RPP 1 Lembar Kelas 2 Tema 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain Part 6
Minggu, 26 Juli 2020
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Tempat
Bermain ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke :
6
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan diberikan teks lagu, siswa dapat
menyebutkan kalimat ajakan yang terdapat di dalam teks lagu dengan benar.
- Dengan
diberikan teks lagu, siswa dapat menuliskan kalimat ajakan dalam
teks lagu dengan ejaan yang benar.
- Dengan diberikan simbol sila Pancasila,
siswa dapat menuliskan rumusan sila
Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan gambar penerapan sila
keempat dan kelima, siswa dapat memasang gambar yang sesuai dengan sila
keempat dan kelima Pancasila dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di
tempat bermain dengan benar.
- Dengan diberikan teks tentang hidup rukun,
siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di
tempat bermain dengan benar.
- Dengan diberikan kumpulan bilangan tiga
angka, siswa dapat mengurutkan tiga buah bilangan tiga angka dari yang
terkecil sampai terbesar dan sebaliknya.
- Dengan diberikan kumpulan benda konkret,
siswa dapat mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar dan
sebaliknya.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembukaan
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Penutup
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran 6 dirangkai dengan sebuah cerita mengenai pentas seni untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Rangkaian cerita itu untuk keterkaitan semua muatan pelajaran yang akan dicapai kompetensinya pada pembelajaran ini.
Ayo Mengamati
Siswa menyimak lagu Wajib Belajar yang dinyanyikan oleh guru.
Lagu Wajib Belajar berisi kalimat ajakan. Siswa menyanyikan lagu yang syairnya berisi kata ajakan untuk melaksanakan wajib belajar. Kata ajakan tersebut kemudian dikaitkan dengan cerita hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa menggarisbawahi kalimat pada lagu yang berisi kalimat ajakan. (Bahasa Indonesia, KD 3.1).
Ayo Berlatih
Siswa menuliskan kalimat ajakan sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
Siswa mengidentifikasi penerapan sila keempat di tempat bermain ketika Udin dan teman-temannya bermusyawarah mengenai lagu yang akan dinyanyikan. Karena kesepakatan tidak tercapai melalui musyawarah, maka lagu yang akan dinyanyikan dipilih melalui pemungutan suara.
Guru mengajak siswa bertanya jawab mengenai penerapan sila keempat di tempat bermain. Setiap anak mengemukakan pendapat secara bergantian.
Pemungutan suara dilakukan secara adil. Sikap tersebut merupakan pengamalan sila kelima Pancasila.
Ayo Menulis
Siswa menuliskan rumusan sila pada Pancasila yang sesuai dengan simbolnya (PPKn KD 3.1)(Mandiri)
Ayo Berlatih
Siswa memasangkan sila pada Pancasila dengan gambar penerapan yang sesuai.
Siswa menuliskan contoh pengamalan sila keempat dan kelima saat bermain dengan teman.
Ayo Mencoba
Siswa menceritakan pengalaman penerapan sila keempat dan kelima di tempat bermain. Guru mengamati cara bercerita siswa dan isi ceritanya. (Rubrik Penilaian PPKn KD 3.1 dan 4.1, Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1)
Ayo Berlatih
Guru memberi pengantar yang ceritanya masih seputar perayaan Hari Kemerdekaan yang dimeriahkan oleh Udin dan kawan-kawan. Cerita itu untuk mengantarkan pada pembahasan matematika yang mengambil contoh konsumsi yang disediakan bagi para pengunjung.
Siswa mengamati nilai tempat bilangan tiga angka seperti contoh pada Buku Siswa.
Siswa berlatih mengurutkan bilangan tiga angka seperti tercantum pada Buku Siswa dengan teliti. (Matematika KD 4.2
(Critical Thinking and Problem Formultion)
Kegiatan Akhir Subtema
Kegiatan akhir subtema ini bertujuan untuk merefleksikan hal-hal yang sudah dipelajari sepanjang subtema tersebut. Siswa melakukan penilaian diri dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa. Jawaban siswa tersebut digunakan untuk mengkonfirmasi apakahsesuai dengan proses pencapaian kompetensinya. Siswa juga diminta untuk mengerjakan soal latihan pengetahuan yang terdapat pada Buku Siswa.
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... ........................
Subtema 1
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................. NIP...................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 2
Subtema 3- 1.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 1.1.4.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 1