RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 1 (Berbagi RPP)
Minggu, 26 Juli 2020
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14
Tahun 2019)
Satuan Pendidikan : SD/MI
.....................
Kelas / Semester :
3 /1
Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan
Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Manusia (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi
perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.
2. Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan
perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi
pertumbuhan dan perkembangan dirinya dengan tepat.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan
perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dirinya dengan tepat.
5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan
hasil penjumlahan dengan benar.
6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan dengan benar.
7. Dengan melakukan kegiatan menari, siswa dapat
mengidentifikasi gerak kuat dan lemah pada tangan dalam suatu tari dengan
benar.
8. Setelah mengidentifikasi gerak, siswa dapat
memeragakan gerak kuat dan lemah pada tangan dalam suatu tari dengan percaya
diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Ayo Mengamati
·
Siswa membaca teks
tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia. (Mandiri)
·
Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan teks yang
dibaca.(Critical Thinking and Problem Solving)
Ayo Menulis
·
Siswa mengidentifkasi
pertumbuhan dan perkembangan Udin sejak kelas I sampai kelas III dan
menuliskan hasil pengamatan pada tempat yang tersedia.
·
Siswa mengidentifikasi
pertumbuhan dan perkembangan dirinya. Untuk melengkapi informasi tentang
pertumbuhan dan perkembangan dirinya, siswa diminta untuk membuat pertanyaan
yang akan disampaikan pada orang tuanya. (Critical Thinking and Problem
Formulation)
·
Siswa menuliskan
minimal 5 pertanyaan yang akan disampaikan pada orang tua.(Creativity
and Innovation)
Ayo Menari
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru mengenai pertambahan kekuatan tangan saat bayi dan sesudah
besar.
·
Kuat dan lemah tenaga
juga digunakan dalam melakukan gerak tangan pada sebuah tarian.
·
Siswa berlatih
menunjukkan gerakan tangan sedang mendorong meja.
·
Lalu siswa mencoba menunjukkan
gerakan tangan saat memegang kapas.
·
Minta mereka
menjelaskan perbedaan keduanya.
·
Simpulkan secara
bersama-sama bahwa gerakan kuat adalah gerakan seperti mengangkat suatu
beban. Daya mengangkat tangan dengan penuh tekanan.
·
Siswa berlatih
mempraktikkan gerak lemah dan kuat dalam sebuah tarian.
(Creativity and Innovatiion)
·
Gerakan pertama adalah
mengangkat tangan kanan, lalu kiri. Angkat tangan dengan kuat seperti sedang
mengangkat beban.
·
Gerakan kedua adalah
turunkan kedua tangan secara perlahan, sambil menggerakan jari-jari tangan
menirukan air hujan turun.
·
Gerakan ketiga adalah
rentangkan kedua tangan ke samping. Lalu bengkokkan sehingga membentuk huruf
“U”.
·
Gerakan keempat adalah
gerakan memutar pergelangan tangan secara perlahan-lahan.
·
Gerakan kelima adalah
mengacungkan tangan ke depandengan kuat. Lalu dibalikkan kedua telapak tangan
dengan arah yang berbeda.
·
Gerakan keenam adalah
bertepuk tangan. Tepuk tangan dapat divariasikan dari gerakan yang lemah
sampai kuat. Misalnya bertepuk dengan dua jari, empat jari, enam jari,
delapan jari, dan terakhir sepuluh jari.
·
Lakukan kegiatan
tersebut secara berulang-ulang. Ikuti kegiatan sesuai instruksi guru atau
temanmu dalam sebuah permainan!\
Ayo Berlatih
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru bahwa peningkatan terhadap materi termasuk proses
perkembangan.
·
Siswa mengingat
kembali cara penyelesaian soal penjumlahan.
·
Siswa mengamati
penjelasan tentang cara penyelesaian soal penjumlahan dengan nilai bilangan
ribuan.
·
Siswa dikenalkan
dengan cara penjumlahan dengan teknik menyimpan.
Contoh penjumlahan tanpa teknik menyimpan.
2.653 + 3.302 = ...
·
Contoh penjumlahan
dengan teknik menyimpan.
Angka 2 pada bilangan 1.200 ada pada tempat ratusan dan bernilai 200.
Angka 9 pada bilangan 2.900 ada pada tempat ratusan dan bernilai 900.
Jadi 200 + 900 = 1.100
1 ribuan pada bilangan 1.100 berpindah tempat ke tempat ribuan sehingga
ditulis angka satu pada gambar di atas.
·
Untuk mempermudah
penyelesaian dapat juga menggunakan bantuan tabel nilai tempat.
(Critical
Thinking and Problem Formulation)
Hasil akhir adalah 4.100.
|
140
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
.......................... .......................
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas
NIP. .................. NIP. ................
RPP K13 1 Lembar Kelas 3 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 3
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.3.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 4