan tangan,
kemudian kaki, selanjutnya adalah gerakan kepala.
Ø Setelah gerakan tangan, kaki, dan kepala dapat dilakukan dengan baik,
siswa memperagakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala dengan
mengambil contoh gerakan bermain layang-layang.
Ø Siswa memperagakan gerakan koordinasi sesuai dengan contoh.
Ø Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum
diketahuinya. Selama proses peragaan, guru mengamati kemampuan siswa dalam
memperagakan gerakan. Apabila ada yang belum benar, guru memberi contoh dan
membantu siswa agar dapat melakukan gerakan dengan benar. (Rubrik penilaian 1, SBdP KD 3.3 dan KD 3.4)
Ayo Bermain Peran
Ø Siswa mengerjakan tugas membuat percakapan dengan teman di sebelahnya. Siswa dapat mengamati teks percakapan atau teks cerita sebelumnya untuk
membantu dalam penyusunan kalimatnya.
Ø Kalimat percakapan memuat kalimat ajakan. Oleh karena itu, siswa perlu
contoh kalimat-kalimat yang bisa digunakan untuk percakapan.
Ø Kemudian, teks percakapan tersebut diperankan secara berpasangan.
Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam penyusunan kalimat yang menggunakan
ajakan. (Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1)
Ayo Mengamati
Ø Guru memberi pengantar cerita mengenai kerukunan untuk mengaitkan muatan
matematika yang akan dipelajari.
Ø Siswa mengamati cara membandingkan
dua bilangan cacah seperti yang tertulis pada Buku Siswa. Pada saat
proses memahami cara membandingkan, siswa dapat saling bertanya dengan teman
atau bahkan mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi tersebut.
Sebagai pancingan, guru dapat mengemukakan contoh dalam kehidupan
sehari-hari. Andaikan cerita itu pernah dialami oleh siswa, maka guru bisa
bertanya kepada siswa mengenai hal yang dialaminya berkaitan dengan bilangan
tersebut. (HOTS)
Ayo Berkreasi
Ø Siswa menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat kartu
bilangan.
Ø Siswa membuat kartu bilangan di bawah bimbingan guru
Ø Guru mengajak siswa melakukan permainan membandingkan bilangan dengan menggunakan
kartu bilangan yang dibuat. Kegiatan berkreasi ini tidak digunakan untuk
mencapai KD SBdP, namun merupakan sarana agar siswa dapat belajar lebih
menyenangkan. Guru dapat mengamati siswa dalam menyusun bilangan tiga angka
dan membandingkan dua bilangan cacah. (Matematika KD 3.2)
Ø Permainan kartu bilangan dilakukan dalam kelompok. Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 orang. Cara Bermain:
·
Semua siswa dalam
kelompok mengambil tiga kartu, kemudian menyusunnya menjadi bilangan tiga
angka.
·
Secara berkelompok,
siswa membuat perbandingan dua bilangan cacah dan menuliskannya dalam tabel
pada Buku Siswa.
(Creativity
and Innovation)
Ayo Berlatih
Ø Siswa berlatih mengerjakan soal-soal yang ada di Buku Siswa.
Ø Siswa membandingkan dua bilangan tiga angka dengan memperhatikan dua
angka penyusunnya.
Ø Siswa membandingkan dua bilangan tiga angka dengan menuliskan tanda <,
=, atau >.
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Siswa belajar membandingkan bilangan tiga angka bersama orang tua dengan
menggunakan kartu bilangan. Siswa bisa membuat kartu bilangan lagi dengan
memanfaatkan kalender bekas yang ada di rumah. Siswa membuat kartu bilangan
yang dapat digunakan sebagai alat peraga untuk memahami bilangan tiga angka.
|
140 menit
|
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1