Iklan Atas Artikel

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 1 (Berbagi RPP)

RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 1 - Berbagi RPP kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya..



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANRPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan   : SD/MI  .....................
Kelas / Semester        :  3 /1
Tema                           :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema                   : Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu         :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke        :  1
Alokasi waktu             :  1 hari

A.   TUJUAN
1.    Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.
2.    Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.
3.    Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan dirinya dengan tepat.
4.    Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dirinya dengan tepat.
5.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan benar.
6.    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan dengan benar.
7.    Dengan melakukan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah pada tangan dalam suatu tari dengan benar.
8.    Setelah mengidentifikasi gerak, siswa dapat memeragakan gerak kuat dan lemah pada tangan dalam suatu tari dengan percaya diri.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
    15
    menit
Kegiatan
Inti
Ayo Mengamati
·         Siswa membaca teks tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia. (Mandiri)
·         Siswa menjawab pertanyaan guru tentang pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan teks yang dibaca.(Critical Thinking and Problem Solving)
Ayo Menulis
·         Siswa mengidentifkasi pertumbuhan dan perkembangan Udin sejak kelas I sampai kelas III dan menuliskan hasil pengamatan pada tempat yang tersedia.
·         Siswa mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan dirinya. Untuk melengkapi informasi tentang pertumbuhan dan perkembangan dirinya, siswa diminta untuk membuat pertanyaan yang akan disampaikan pada orang tuanya. (Critical Thinking and Problem Formulation)
·         Siswa menuliskan minimal 5 pertanyaan yang akan disampaikan pada orang tua.(Creativity and Innovation)

Ayo Menari
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai pertambahan kekuatan tangan saat bayi dan sesudah besar.
·         Kuat dan lemah tenaga juga digunakan dalam melakukan gerak tangan pada sebuah tarian.
·         Siswa berlatih menunjukkan gerakan tangan sedang mendorong meja.
·         Lalu siswa mencoba menunjukkan gerakan tangan saat memegang kapas.
·         Minta mereka menjelaskan perbedaan keduanya.
·         Simpulkan secara bersama-sama bahwa gerakan kuat adalah gerakan seperti mengangkat suatu beban. Daya mengangkat tangan dengan penuh tekanan.
·         Siswa berlatih mempraktikkan gerak lemah dan kuat dalam sebuah tarian.
(Creativity and Innovatiion)
·         Gerakan pertama adalah mengangkat tangan kanan, lalu kiri. Angkat tangan dengan kuat seperti sedang mengangkat beban.
·         Gerakan kedua adalah turunkan kedua tangan secara perlahan, sambil menggerakan jari-jari tangan menirukan air hujan turun.
·         Gerakan ketiga adalah rentangkan kedua tangan ke samping. Lalu bengkokkan sehingga membentuk huruf “U”.
·         Gerakan keempat adalah gerakan memutar pergelangan tangan secara perlahan-lahan.
·         Gerakan kelima adalah mengacungkan tangan ke depandengan kuat. Lalu dibalikkan kedua telapak tangan dengan arah yang berbeda.
·         Gerakan keenam adalah bertepuk tangan. Tepuk tangan dapat divariasikan dari gerakan yang lemah sampai kuat. Misalnya bertepuk dengan dua jari, empat jari, enam jari, delapan jari, dan terakhir sepuluh jari.
·         Lakukan kegiatan tersebut secara berulang-ulang. Ikuti kegiatan sesuai instruksi guru atau temanmu dalam sebuah permainan!\

Ayo Berlatih
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa peningkatan terhadap materi termasuk proses perkembangan.
·         Siswa mengingat kembali cara penyelesaian soal penjumlahan.
·         Siswa mengamati penjelasan tentang cara penyelesaian soal penjumlahan dengan nilai bilangan ribuan.
·         Siswa dikenalkan dengan cara penjumlahan dengan teknik menyimpan.
Contoh penjumlahan tanpa teknik menyimpan.
2.653 + 3.302 = ...
·         Contoh penjumlahan dengan teknik menyimpan.
Angka 2 pada bilangan 1.200 ada pada tempat ratusan dan bernilai 200.
Angka 9 pada bilangan 2.900 ada pada tempat ratusan dan bernilai 900.
Jadi 200 + 900 = 1.100
1 ribuan pada bilangan 1.100 berpindah tempat ke tempat ribuan sehingga ditulis angka satu pada gambar di atas.
·         Untuk mempermudah penyelesaian dapat juga menggunakan bantuan tabel nilai tempat.
(Critical Thinking and Problem Formulation)
Hasil akhir adalah 4.100.
    140
    menit

Kegiatan
Penutup
1.     Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.     Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

    15
    menit



C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


RPP 1 Lembar Kelas 3 





Mengetahui

  Kepala Sekolah,                                                                                           Guru Kelas 





 ..........................                                                                                           .......................

 NIP. ..................                                                                                           NIP. ................

RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD  Tema 1 
Subtema 1

Subtema 3
Subtema 4

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel