RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 3
Selasa, 07 Juli 2020
RPP 1 Lembar Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup 3 - Berbagirpp.com kali ini sudah menyiapkan contoh dan file download untuk dapat digunakan oleh Bapak Ibu... jangan lupa menonton video Cara Downloadnya ya...
C. PENILAIAN (ASESMEN)
.......................... ..........................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
Subtema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI ....
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Satuan Pendidikan :
SD/MI .....................
Kelas / Semester : 3 /1
Tema :
Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ciri-ciri Makhluk Hidup
(Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN
1.
Setelah mengamati
teks dan gambar, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang
didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
2. Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat
menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk
hidup dengan tepat.
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan
nilai tempat sampai ribuan dengan tepat.
4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan
nilai tempat sampai puluh ribuan dengan benar.
5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengurutkan
sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai dengan 10.000 dengan
benar.
6. Setelah mendengarkan penjelasan, siswa dapat
mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana pada lagu Anak Ayam dengan benar.
7. Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan
pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam” dengan percaya
diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|||||||||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
2. Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
|||||||||||||||||||||
Kegiatan
Inti
|
Ayo Mengamati
·
Siswa mengamati gambar
yang ada pada buku.
·
Siswa mengamati
ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar.
·
Ciri-ciri yang ditemui
diantaranya adalah;
·
Siswa menuliskan hasil
pengamatan pada tempat yang tersedia pada buku. (Mandiri)
Ayo Berlatih
·
Siswa mengamati gambar
keluarga Siti sedang makan bersama dan gambar induk, telur, serta anak ayam.
·
Siswa berlatih
menuliskan informasi yang dapat diperoleh dari gambar tersebut, dan
menuliskan.
·
Hubungan kedua gambar
adalah adanya saling ketergantungan antara manusia dan hewan. Keluarga Siti sedang makan dengan lauk
telur dan ayam.
·
Gambar pertama
menunjukkan Siti sekeluarga membutuhkan makanan. Makanan bisa berasal dari
makhluk lain.
·
Gambar berikutnya
menunjukkan perkembangbiakan ayam. Mulai dari telur menjadi anak ayam,
selanjutnya tumbuh jadi ayam dewasa.
·
Masing-masing siswa
menyampaikan hasil temuannya. (Creativity and Innovation, Mandiri)
·
Semua pendapat siswa
dapat saling memperkaya temuan.
Ayo Bernyanyi
·
Siswa mengamati guru
menyanyikan lagu Anak Ayam.
·
Siswa berlatih
menyanyi lagu Anak Ayam.
·
Siswa secara
bergantian menyanyikan lagu Anak Ayam di depan teman-teman.
(Creativity and
Innovation)
Ayo Mencoba
·
Siswa mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada syair lagu Anak Ayam. (Critical
Thinking and Problem Formulation)
·
Siswa juga
mengidentifikasi jenis pola irama yang ada pada lagu Anak Ayam dengan cara
memberi simbol bunyi panjang dan bunyi pendek pada syair lagu.
·
Siswa berlatih membuat
pola bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu Anak Ayam.
·
Siswa menyanyikan lagu
Anak Ayam dengan pola yang telah dibuat.
Ayo Berlatih
·
Siswa diingatkan
kembali dengan bilangan ribuan dan berlatih membaca nama dan lambang
bilangannya.
·
Siswa mengamati contoh
suatu data hasil dari sebuh peternakan.
·
Siswa berlatih
menyelesaikan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan.
·
Untuk memudahkan dalam
membaca bilangan, bisa juga menggunakan teknik nilai tempat.
Contohnya 1.250
Dalam tabel nilai tempat dapat ditunjukkan seperti berikut.
Angka 1 berada pada tempat ribuan dan bernilai 1.000
Angka 2 berada pada tempat ratusan dan bernilai 200
Angka 5 berada pada tempat puluhan dan bernilai 50
Angka 0 berada pada tempat satuan dan bernilai 0
• Siswa
mengerjakan latihan soal.
(Critical Thinking and
Problem Formulation)
|
140
menit
|
|||||||||||||||||||||
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Kelas 1
NIP. .................... NIP. ....................
RPP K13 1 Lembar Kelas 2 SD Tema 1
Subtema 1
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 1 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 2 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 3 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 4 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 5 .doc
- 3.1.1.Pembelajaran Ke 6 .doc
Subtema 2